TEKNO

WWDC 2024: Apple Kenalkan Fitur Terbaru, Apple Intelligence Curi Perhatian

65
×

WWDC 2024: Apple Kenalkan Fitur Terbaru, Apple Intelligence Curi Perhatian

Sebarkan artikel ini
Ini pembaruan fitur yang diumumkan Apple di acara WWDC 2024, Apple Intelligence jadi sorotan
Ini pembaruan fitur yang diumumkan Apple di acara WWDC 2024, Apple Intelligence jadi sorotan

Media90 – Acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang sangat ditunggu-tunggu digelar sejak 10-14 Juni 2024.

Pada acara ini, Apple memperkenalkan beberapa perubahan paling signifikan pada sistem operasi selular dan desktopnya dalam waktu yang lama.

Di antara banyak perubahan, pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) yang disebut Apple Intelligence menjadi perhatian utama.

Teknologi ini akan mendukung asisten suara Siri yang ditingkatkan dan fitur AI lainnya di seluruh iPhone, Mac, dan iPad, dengan beberapa integrasi pihak ketiga. Berikut beberapa pembaruan yang diumumkan di WWDC 2024.

1. Apple Intelligence

Kecerdasan buatan (AI) menjadi tren populer di tahun 2024, dipelopori oleh Google dan Samsung. Kini, Apple turut serta dengan memperkenalkan Apple Intelligence.

Meskipun iPhone sudah memiliki beberapa fitur AI tersembunyi, rangkaian kemampuan AI yang sama sekali baru ini akan hadir di perangkat Apple pengguna.

Fitur-fitur ini mencakup alat bantu menulis, Siri yang lebih memahami konteks, dan banyak lagi.

Apple juga memperkenalkan model generasi gambar baru yang dapat membuat gambar AI dari prompt dan berintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, Apple memperkenalkan Genmojis, menggunakan teknologi yang sama untuk membuat emoji baru yang unik. Siri juga menerima pembaruan besar, memungkinkan pengguna meminta Siri melakukan tugas dalam aplikasi.

Siri yang didukung AI dapat memahami konteks layar dan mengambil tindakan berdasarkan permintaan. Siri akan berintegrasi dengan model GPT-4 OpenAI untuk permintaan tertentu dengan alat tulis baru.

Baca Juga:  Tips Mudah: Cara Mengubah Tampilan WhatsApp Agar Terlihat Offline di Android

Yang lebih mengesankan adalah sebagian besar pemrosesan untuk fitur ini terjadi di perangkat, sehingga data pengguna tidak pernah meninggalkan iPhone.

Untuk contoh yang membutuhkan lebih banyak daya, Apple menggunakan servernya sendiri, memastikan data hanya digunakan untuk permintaan dan tidak pernah disimpan di cloud.

Namun, fitur AI baru ini memerlukan iPad atau Mac dengan chip M1 atau versi lebih baru, serta iPhone 15 Pro atau versi lebih baru.

Hal ini mungkin mengecewakan bagi pengguna perangkat lama mengingat Samsung menghadirkan fitur Galaxy AI ke ponsel lawas.

2. iOS 18

Selain Apple Intelligence, iOS mendapatkan penyegaran visual dengan opsi penyesuaian yang baru. iOS 18 memungkinkan pengguna menempatkan ikon aplikasi di mana saja di layar dan mewarnai ikon aplikasi serta widget dengan warna berbeda.

Apple juga mendesain ulang Pusat Kontrol, memungkinkan penyesuaian dan perubahan ukuran kontrol di dalam Pusat Kontrol itu sendiri.

Ada halaman terpisah untuk grup kontrol seperti pemutaran media dan kontrol Beranda. Pengguna juga dapat mengubah kontrol Layar Kunci sesuai keinginan.

iOS 18 memungkinkan pengguna mengunci aplikasi dan menambahkannya ke folder tersembunyi di Perpustakaan Aplikasi. Ada juga peningkatan pada banyak aplikasi pihak pertama Apple, seperti aplikasi Foto yang telah didesain ulang.

3. iPadOS 18

Bagi pengguna Apple Pencil, iPadOS 18 meningkatkan pengalaman lebih jauh. Fitur Smart Script baru meningkatkan keterbacaan tulisan tangan, memberikan lebih banyak kontrol seperti kemampuan menyisipkan teks di antara kata-kata atau menempelkan teks yang diketik dalam bentuk tulisan tangan pengguna.

Baca Juga:  Keunggulan PC Gaming Rakitan: 3 Alasan Mengapa Lebih Unggul Daripada PC Pabrikan

Pengguna iPad juga akan mendapatkan aplikasi Kalkulator, memungkinkan pencoretan persamaan menggunakan Apple Pencil, menetapkan variabel, menyelesaikan persamaan, dan memplot grafik secara real-time di dalam aplikasi Notes.

iPadOS 18 juga mendapatkan semua perubahan visual dan penyesuaian yang ditawarkan iOS 18. Apple memperkenalkan aplikasi Kata Sandi mandiri untuk iOS, iPadOS, dan macOS, sehingga pengguna tidak perlu lagi membuka aplikasi Pengaturan.

4. macOS Sequoia

Tambahan baru pada daftar fitur Kontinuitas adalah Pencerminan (mirroring) iPhone, memungkinkan pengguna mencerminkan iPhone ke Mac dan mengontrolnya menggunakan keyboard dan trackpad.

Fitur ini memungkinkan pengguna menerima notifikasi iPhone di Mac, membantu mereka tetap fokus pada satu perangkat.

MacOS Sequoia juga memperkenalkan fitur pemasangan jendela yang mirip dengan PC Windows, memungkinkan pengguna menyeret jendela ke tepi untuk memasangnya. Ada juga fitur untuk mengubah latar belakang video di semua aplikasi panggilan video.

5. watchOS 11

watchOS 11 menghadirkan peningkatan seperti aplikasi vital baru yang mengumpulkan semua metrik kesehatan penting di satu tempat.

Aplikasi Pelacakan Siklus kini dapat menunjukkan usia kehamilan dan melacak kehamilan di seluruh grafik kesehatan. Aplikasi Kesehatan juga memberi tahu pengguna tentang potensi risiko jatuh selama trimester ketiga kehamilan.

Baca Juga:  Petunjuk Praktis: Men-Download Konten Disney Plus untuk Ditonton Tanpa Koneksi Internet

Pengguna sekarang dapat mencatat dan mengukur intensitas setelah setiap latihan, membantu memahami ketegangan tubuh dan menyesuaikan latihan untuk hasil optimal.

6. visionOS 2

visionOS 2 memungkinkan pengguna mengonversi foto apa pun menjadi foto spasial, menghidupkan gambar dengan cara seperti 3D.

Ada gerakan sederhana untuk memanggil Layar Beranda dan Pusat Kontrol, serta perubahan besar pada Tampilan Virtual Mac. Setelah menyambungkan Mac ke Vision Pro, pengguna dapat beralih ke konfigurasi ultrawide setara dua layar 4K.

visionOS 2 juga memperkenalkan gerakan baru untuk navigasi lebih mudah saat menggunakan headset Vision Pro, memungkinkan pengguna mengakses Tampilan Beranda, memeriksa tanggal dan waktu, mengakses kontrol volume, dan memantau level baterai headset dengan gerakan tangan.

7. Perbaikan pada Audio dan Perangkat Smarthome

Aplikasi Apple TV kini menampilkan informasi tentang aktor, karakter, dan lagu dalam adegan yang sedang berlangsung.

tvOS 18 menggunakan pembelajaran mesin untuk menyempurnakan dialog sehingga pidato tidak tenggelam dalam suara musik atau suara lainnya. Fitur ini dapat digunakan di semua perangkat Bluetooth, tidak hanya HomePod atau AirPods.

Pengguna dapat berinteraksi dengan Siri tanpa menggunakan tangan atau suara, misalnya dengan mengangguk atau menggelengkan kepala untuk melakukan tindakan tertentu saat menerima panggilan telepon.

Semua rilis perangkat lunak ini akan tersedia untuk seluruh pengguna sekitar September mendatang. Namun, Apple telah mulai meluncurkan versi beta untuk pengembang aplikasi.

Pengguna dapat menginstal iOS 18 dan iPadOS 18 beta sekarang, tetapi fitur seperti Apple Intelligence dan Siri yang didukung AI belum ada dalam versi awal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *