TEKNOTIPS

Optimalkan Pengalaman Anda dengan Fitur iPhone yang Didukung AI: Inilah Cara Menggunakannya

110
×

Optimalkan Pengalaman Anda dengan Fitur iPhone yang Didukung AI: Inilah Cara Menggunakannya

Sebarkan artikel ini
Ini beberapa fitur iPhone yang sudah bertenaga AI, berikut cara menggunakannya
Ini beberapa fitur iPhone yang sudah bertenaga AI, berikut cara menggunakannya

Media90 – Rencana Apple untuk mengintegrasikan AI generatif ke dalam perangkat mereka masih menjadi rahasia tersembunyi.

Namun, ketika kita mengorek lebih dalam, kita akan menyadari bahwa Apple telah memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dalam iPhone mereka selama bertahun-tahun.

Munculnya AI generatif yang dilatih dengan model bahasa yang besar telah menimbulkan kegembiraan bagi sebagian orang, sementara yang lain merasa cemas tentang bagaimana hal itu akan memengaruhi kehidupan mereka.

Meskipun Apple tetap hening mengenai rencana ini, jenis AI ini telah memainkan peran penting dalam ekosistem iPhone sejak lama.

Bahkan sebelum ChatGPT pertama kali mencuri perhatian global pada tahun 2022, AI telah mendorong fitur inti iPhone di aplikasi-aplikasi populer seperti Kamera, Foto, dan Siri.

Segera, pada Konferensi Pengembang Seluruh Dunia Apple (WWDC) 2024 yang akan dimulai pada 10 Juni mendatang, Apple akan memperkenalkan pembaruan perangkat lunak baru untuk iPhone dan produk-produk mereka yang lainnya.

Apapun yang Apple rencanakan dalam penghadiran lebih banyak fitur AI ke iPhone, dipastikan akan menimbulkan rasa penasaran di kalangan pengguna. Berikut adalah beberapa fitur berbasis AI favorit saat ini di iPhone:

1. Kloning Suara Digital

Meskipun Apple tidak memiliki chatbot, mereka telah menggunakan AI dalam fitur yang hadir bersama dengan iOS 17 tahun lalu.

Suara Pribadi adalah pengaturan aksesibilitas yang menggunakan pembelajaran mesin di perangkat untuk memungkinkan orang yang berisiko kehilangan kemampuan berbicara meniru suara mereka.

Ini membantu mereka untuk berkomunikasi dengan lebih mudah dengan orang lain.

Untuk mempelajari suara Anda, iPhone meminta Anda membacakan 150 frasa dengan keras. Kemudian, menggunakan AI, iPhone menganalisis suara Anda dan membuat versi sintetisnya.

Baca Juga:  Solusi Ampuh: Atasi Kamera iPhone Berkedip dengan 7 Langkah Mudah dan Periksa Pembaruan Perangkat Lunak!

Untuk menggunakan suara sintetis baru ini dalam berkomunikasi, Anda bisa menggunakan alat ketik untuk berbicara di iPhone.

Anda bisa mengubah teks menjadi ucapan di FaceTime dan aplikasi pihak ketiga yang kompatibel.

Cara Mengatur Suara Pribadi di iOS 17:

Sebelum mulai mengkloning suara, pastikan Anda berada di tempat yang relatif tenang, di mana tidak akan terganggu selama sekitar 30 menit.

Tidak perlu benar-benar hening, tetapi suara Anda harus sejelas mungkin tanpa suara latar belakang agar suara hasil kloning terdengar bagus.

Setelah siap, buka iPhone yang menjalankan iOS 17 dan buka Pengaturan > Aksesibilitas > Suara Pribadi. Kemudian ketuk “Buat Suara Pribadi” di bagian atas.

Tekan tombol “Lanjutkan” yang berwarna biru dua kali, beri nama pada suara Anda, tekan tombol rekam, dan mulailah membaca frasa yang muncul di layar. Anda harus membacakan 150 frasa dengan keras, yang panjangnya bervariasi.

Anda dapat berbicara saat tertulis “Mendengarkan” di bagian bawah halaman. Ucapkan frasa tersebut, dan Suara Pribadi akan secara otomatis beralih ke frasa berikutnya tanpa Anda harus mengetuk apa pun.

Jika membuat kesalahan, Anda dapat menekan tombol rekam untuk merekam ulang frasa tersebut.

Proses ini akan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit tergantung seberapa cepat Anda berbicara.

Setelah selesai, tekan “Lanjutkan”, dan Suara Pribadi Anda akan mulai dibuat. Agar Suara Pribadi diproses, Anda harus menyambungkan iPhone ke pengisi daya dan mengunci layar.

Anda akan menerima pemberitahuan saat sudah siap digunakan. Perhatikan bahwa iOS 17 saat ini masih dalam versi beta, jadi ada kemungkinan bug dan masalah bisa mengganggu Suara Pribadi.

2. Menyalin Teks dari Gambar iPhone dengan Mudah

Teks Langsung (Live Text) adalah fitur AI yang telah tersedia di iPhone yang menjalankan iOS 15 atau yang lebih baru sejak tahun 2021.

Baca Juga:  Rahasia Mengoptimalkan Baterai iPhone: Jangan Lewatkan Nomor 7!

Ini adalah alat visi komputer yang dapat mengenali teks tulisan tangan dalam foto, mirip dengan Google Lens. Teks dari gambar kemudian dapat disalin dan ditempelkan hanya dengan beberapa ketukan mudah.

Teks Langsung seringkali sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Anda mungkin memiliki resep yang ditulis tangan yang ingin Anda digitalisasi.

Setelah mengambil foto resep itu dengan iPhone, Anda dapat menyalin dan menempelkan teksnya ke dalam dokumen Word dan menyimpannya sebagai cadangan digital.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukannya:

  1. Pastikan iPhone Anda menjalankan iOS 15 atau yang lebih baru.
  2. Arahkan kamera ke subjek yang memiliki teks apa pun yang ingin Anda salin. Anda akan tahu bahwa Teks Langsung telah muncul setelah Anda melihat garis kuning di sekitar teks.
  3. Ketuk ikon Teks Langsung di sudut kanan bawah gambar untuk berinteraksi dengan teks apa pun dalam bingkai.
  4. Pilih teks yang ingin Anda salin dengan menekan seperti yang Anda lakukan di Catatan atau pesan teks.
  5. Tekan “Salin”.
  6. Rekatkan atau tempelkan teks ke aplikasi lain seperti Gmail atau Catatan.

Sama seperti Google Lens, Teks Langsung juga dapat mencari teks dalam gambar yang disimpan di aplikasi Foto.

Misalnya, jika ada nomor telepon dalam gambar, Anda dapat mengetuknya untuk memanggil nomor tersebut, atau jika ada kata dalam bahasa Prancis, Anda dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris.

3. Koreksi Otomatis yang Ditingkatkan

Dengan pembaruan perangkat lunak terbarunya, Apple juga memperbaiki salah satu keluhan mengenai Koreksi Otomatis.

Fitur ini sekarang dapat memperbaiki kesalahan dengan lebih akurat dan menyajakan teks prediktif sebaris yang lebih disesuaikan.

Sebagian besar peningkatan ini dapat disebabkan oleh model bahasa transformer baru dalam iOS 17, yang menggunakan pembelajaran mesin untuk memprediksi kata, menurut Apple.

Baca Juga:  Tips: Menonaktifkan Fitur Mirroring di Zoom untuk Tampilan yang Tidak Terbalik

Model ini telah dilatih dengan berbagai data, memungkinkannya untuk memahami konteks dan pola yang lebih baik, atau dengan kata lain, untuk meniru bagaimana suara manusia.

4. Kecerdasan dalam Fotografi

Bukan lagi rahasia bahwa iPhone mengandalkan algoritma canggih serta fotografi komputasi untuk sebagian besar fitur kamera mereka.

Mode Potret, yang menggunakan AI untuk mengidentifikasi subjek dan menciptakan efek bokeh, hanyalah salah satu contohnya.

Fitur lainnya adalah Mode Sinematik, yang menggunakan AI untuk mensimulasikan bukaan yang diinginkan dan menyesuaikan fokus secara dinamis agar subjek bergerak tetap tajam.

Salah satu kemampuan bertenaga AI yang lebih baru, berkat iOS 17, adalah kemampuan aplikasi Foto untuk mengidentifikasi hewan peliharaan di foto, yang memungkinkan pengaturan foto menjadi lebih baik.

AI di iPhone Menuju Masa Depan: Siri yang Lebih Pintar

Siri telah ada sejak 2011, tetapi tidak selalu mengikuti pesaingnya dalam hal asisten virtual. Namun, asisten suara yang diaktifkan oleh Apple bisa segera menjadi jauh lebih pintar.

Laporan dari the Information mengungkapkan bahwa Apple berencana untuk menggunakan model bahasa besar, yang merupakan bagian penting dari AI generatif, untuk meningkatkan kemampuan Siri.

Dengan langkah ini, Siri dapat merespons perintah suara sederhana untuk tugas yang lebih kompleks, seperti mengubah sekumpulan foto menjadi GIF dan kemudian mengirimkannya ke salah satu kontak pengguna.

Jika contoh ini terbukti akurat, ini akan menjadi langkah maju yang signifikan bagi asisten digital Apple.

Apple sudah menggunakan AI untuk membantu Siri memahami bahasa dan merespons dengan cara yang lebih mirip manusia, di antara kegunaan lainnya.

Namun, Apple masih menghadapi tantangan dalam memproses konteks. Oleh karena itu, kita nantikanlah fitur-fitur perangkat lunak iPhone yang baru yang akan diungkapkan oleh Apple dalam WWDC 2024.

Dengan terus mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam produk-produknya, Apple membawa kita ke masa depan yang semakin terhubung dan cerdas.

Dengan demikian, pengguna iPhone dapat menantikan inovasi yang menarik dan berguna yang akan memperkaya pengalaman mereka dengan perangkat yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *