BERITA

Empat Poin Penting dari Kongres IAP IV Lampung untuk Pimpinan dan Calon Kepala Daerah

92
×

Empat Poin Penting dari Kongres IAP IV Lampung untuk Pimpinan dan Calon Kepala Daerah

Sebarkan artikel ini
Kongres IAP IV Lampung, Ahli Perencanaan Serukan Empat Poin ini ke Pimpinan dan Calon Kepala Daerah
Kongres IAP IV Lampung, Ahli Perencanaan Serukan Empat Poin ini ke Pimpinan dan Calon Kepala Daerah

Media90 – Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Lampung menggelar kongres tingkat provinsi keempat dan seminar nasional di Bandar Lampung, Sabtu (8/6/2024).

Ketua IAP Lampung, Citra Persada, menyampaikan bahwa kontinuitas pembangunan hanya akan terjamin jika pergantian kepemimpinan tidak selalu diikuti oleh pembuatan rencana baru.

Sebaliknya, penting bagi pemimpin baru untuk menerjemahkan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) ke dalam program dan kegiatan yang terencana dengan baik serta terus meningkatkan kinerja pelaksanaannya.

“Indonesia sudah memiliki dokumen rencana tata ruang wilayah (RTRW) nasional hingga ke level kabupaten/kota serta RPJP nasional dan daerah,” kata Citra Persada.

Selain itu, terdapat juga berbagai rencana sektoral seperti Rencana Pariwisata Nasional (Ripparnas), Perencanaan Lingkungan Hidup (RPPLHN), Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), Perencanaan Transportasi (Sistranas), Rencana Induk Pembangunan Industri (Rippin), dan berbagai rencana sektoral lainnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga:  Razia di Jalinsum Gunung Sugih: Polisi Sita Senpi Rakitan dan Peluru Aktif Saat Menangkap Bandar Sabu

Namun, IAP Lampung menilai banyaknya produk rencana ini menyebabkan tingginya biaya koordinasi, lamanya waktu sinkronisasi, dan ketidakefektifan dalam pelaksanaannya.

Oleh karena itu, IAP Lampung menekankan pentingnya menyatupadukan berbagai rencana tersebut secara kolaboratif dengan para pemangku kepentingan agar mereka dapat aktif terlibat dalam pembangunan.

“Oleh karena itu, kami menyerukan kepada pimpinan daerah dan para calon pimpinan daerah untuk menyusun visi dan misi daerah yang merujuk pada indikasi program dalam RTRW dan RPJP di daerahnya dengan indikator kinerja yang terukur,” ujar Citra Persada.

IAP Lampung juga meminta optimalisasi pengelolaan sumber daya alam berbasis ecoregion, terutama pesisir dan kelautan, melalui pendekatan ekonomi biru berkelanjutan serta lahan dan kehutanan berbasis ekonomi hijau.

Selain itu, mereka juga mengusulkan koordinasi perencanaan pembangunan infrastruktur lintas kabupaten/kota secara bersama, khususnya di tingkat provinsi.

Baca Juga:  Harapan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana: Dukungan PKS di Pilkada 2024 untuk Lanjutkan Periode Kedua

“Kami juga meminta untuk memperkuat hubungan kota dan desa di wilayahnya dengan memajukan kegiatan ekonomi dan penduduk desa melalui perencanaan kawasan perdesaan yang dapat membentuk masa depan desa yang lebih baik,” jelas Citra Persada.

IAP Lampung juga menyerukan pengembangan lingkungan perkotaan yang menyehatkan warganya dengan mengutamakan transportasi aktif seperti pengguna angkutan umum, pejalan kaki, dan pesepeda.

Mereka juga menekankan peningkatan standar pelayanan perkotaan untuk kemajuan kebudayaan perkotaan.

Lebih lanjut, IAP Lampung mengajak semua pihak untuk melaksanakan agenda transformasi menuju Indonesia Emas 2045 baik di tingkat pusat maupun daerah, berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan, pelestarian keanekaragaman hayati, pencapaian net zero emission, ketahanan iklim, dan mitigasi bencana.

Baca Juga:  Pertamina Fastron Season of Drive Membawa Accord Cielo dan Genio ke Semarang sebagai Duta

Mereka juga menekankan pentingnya penyehatan masyarakat baik fisik maupun spiritual, pemajuan kebudayaan, pembangunan inklusif untuk semua, dan keberpihakan pada kelompok rentan.

Selain itu, mereka juga mendorong pemajuan industri pariwisata dan kreatif, pengembangan ekonomi biru dan hijau, serta penciptaan lingkungan kondusif untuk UMKM dan ekonomi digital melalui pembentukan jiwa kewirausahaan dan penguatan link and match pendidikan dan industri.

Pada akhir kongres, terpilih sebagai Ketua IAP Lampung periode 2024-2027 adalah M. Bobby Rahman, PhD, yang menggantikan Citra Persada setelah dua periode masa jabatan dari 2016 hingga 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *