TEKNO

Optimalisasi Kinerja: Poco Ungkap Rencana Integrasi RAM Besar pada Seluruh Varian Smartphone, Menjanjikan Performa Lebih Cepat!

37
×

Optimalisasi Kinerja: Poco Ungkap Rencana Integrasi RAM Besar pada Seluruh Varian Smartphone, Menjanjikan Performa Lebih Cepat!

Sebarkan artikel ini
Ini alasan Poco janjikan RAM besar di semua lini smartphone, biar performa makin ngebut
Ini alasan Poco janjikan RAM besar di semua lini smartphone, biar performa makin ngebut

Kapasitas Random Access Memory (RAM) dalam smartphone bukanlah sekadar angka, melainkan fondasi krusial yang menentukan seberapa optimal performa perangkat tersebut. Pernyataan ini bukan semata-mata klaim sepihak, tetapi turut diungkapkan oleh Associate Director Marketing Poco Indonesia, Andi Renreng, dalam pernyataan resminya.

Menurut Andi, RAM bukan sekadar salah satu komponen dalam smartphone, melainkan elemen yang sangat memengaruhi performa secara keseluruhan. Semakin besar kapasitas RAM, semakin baik pula performanya. Sebaliknya, meski CPU smartphone sudah memiliki kecepatan tinggi, kapasitas RAM yang kecil dapat menjadi penghambat bagi kinerja optimal.

Poco, sebagai produsen smartphone yang dikenal akan inovasinya, telah memutuskan untuk menanamkan RAM berkapasitas besar pada setiap varian smartphone-nya. Namun, pertanyaan mendasar muncul: Apa sebenarnya RAM, dan bagaimana cara kerjanya hingga memiliki peran yang begitu penting bagi smartphone?

Mengenal RAM dan Cara Kerjanya

RAM, singkatan dari Random Access Memory, adalah salah satu jenis memori dengan karakteristik kecepatan tinggi. Untuk memahami konsep RAM dengan lebih baik, perlu memahami bagaimana data diproses di dalam smartphone, terutama terkait peran RAM.

Ketika smartphone dinyalakan, aplikasi dan data yang belum diakses berada di storage. Saat aplikasi dijalankan, barulah data tersebut dipindahkan ke RAM. RAM berfungsi sebagai memori sementara yang menampung aplikasi dan data yang sedang aktif atau diakses. Ketika aplikasi tidak lagi berjalan, data dihapus dari RAM, menjadikannya memori yang temporer.

Dari segi arsitektur, RAM terletak di antara CPU (chipset) dan storage, berperan sebagai penghubung antara kedua elemen tersebut. OS, aplikasi, dan data yang akan diproses oleh CPU disiapkan di RAM, mempercepat akses data dibandingkan jika CPU harus mengambilnya langsung dari storage.

Jika diibaratkan, RAM dapat dianggap sebagai kantong di baju atau celana, sementara storage smartphone adalah ransel. Proses pengambilan data dari kantong (RAM) lebih cepat dan efisien daripada dari ransel (storage), terutama karena data di RAM tidak ‘bercampur’ dengan data yang tidak sedang digunakan.

Pengaruh Kapasitas RAM pada Smartphone

Setelah memahami cara kerja dan peran RAM, kini dapat lebih jelas mengenai pengaruh kapasitas RAM dalam sistem smartphone. Beberapa pengaruh signifikan antara lain:

1. Mendongkrak Performa Smartphone

Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data yang dapat diproses oleh CPU. Hal ini menghasilkan performa smartphone yang lebih optimal. Sebaliknya, RAM dengan kapasitas kecil dapat menyebabkan data harus antre sebelum diproses, berpotensi menyebabkan lag pada smartphone.

2. Mendukung Multitasking

RAM yang besar mendukung multitasking dengan memungkinkan banyak aplikasi berjalan secara simultan. Kapasitas RAM yang besar memperbolehkan smartphone untuk mengelola beberapa tugas sekaligus tanpa mengurangi performa.

3. Mengingat Riwayat

RAM ‘mengingat’ riwayat aplikasi yang pernah diakses, mempercepat proses membuka kembali aplikasi atau menjalankan fungsi-fungsi yang telah digunakan sebelumnya. Kapasitas RAM yang besar memungkinkan penyimpanan riwayat yang lebih banyak.

4. Main Game Tambahan Lancar

Game, khususnya game 3D, memerlukan kapasitas RAM yang besar untuk menampung dan mengoperasikan data dengan lancar. Kapasitas RAM yang memadai menjadi kunci untuk pengalaman bermain game yang tanpa hambatan.

Dengan demikian, pemahaman mendalam mengenai RAM dan perannya dalam sistem smartphone menjadi kunci utama dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Poco berkomitmen untuk menghadirkan performa ekstrem dengan menyematkan RAM berkapasitas besar pada setiap lini smartphone-nya, menghadirkan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih cepat dan efisien.