TEKNOTIPS

Optimalkan Tampilan Video: Panduan Instalasi Driver VGA ASPEED di Windows 11

29
×

Optimalkan Tampilan Video: Panduan Instalasi Driver VGA ASPEED di Windows 11

Sebarkan artikel ini
Cara menginstal driver VGA ASPEED Windows 11 untuk tampilan video yang lebih baik
Cara menginstal driver VGA ASPEED Windows 11 untuk tampilan video yang lebih baik

Media90 – Jika kamu mengalami ketidakpuasan dengan tampilan video di komputermu karena resolusi yang rendah, kemungkinan masalahnya terletak pada driver Graphics Processing Unit (GPU).

Salah satu solusinya adalah dengan menginstal ASPEED BMC (Baseboard Management Controller) untuk video.

BMC ASPEED biasanya digunakan di server dan workstation dengan menyediakan kemampuan manajemen out-of-band.

Perangkat lunak ini juga menyediakan GPU berdaya rendah, biasanya melalui tautan PCIe x1, yang mendukung VGA, kvm, dan fitur server lainnya.

Terkadang, ketika kamu menyiapkan sistem dengan BMC dan menginstal Windows, output video mungkin memiliki resolusi rendah yang tidak berfungsi dengan beberapa aplikasi, situs web, dan pengaturan.

Untuk meningkatkan resolusi video, kamu dapat menggunakan driver VGA ASPEED untuk Windows 11. Berikut adalah cara menginstalnya:

Cara Menginstal Driver VGA ASPEED di Windows 11

Setelah melakukan instalasi awal Windows, GPU ASPEED akan menggunakan driver Microsoft Basic Display Adapter.

Pada titik ini, hanya resolusi 1024×768 atau 800×600 yang tersedia.

  1. Unduh Driver Grafis ASPEED: Versi driver tersedia untuk Windows, Linux, FreeBSD, dan Solaris. Kamu dapat menemukannya baik dari server atau pembuat motherboard, atau langsung dari situs web ASPEED (aspeedtech.com/support_driver/).
  2. Ekstrak Driver: Setelah mengunduh, ekstrak file driver tersebut. Terdapat berbagai opsi, termasuk versi Windows 11 on Arm (WIN11_ARM), namun sebagian besar versi ditujukan untuk x86.
  3. Instalasi Driver: Instal driver dari folder yang sesuai dengan sistem operasi kamu. Kamu juga bisa menggunakan Penginstal WDDM (Windows Display Driver Model) yang telah ada sejak Windows Vista atau Windows 8. Pastikan untuk mengikuti Panduan Penyiapan yang disediakan sesuai dengan versi Windows atau Windows Server yang kamu gunakan. Misalnya, jika menggunakan Windows 11, gunakan folder Win11_23H2. Sedangkan jika menggunakan Windows Server 2022, gunakan folder Win2022, dan seterusnya.
  4. Melihat Perubahan: Setelah menginstal driver, kamu akan melihat peningkatan besar dalam opsi resolusi tampilan. Sekarang, resolusi 1920×1080 atau lebih tinggi akan tersedia.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengoptimalkan tampilan video di komputer Windows 11 dengan menggunakan driver VGA ASPEED. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *