OTOMOTIFTIPS

Tips Cerdas Merawat Motor Listrik Saat Hujan Melanda, Apa Saja Rahasianya?

37
×

Tips Cerdas Merawat Motor Listrik Saat Hujan Melanda, Apa Saja Rahasianya?

Sebarkan artikel ini
Merawat Motor Listrik Di Musim Hujan, Bagaimana Caranya
Merawat Motor Listrik Di Musim Hujan, Bagaimana Caranya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Merawat motor listrik di musim hujan tetaplah penting, meskipun kendaraan tersebut telah dirancang tahan air.

Seperti halnya kendaraan lain, motor listrik memerlukan perawatan rutin untuk mencegah kerusakan dan menjaga performanya.

Terlebih lagi, pada awal tahun, curah hujan di Indonesia biasanya tinggi, membuat perawatan motor listrik semakin krusial.

Pertanyaannya, bagaimana seharusnya merawat motor listrik di musim hujan? Apakah sulit? Apa langkah-langkah yang perlu diambil?

Artikel ini akan membahas beberapa tips penting untuk merawat motor listrik Anda selama musim hujan. Mari simak sampai selesai!

  1. Hindari Menerobos Banjir
    Salah satu cara terbaik untuk merawat motor listrik saat musim hujan adalah menghindari genangan air dan banjir. Jika menemui jalan terendam air, sebaiknya cari jalur alternatif untuk menghindari risiko korsleting dan kerusakan pada komponen kelistrikan.
  2. Bersihkan Setelah Terkena Hujan
    Setelah terkena hujan, bersihkan motor listrik Anda dengan air bersih di rumah. Kotoran yang menempel, terutama pada sil as roda, dapat menyebabkan karat di bagian dalam dinamo. Pastikan untuk membersihkan dengan air mengalir untuk mencegah kotoran masuk.
  3. Melepas Baterai
    Jika motor listrik Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, sebaiknya lepaskan baterai untuk mencegah korsleting atau kerusakan. Periksa apakah ada air yang masuk di bawah baterai dan bersihkan serta keringkan area tersebut.
  4. Cek Sistem Rem
    Lakukan pengecekan terhadap sistem pengereman, termasuk rem depan dan belakang. Bersihkan jika diperlukan, dan pastikan kadar minyak rem sesuai. Tambahkan minyak rem jika diperlukan agar pengereman tetap optimal.
  5. Hindari Dihujan-hujani
    Pastikan motor listrik tidak sengaja terpapar hujan atau dihujani untuk mencegah kerusakan. Parkir motor di tempat yang kering untuk menghindari siraman air berlebih.
  6. Tidak Langsung Dicas
    Jika motor terpapar hujan, sebaiknya tunggu hingga kering sebelum melakukan pengisian daya. Meskipun pengecasan aman dilakukan, tetapi menunggu hingga kondisi motor kering dapat mencegah risiko korsleting.
  7. Biaya Perawatan Motor Listrik
    Pemilik motor listrik tidak perlu khawatir pada fase awal kepemilikan, karena pabrikan biasanya menyediakan layanan purnajual gratis. Namun, seiring berjalannya waktu, biaya perawatan, baik di diler resmi maupun bengkel umum seperti Petrikbike di Bekasi, akan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.
  8. Cek Sistem Rem dan Perbaikan Dalam
    Pemilik motor listrik juga disarankan untuk secara berkala memeriksa sistem rem dan melakukan perbaikan jika diperlukan. Biaya perawatan motor listrik dapat bervariasi, tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Hindari pemakaian motor melebihi batas kewajaran untuk mencegah kerusakan pada dinamo.

Merawat motor listrik di musim hujan memang memerlukan perhatian ekstra, namun dengan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda tetap dalam kondisi optimal.

Kendati motor listrik menawarkan keunggulan tertentu, pemilik tetap perlu memahami dan melibatkan diri dalam perawatan reguler guna memastikan masa pakai yang panjang.

Jadi, jaga motor listrik Anda dengan baik dan nikmati keunggulannya!