TEKNOTIPS

Optimalkan Kecepatan Perangkatmu dengan Panduan Menghapus Cache di Windows 10

110
×

Optimalkan Kecepatan Perangkatmu dengan Panduan Menghapus Cache di Windows 10

Sebarkan artikel ini
Cara menghapus cache PC atau laptop di Windows 10, biar perangkat kamu lebih ngebut
Cara menghapus cache PC atau laptop di Windows 10, biar perangkat kamu lebih ngebut

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Laptop atau PC Anda mulai melambat? Bisa jadi itu disebabkan cache di perangkat Anda sudah menumpuk.

Sebab, cache yang terlalu banyak dan tidak pernah dihapus akan memengaruhi kinerja sistem dan menghabiskan ruang penyimpanan.

Karena itu, Anda harus menghapus cache secara berkala. Seperti halnya menghapus cache di browser, menghapus cache di Windows adalah awal yang baik untuk memecahkan masalah sistem, meningkatkan kinerja sistem, dan mengosongkan ruang disk.

Berikut ini cara menghapus cache di Windows 10.

Menghapus Cache File Sementara dengan Pembersihan Disk

  1. Untuk menghapus cache file sementara, cari “Disk Cleanup” di bilah pencarian Start Menu. Pilih aplikasi Disk Cleanup, yang akan muncul di hasil pencarian.
  2. Setelah dipilih, Disk Cleanup akan mulai menghitung berapa banyak ruang yang dapat Anda kosongkan pada drive sistem operasi (C:), atau drive mana pun yang Anda pilih.
  3. Pada SSD modern, jendela mungkin akan cukup cepat sehingga Anda hampir tidak dapat melihatnya. Pembersihan Disk untuk OS (C:) sekarang akan muncul.
  4. Gulir ke bawah dan centang kotak di samping “File Sementara.” Anda juga dapat memilih untuk menghapus file dari lokasi lain, seperti Recycle Bin atau Downloads.
  5. Setelah memilih apa yang ingin dihapus, klik “Bersihkan File Sistem.”
  6. Setelah Windows menghitung jumlah ruang penyimpanan yang akan dikosongkan, Anda akan dibawa ke halaman yang sama lagi. Kali ini, pilih file dan lokasi untuk kedua kalinya yang ingin Anda hapus, lalu klik “OK.”
  7. Sebuah peringatan akan muncul, meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda yakin ingin menghapus file secara permanen. Pilih “Hapus File.”
  8. Pembersihan Disk sekarang akan membersihkan file yang tidak diperlukan pada perangkat Anda. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit.

Menghapus Cache DNS

  1. Jika Anda ingin menghapus cache DNS PC Windows 10, buka Command Prompt sebagai admin. Untuk melakukannya, klik tombol Start, lalu ketik “Command Prompt” di bilah pencarian.
  2. Aplikasi Command Prompt akan muncul di hasil pencarian. Klik kanan dan pilih “Run As Administrator” dari menu, atau klik “Run as Administrator” di samping.
  3. Selanjutnya, ketik perintah “ipconfig /flushDNS.”
  4. Anda akan menerima pesan yang memberitahukan bahwa Anda telah berhasil mengosongkan Cache DNS Resolver.

Menghapus Cache Windows Store

  1. Untuk menghapus cache Windows Store, buka Run dengan menekan “Windows+R” pada keyboard.
  2. Jendela Run akan muncul. Pada kotak teks di samping “Open,” ketik “WSReset.exe” lalu klik “OK.”
  3. Setelah dipilih, jendela hitam akan muncul secara singkat. Tidak ada yang bisa Anda lakukan di sini, jadi tunggu saja beberapa saat sampai cache dibersihkan. Anda kemudian akan melihat Windows Store dengan layar kosong dan tanda pemuatan.
  4. Setelah jendela ditutup, cache dihapus, dan Windows Store akan diluncurkan. Anda dapat menutup aplikasi Windows Store jika mau.

Menghapus Cache Lokasi

  1. Untuk menghapus cache lokasi, klik ikon Windows di sudut kiri bawah desktop Anda untuk membuka menu mulai. Pilih ikon Gear untuk membuka pengaturan Windows atau tekan “Windows+I” untuk membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Jendela Pengaturan akan muncul. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Privasi.”
  3. Sekarang Anda berada di grup Privasi pada pengaturan. Pada panel sebelah kiri, pilih “Lokasi,” yang terdapat pada bagian “Izin Aplikasi.”
  4. Di jendela berikutnya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan grup “Lokasi.” Di sini, pilih “Hapus” di bawah judul “Riwayat Lokasi di Perangkat Ini.”

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghapus cache di Windows 10 dan meningkatkan kinerja serta efisiensi perangkat Anda.

Lakukan ini secara berkala untuk menjaga sistem Anda tetap berjalan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *