BERITA

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Ajak Tanggamus Bersinergi Hadapi Dampak El Nino

142
×

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Ajak Tanggamus Bersinergi Hadapi Dampak El Nino

Sebarkan artikel ini
Gubernur Arinal Ajak Masyarakat di Tanggamus Bersinergi Atasi Dampak El Nino
Gubernur Arinal Ajak Masyarakat di Tanggamus Bersinergi Atasi Dampak El Nino

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menjalin silaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat dan jajaran Forkopimda, pejabat struktural/fungsional, kepala pekon, serta tokoh masyarakat di Kabupaten Tanggamus.

Acara ini berlangsung di Aula Gedung Pertamina Geothermal Energy (PGE), Tanggamus, pada Rabu, 13 September 2023.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, Gubernur Arinal tak hanya mengajak masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk bekerja sama dalam perencanaan pembangunan, tetapi juga untuk bersinergi mengantisipasi dampak El Nino yang dapat memengaruhi sektor pertanian dan kehidupan masyarakat.

Gubernur Arinal menyoroti potensi besar Kabupaten Tanggamus dalam sektor pertanian, hortikultura, perikanan, peternakan, dan pariwisata.

Ia mendorong agar semua potensi ini berkontribusi pada peningkatan ekonomi dengan mengedepankan program hilirisasi yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi petani dan masyarakat setempat.

Kendati demikian, Gubernur Arinal juga memperingatkan tentang cuaca buruk yang bisa dipicu oleh El Nino.

Oleh karena itu, ia meminta Pemerintah bekerja keras untuk membantu petani dan memastikan ketersediaan berbagai fasilitas seperti alat pertanian, sumber daya organisme pengganggu tumbuhan (OPT), dan fasilitas pasar.

Gubernur Arinal menekankan perlunya percepatan penanaman dan melaksanakan Gerakan Nasional Padi (Gernas Padi) sebagai salah satu langkah antisipasi terhadap El Nino.

Selain itu, ia meminta optimalisasi pemanfaatan lahan tadah hujan dan benih genjah yang tahan terhadap kekeringan serta hama penyakit tanaman.

Dalam upayanya mengatasi krisis yang mungkin timbul, Gubernur Arinal juga menginstruksikan peningkatan koordinasi dengan berbagai kecamatan yang terkait dengan pengairan untuk perbaikan drainase dan infrastruktur pengendalian banjir.

Gubernur Arinal juga memberikan pesan kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus, camat, dan kepala pekon agar bersatu dalam menghadapi El Nino.

“Menghadapi perubahan cuaca yang sedang terjadi, saya berharap agar hasil pertanian seperti padi tidak seluruhnya dikeluarkan, hal tersebut sebagai langkah antisipasi apabila terjadi krisis,” ujarnya.

Arinal juga mendorong daerah-daerah untuk saling membantu jika terkena dampak El Nino, menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat.

Selain isu pertanian, Gubernur Arinal juga mengangkat isu energi terbarukan.

Ia mencatat bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dikelola oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Area Ulubelu memiliki potensi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional serta mengurangi impor energi migas.

“Pengembangan energi panas bumi secara signifikan harus diwujudkan di Kabupaten Tanggamus untuk menciptakan ketahanan energi melalui renewable energy secara mapan dan berkelanjutan,” tambah Arinal.

Gubernur Arinal juga mengapresiasi progres pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Tanggamus yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Ia berharap pembangunan ini akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Dalam penutup sambutannya, Gubernur Arinal berharap agar sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus berlanjut, menciptakan pembangunan daerah yang optimal dan berkelanjutan.

Sementara itu, Bupati Tanggamus, Dewi Handayani, menyambut kedatangan Gubernur Arinal dengan penuh rasa terima kasih.

Ia mengakui peran penting Pemerintah Provinsi dalam perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Tanggamus yang berdampak positif pada perekonomian dan mobilitas masyarakat.

Dalam acara tersebut, turut hadir Wakil Bupati Tanggamus, AM. Syafi’i, yang ikut mendukung upaya sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten untuk pembangunan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *