TEKNOTIPS

Trik Mengatur Ulang Setelan Pabrik Windows 11 Tanpa Memerlukan Kata Sandi Admin

52
×

Trik Mengatur Ulang Setelan Pabrik Windows 11 Tanpa Memerlukan Kata Sandi Admin

Sebarkan artikel ini
Cara mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin
Cara mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pengaturan ulang (reset) setelan pabrik dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah serius dan meningkatkan kinerja perangkat, baik itu laptop atau smartphone.

Pada kali ini, Media90 akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan reset setelan pabrik pada laptop dengan sistem operasi Windows 11.

Kamu dapat melakukan ini dengan mudah menggunakan opsi Pemulihan yang ada dalam aplikasi Pengaturan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu harus memiliki akses sebagai administrator untuk melakukan tindakan ini.

Tetapi, apa yang harus kamu lakukan jika kamu lupa kata sandi administrator atau tidak dapat masuk ke dalam perangkat?

Untuk situasi semacam ini, Windows 11 menyediakan beberapa alternatif untuk mengatur ulang komputer sesuai setelan pabrik tanpa memerlukan kata sandi admin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cara Mereset Setelan Pabrik Windows 11 Tanpa Kata Sandi dari Layar Masuk

Jika komputer kamu masih bisa boot dengan normal tetapi kamu tidak dapat masuk, kamu dapat melakukan reset setelan pabrik Windows 11 dari layar login.

Proses ini memungkinkan kamu untuk mengakses Windows Advanced Startup Options melalui Windows Recovery Environment (WinRE).

Fitur ini memiliki berbagai alat pemecahan masalah, termasuk opsi “Reset this PC” yang memungkinkan kamu melakukan pengaturan ulang tanpa harus masuk ke dalam komputer.

Opsi ini juga berguna jika kamu ingin menginstal ulang Windows 11 sambil tetap mempertahankan file pribadi kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan PC kamu dan tunggu hingga layar login muncul. Di sudut kanan bawah, klik opsi “Power.” Ini akan menampilkan opsi “Restart” dan “Shutdown.” Jangan klik keduanya dulu.
  2. Tekan dan tahan tombol “Shift” pada keyboard kamu, lalu klik tombol “Restart.” Jika diperlukan, klik “Restart Anyway” untuk memaksa komputer melakukan restart. Lepaskan tombol “Shift” saat kamu melihat layar “Harap Tunggu.”
  3. PC kamu akan restart dan masuk ke WinRE.
  4. Di layar “Pilih Opsi,” klik “Troubleshoot.”
  5. Di layar “Troubleshoot,” klik “Reset this PC.”
  6. Di layar “Reset this PC,” kamu akan diberikan dua pilihan. Opsi “Keep my files” akan menghapus semua aplikasi dan pengaturan pihak ketiga dari PC kamu, tetapi akan tetap mempertahankan file pribadi seperti dokumen dan media. Jika kamu ingin menghapus semuanya, pilih “Hapus semuanya.”
  7. Selanjutnya, kamu akan diberikan dua opsi lagi untuk menginstal ulang Windows. Jika kamu memilih “Cloud Download,” Windows akan mengunduh file sistem operasi yang diperlukan terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi ulang. Sebagai alternatif, “Penginstalan Ulang Lokal” akan menggunakan file sistem yang ada di perangkat untuk menginstal ulang Windows.
  8. Untuk mempercepat proses, disarankan memilih “Instal ulang lokal.” Jika tidak berhasil, kamu masih bisa menggunakan opsi “Unduh Cloud.”
  9. Di layar “Apakah kamu siap untuk mengatur ulang perangkat ini?” klik tombol “Reset” untuk mengonfirmasi tindakan dan memulai proses pengaturan ulang.

Selama proses ini, Windows akan mengatur ulang perangkat kamu terlebih dahulu untuk menghapus semua data, kecuali jika kamu memilih opsi “Simpan file saya,” lalu akan menginstal ulang sistem operasi.

Proses ini mungkin memerlukan beberapa waktu, jadi pastikan perangkat kamu berada dalam keadaan diam dan terhubung ke stopkontak.

Jika proses pengaturan ulang gagal dan meminta file sistem tambahan, kamu dapat menggunakan opsi “Unduh Cloud” untuk mencoba lagi.

Hal ini sering terjadi jika instalasi Windows yang ada tidak memiliki file sistem yang penting atau rusak.

2. Cara Mengatur Ulang Setelan Pabrik Windows 11 Menggunakan Media Instalasi Windows

Jika opsi “Reset This PC” tidak berhasil atau tidak dapat digunakan, kamu dapat melakukan instalasi bersih Windows 11 menggunakan media instalasi Windows yang dapat di-boot.

Ini berguna jika kamu tidak dapat mem-boot ke Windows atau gambar sistem rusak dan tidak dapat diperbaiki.

Harap diingat bahwa proses instalasi bersih Windows akan menghapus semua data dari hard drive, jadi pastikan kamu telah mencadangkan data penting sebelum melanjutkan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Hubungkan media instalasi Windows 11 (biasanya berupa flash drive USB) ke PC kamu.
  2. Nyalakan kembali PC dan mulai tekan tombol F8, F9, atau Esc untuk membuka menu “Boot.” Pilih flash drive USB kamu sebagai drive boot dan tekan Enter. Jika komputer kamu tidak mendukung menu “Boot,” kamu harus mengubah urutan booting dengan mengakses menu BIOS atau UEFI.
  3. Pada layar “Window Setup,” pilih bahasa, waktu, format mata uang, dan tata letak keyboard yang diinginkan.
  4. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  5. Selanjutnya, klik tombol “Install Now.”
  6. Di halaman “Activate Windows,” klik tautan “I don’t have a product key.”
  7. Pilih edisi Windows 11 yang ingin kamu instal. Jika tidak yakin, pilih opsi default dan klik “Next.”
  8. Terima persyaratan lisensi dan klik “Next.”
  9. Wizard penyiapan akan mendeteksi instalasi Windows yang ada dan menawarkan opsi “Upgrade.” Namun, opsi ini akan mempertahankan aplikasi, pengaturan, dan kata sandi admin kamu. Jadi, pilih “Custom: Instal Windows saja (lanjutan).”
  10. Pilih drive instalasi kamu dan klik “Next.” Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.

Setelah proses instalasi selesai, Windows akan menghapus drive instalasi kamu dan menginstal ulang sistem operasi.

Setelah pengaktifan ulang, Microsoft akan meminta kamu masuk dengan akun Microsoft untuk menyelesaikan pengaturan.

Jika kamu memiliki akun Microsoft, masuk menggunakan kredensial kamu dan selesaikan pengaturan.

Dengan mengikuti salah satu dari dua cara di atas, kamu dapat mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa perlu kata sandi administrator.

Pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan reset atau instalasi bersih untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Semoga panduan ini membantu kamu mengatasi masalah pada perangkat Windows 11 kamu!