TEKNO

Perbandingan Aspek 4:3 dan 16:9: Mana yang Lebih Unggul untuk Foto dan Video?

78
×

Perbandingan Aspek 4:3 dan 16:9: Mana yang Lebih Unggul untuk Foto dan Video?

Sebarkan artikel ini
Aspek rasio 43 vs 169, manakah yang lebih baik untuk foto dan video
Aspek rasio 43 vs 169, manakah yang lebih baik untuk foto dan video

Kamu sering membuat foto atau video dengan smartphone? Pasti sudah tidak asing dengan aspek rasio 4:3 atau 16:9. Nah dari dua pilihan format tersebut mana yang sebaiknya kamu gunakan untuk membuat foto atau video?

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebagai informasi, aspek rasio adalah hubungan antara tinggi dan lebar gambar.

Aspek rasio sering ditulis dengan lebar terlebih dahulu, diikuti tinggi. Gambar panorama, misalnya, memiliki aspek rasio 3:1. Ini berarti, untuk setiap tiga unit lebar, terdapat satu unit tinggi.

Membandingkan aspek rasio 4:3 dan 16:9

Satu-satunya perbedaan antara kedua aspek rasio ini adalah area tampilannya. Aspek rasio 16:9 memungkinkan tampilan yang lebih lebar dan memiliki bingkai 78% lebih lebar daripada tinggi.

Di sisi lain, aspek rasio 4:3 memiliki bingkai yang 33% lebih lebar daripada tinggi. Aspek rasio yang kamu gunakan akan bergantung pada kebutuhan.

Apek rasio apa yang sebaiknya digunakan?

Meskipun aspek rasio aspek 16:9 membuat pemandangan terasa lebih luas, dan sebagian besar ponsel dan layar menggunakan rasio aspek ini, namun tidak secara otomatis berarti kamu harus menggunakannya.

Tujuan dan sasaran kamu akan menentukan rasio yang ideal. Jadi mari kita lihat tiga situasi yang paling umum di mana kamu harus memutuskan antara 4:3 dan 16:9.

1. Mencetak foto

Aspek rasio terbaik untuk foto adalah 4:3, sebab biasanya menangkap lebih banyak informasi pemandangan.

Lebih jauh lagi, rasio ini memberi kamu keleluasaan untuk mengkrop gambar pasca-pemrosesan.

Ini juga merupakan rasio yang sempurna untuk 4R-salah satu ukuran standar untuk mencetak foto kamu.

Setelah kamu mendapatkan pengalaman dan ingin mencoba foto yang lebih artistik, disarankan kamu bereksperimen dengan berbagai gaya aspek rasio.

Dengan melakukan cara ini, kamu dapat menghadirkan perspektif baru pada konten kamu, terutama dengan gambar sudut lebar dan video sinematik.

Cobalah memotret sebagian besar foto kamu dalam rasio 4:3 dan membiarkan beberapa latar depan kosong jika kamu perlu memangkasnya ke rasio 16:9 untuk media sosial.

2. Berbagi foto secara online

Jika kamu menggunakan situs web berbagi foto seperti Flickr dan alternatifnya, kamu tidak perlu khawatir tentang aspek rasio karena situs-situs tersebut biasanya akan menampilkan foto sebagaimana kamu mengambilnya.

Namun, beberapa platform media sosial, seperti Instagram, punya aturan berbeda.

Ketika Instagram diluncurkan, platform ini hanya mengizinkan pengguna memposting foto 1:1 atau foto persegi.

Pada akhirnya, Instagram mengizinkan rasio aspek antara 4:5 dan 1,91:1. Jadi, jika kamu memposting ke feed, aspek rasio 4:3 akan berfungsi dengan baik.

Tetapi jika kamu memposting ke Instagram Stories atau Reel, rasio aslinya adalah 9:16 yang berarti kamu harus menggunakan rasio 16:9 yang diputar ke samping.

3. Merekam video

Aspek rasio terbaik untuk merekam video adalah 16:9 karena sebagian besar layar modern, seperti TV, tablet, ponsel, dan layar komputer, menampilkan rasio aspek 16:9.

Opsi ini memungkinkan kamu menampilkan seluruh video tanpa mengkrop bagian sisinya agar muat di layar, seperti yang harus kamu lakukan dengan video aspek rasio 4:3.

Apabila merekam bidikan sudut tinggi, ini terlihat semakin menakjubkan, sehingga kamu dapat menampilkan semua lanskap di bawahnya.

Opsi ini juga menjadi alasan mengapa sebagian besar perangkat merekam video secara native dalam rasio aspek 16:9. Aspek rasio ini juga merupakan opsi yang terbaik untuk platform streaming video seperti YouTube.