TEKNO

Perkenalkan Meta Llama 2: Saingan Terbaru untuk ChatGPT dan Google’s Bard

149
×

Perkenalkan Meta Llama 2: Saingan Terbaru untuk ChatGPT dan Google’s Bard

Sebarkan artikel ini
Perkenalkan Meta Llama 2 Saingan Terbaru untuk ChatGPT dan Google's Bard
Perkenalkan Meta Llama 2 Saingan Terbaru untuk ChatGPT dan Google's Bard

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Setelah perang sengit antara platform media sosial Twitter dan Threads, dunia teknologi kini menyaksikan pertarungan baru di ranah kecerdasan buatan (AI).

Baru-baru ini, Meta, perusahaan induk Facebook, meluncurkan sistem kecerdasan buatan terbaru mereka yang diberi nama Llama 2 (Large Language Model Meta AI).

Versi sebelumnya, yang hanya dikenal sebagai Llama, sebelumnya telah diresmikan pada Februari 2023, namun sayangnya, bocor ke internet sebulan kemudian dan telah menjadi sorotan publik sejak saat itu.

Llama 2 memiliki perbedaan signifikan dari pendahulunya karena Meta telah membuatnya tersedia secara gratis untuk penelitian dan penggunaan komersial.

Kemampuannya yang mengesankan telah menimbulkan kehebohan di komunitas AI generatif. Bahkan, Llama 2 diklaim mampu menyaingi ChatGPT dari OpenAI dan Bard milik Google, karena pendekatan yang berbeda yang digunakan oleh Meta, yaitu merilisnya sebagai open source.

Pimpinan Meta, Mark Zuckerberg, seperti yang dilansir oleh metro.co.uk, menjelaskan bahwa Llama 2 merupakan hasil dari kolaborasi antara Meta dan Microsoft.

Zuckerberg lebih lanjut menyatakan bahwa Llama 2 dapat digunakan secara bebas untuk tujuan penelitian dan komersial, yang berbeda dengan para pesaingnya.

Llama 2 memiliki perbedaan utama dengan chatbot lain seperti ChatGPT dari OpenAI dan Bard dari Google yang tidak bersifat open source.

Model AI ini dapat diunduh langsung atau melalui kemitraan, membuatnya tersedia di platform cloud Microsoft, Azure.

Model Llama 2 hadir dalam tiga varian yang berbeda, masing-masing memiliki jumlah parameter yang berbeda yaitu 7B, 13B, dan 70B.

Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google
Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google

Semakin besar nilai parameter, semakin akurat modelnya. Ukuran parameter yang lebih besar menandakan bahwa model ini dilatih dengan jumlah data korpora yang besar, sehingga menghasilkan respons yang lebih akurat dan dapat diandalkan.

Llama 2 dilatih dengan campuran data online yang tersedia untuk umum. Selama proses pelatihan, kata-kata diubah menjadi representasi numerik yang disebut token.

Dengan lebih dari 2 triliun token yang digunakan dalam pelatihan, Llama 2 merupakan model AI yang telah dilatih dengan data pelatihan yang sangat besar.

Semua varian model ini mendukung ukuran token input sebesar 4K, yang setara dengan sekitar 3500 kata.

Keunikan lain dari Llama 2 adalah kemampuannya untuk berjalan secara lokal di Windows dan memberikan alur kerja yang efisien bagi para pengembang saat mereka memberikan pengalaman AI generatif di berbagai platform.

Para pengembang di platform Windows bahkan dapat menyempurnakan model ini untuk memenuhi kebutuhan spesifik langsung di PC mereka menggunakan subsistem Windows untuk Linux dan GPU yang kuat.

Meta bangga menyatakan bahwa Llama 2 memberikan kinerja dan akurasi terbaik dibandingkan dengan model open source dan komersial lainnya.

Saat ini, Llama 2 berada di posisi teratas di papan peringkat LLM terbuka yang dikelola oleh Hugging Face, mengukuhkan posisinya sebagai saingan tangguh bagi ChatGPT dan Bard Google.

Pertarungan teknologi di dunia AI terus berkembang, dan kehadiran Llama 2 dari Meta menjanjikan kompetisi yang semakin ketat dan inovasi yang semakin menarik di masa depan.

Penggunaan open source dan pendekatan yang berbeda dapat membawa perubahan besar dalam dunia kecerdasan buatan dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas dalam berbagai bidang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *