BERITA

Antisipasi Lonjakan Trafik Jaringan: Indosat Tingkatkan Kapasitas di Sumatera Menyongsong Nataru

38
×

Antisipasi Lonjakan Trafik Jaringan: Indosat Tingkatkan Kapasitas di Sumatera Menyongsong Nataru

Sebarkan artikel ini
Trafik Jaringan di Lampung Diprediksi Meningkat Saat Nataru, Indosat Perkuat Kapasitas di Sumatera
Trafik Jaringan di Lampung Diprediksi Meningkat Saat Nataru, Indosat Perkuat Kapasitas di Sumatera

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) mengakui adanya prediksi peningkatan trafik pada jaringan telekomunikasi di Pulau Sumatera, khususnya di wilayah Lampung.

Steve Saerang, Head of Corporate Communication Indosat Ooredoo Hutchison, menjelaskan langkah-langkah antisipatif yang diambil perusahaan untuk menghadapi lonjakan ini.

Sebanyak 102 titik strategis atau Point of Interest (POI) di Sumatera telah diidentifikasi sebagai area yang mungkin mengalami peningkatan aktivitas masyarakat selama liburan Nataru.

Termasuk di antaranya adalah bandara, terminal bus, stasiun kereta api, jalan tol, destinasi wisata, pusat perbelanjaan, dan sarana beribadah.

Dalam keterangan resminya pada Senin (25/12/2023), Steve Saerang menjelaskan upaya Indosat untuk meningkatkan kapasitas jaringan di POI tersebut.

“Dengan pengoptimalan jaringan, diharapkan mampu mengantisipasi melonjaknya kebutuhan telekomunikasi digital, seperti penggunaan media sosial hingga transaksi digital,” ungkap Steve Saerang.

Indosat memperkirakan kenaikan trafik sekitar 11 persen selama libur Nataru dibandingkan dengan hari biasa.

Dalam rangka mengoptimalkan jaringan, perusahaan berkomitmen untuk memperkuat Radio Access Network (RAN) di 1.150 situs, menambahkan 13 unit mobile-based transmission station (MBTS), dan memperkuat kapasitas teknologi end-to-end (E2E) pada 527 situs.

“Dengan fokus pada peningkatan kapasitas jaringan, khususnya selama Nataru, kami berkomitmen memberikan layanan kelas dunia bagi pelanggan, sehingga mereka dapat berlibur dengan bahagia dan nyaman,” tambah Steve Saerang.

Selain penguatan jaringan, Indosat juga mengaktifkan Command Center di Pulau Sumatera yang beroperasi selama 24 jam.

Command Center ini, yang terletak di Medan dan Palembang, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi.

Teknologi tersebut digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala selama masa liburan Nataru.

Indosat juga memanfaatkan beberapa dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard.

Dengan langkah-langkah ini, Indosat berharap dapat memberikan pengalaman komunikasi yang lancar dan memuaskan bagi pelanggan di Pulau Sumatera selama masa liburan Nataru 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *