BERITA

Ekspansi RSUDAM: Empat Bangunan Baru untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan

27
×

Ekspansi RSUDAM: Empat Bangunan Baru untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
RSUDAM Tambah Empat Gedung Pelayanan Kesehatan, Ini Fungsinya
RSUDAM Tambah Empat Gedung Pelayanan Kesehatan, Ini Fungsinya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdul Moeloek (RSUDAM) di Provinsi Lampung terus meningkatkan standar pelayanannya dengan meresmikan empat gedung baru yang berfungsi sebagai penunjang pelayanan kesehatan. Pembangunan ini didukung oleh Anggaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUDAM tahun 2023.

Direktur RSUDAM, Lukman Pura, mengungkapkan bahwa RSUDAM berkomitmen untuk menjadi tumpuan kesehatan di Provinsi Lampung, sesuai dengan arahan Gubernur.

“Pak Gubernur memberikan arahan bahwa segala jenis penyakit harus dapat diselesaikan di RSUDAM sebagai wujud komitmen pelaksanaan transformasi kesehatan. Oleh karena itu, kami terus melengkapi pelayanan kami untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dan keluarga mereka,” ujar Lukman pada Rabu (27/12/2023).

Penerapan BLUD memberikan keleluasaan kepada RSUDAM untuk mengelola tata kelola secara mandiri dengan menggabungkan aspek bisnis dan pelayanan sosial kepada masyarakat.

“Dengan dana BLUD, RSUDAM berhasil menambah empat gedung pelayanan baru dan mengembangkan merek air mineral yang dikelola langsung oleh rumah sakit. Sekitar 78% anggaran berasal dari BLUD, sementara sisanya merupakan dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Pusat,” jelas Lukman.

Salah satu gedung baru, yakni PINERE (Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging), khusus menyediakan pelayanan untuk penyakit yang disebabkan oleh organisme baru yang muncul dengan cepat dan menyerang populasi masyarakat.

“Ruangan PINERE hanya ada di rumah sakit tertentu yang sudah ditunjuk dan ditetapkan oleh pemerintah, dan RSUDAM menjadi salah satunya,” tambah Lukman.

Gedung perawatan kelas satu dibangun untuk memenuhi permintaan masyarakat akan pelayanan kelas 1.

“Kami ingin melengkapi fasilitas kami, setelah sebelumnya membangun gedung perawatan kelas 2 dan 3, serta gedung perawatan VIP dan Eksekutif,” ungkap Lukman.

Gedung ini memiliki dua lantai dan merupakan perluasan dari gedung alamanda, dengan layanan yang ditujukan untuk masyarakat umum, peserta jaminan asuransi, dan peserta BPJS kelas 1 di Provinsi Lampung.

MALL RSUDAM merupakan gedung komersial yang didedikasikan untuk UMKM dan koperasi. Lukman menjelaskan, “Mall ini hadir sebagai tempat belanja modern, kuliner, apotik, optik, serta area bermain anak. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga penunggu pasien yang berada dalam kondisi sehat. RSUDAM juga ingin merubah citra rumah sakit sebagai tempat bukan hanya untuk orang sakit, melainkan juga bagi mereka yang sehat, dengan tambahan pusat kebugaran dan kesehatan di dalam Mall RSUDAM.”

Gedung Instalasi Gizi mengalami revitalisasi dan perluasan dari satu lantai menjadi dua lantai.

“Peningkatan kapasitas pelayanan instalasi gizi bertujuan untuk akomodasi peralatan baru yang lebih modern, memastikan menu makanan yang lebih higienis dan sesuai untuk kebutuhan diet pasien,” kata Lukman.

Gedung ini juga akan digunakan sebagai tempat konsultasi gizi dan diet oleh dokter spesialis gizi RSUDAM, tidak hanya untuk pasien sakit, melainkan juga untuk masyarakat umum, atlet, dan olahragawan.

Dengan peresmian empat gedung baru ini, RSUDAM semakin mengokohkan posisinya sebagai pusat pelayanan kesehatan terdepan di Provinsi Lampung, yang tidak hanya fokus pada penyembuhan penyakit, tetapi juga memberikan perhatian kepada kesejahteraan pasien dan keluarganya.