TEKNOGADGET

Nokia Kembali ke Akar dengan 3 Ponsel Baru dari HMD Global

73
×

Nokia Kembali ke Akar dengan 3 Ponsel Baru dari HMD Global

Sebarkan artikel ini
HMD Global luncurkan 3 ponsel Nokia baru terinspirasi retro versi asli
HMD Global luncurkan 3 ponsel Nokia baru terinspirasi retro versi asli

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – HMD Global, perusahaan di balik merek Nokia, mengumumkan tiga feature phone baru yang terinspirasi retro berdasarkan desain klasik dari awal 2000-an hingga 2010-an.

Ketiga ponsel tersebut adalah Nokia 6310 (2024), Nokia 5310 (2024), dan Nokia 230 (2024), masing-masing merupakan handset modern dari tahun 2001, 2007, dan 2015, dan telah ditingkatkan dengan fungsionalitas modern termasuk fitur aksesibilitas lanjutan, Bluetooth 5.0, dan pengisian daya USB-C.

Ketiga ponsel tersebut diluncurkan di situs web HMD, yang menyediakan daftar lengkap fitur dan spesifikasi tetapi saat ini tidak menyertakan harga atau tanggal rilis.

Namun, jangan berharap kamu bisa memainkan game Call of Duty Mobile atau menggulir Instagram di ponsel ini.

Meskipun perangkat kerasnya mungkin baru, pengalamannya lebih mirip dengan ponsel Nokia asli daripada ponsel cerdas saat ini.

Artinya di dalam ponsel ini tidak ada toko aplikasi, fungsionalitas internet terbatas, dan hanya dukungan 2G, yang tidak akan berfungsi di jaringan yang lebih baru.

Ini bisa menjadi masalah bagi pengguna yang tidak lagi memiliki akses ke jaringan 2G karena jaringan ini perlahan-lahan ditutup di beberapa negara.

Jenis ponsel ini menawarkan UI yang jauh lebih sederhana, masa pakai baterai siaga yang lama yang diukur dalam hitungan minggu, bukan jam, dan desain yang mengingatkan kembali pada ponsel lama Nokia.

Nokia mengatakan fitur yang lebih terbatas membuat ponsel ini lebih mudah digunakan dan membantu memberikan detoksifikasi digital dari hal-hal seperti media sosial.

Namun, seperti yang diharapkan, mereka memiliki kamera yang jauh lebih tidak mumpuni, tidak ada layar sentuh, tidak ada akses ke aplikasi streaming musik dan video, dan beberapa fitur lain seperti yang ada pada ponsel modern.

Ini bukan pertama kalinya HMD menghadirkan kembali desain klasik Nokia. Tahun lalu HMD merilis versi terbaru dari Nokia 130 dan 150 serta konsep ulang 6310, yang dirilis pada tahun 2021 dan memiliki baterai yang lebih kecil daripada versi tahun 2024 dengan menggunakan Micro USB.

Spesifikasi Retro

Ketiga ponsel tersebut memiliki spesifikasi yang serupa dan menggunakan beberapa perangkat keras yang sama.

Mereka memiliki layar QVGA IPS 2,8 inci, dan baterai 1.450 mAh yang dapat dilepas yang menyediakan waktu siaga hingga 27 hari.

Ponsel-ponsel tersebut berjalan pada chip Unisoc 6531F yang dipasangkan dengan RAM 8MB dan termasuk penyimpanan internal 16MB, yang dapat diperluas hingga 32GB melalui kartu microSD.

Perbedaan utama antara ketiga ponsel tersebut adalah desain dan beberapa perubahan kecil pada perangkat keras, misalnya, Nokia 230 (2024) memiliki kamera 2MP, sedangkan dua handset lainnya memiliki kamera belakang 0,3 MP yang sangat mendasar.

Edisi baru 5310 juga dilengkapi dengan tombol pemutaran musik khusus, serta speaker ganda yang menghadap ke depan untuk memutar musik, seperti aslinya.

Ketiga ponsel ini memiliki fitur aplikasi klasik bawaan, seperti game Snake, dan radio FM.

Reboot tahun 2024 dari Nokia 6310, Nokia 5310, dan Nokia 230 ini merupakan nostalgia ke masa lalu daripada ponsel praktis.

Tentu saja ponsel-ponsel ini akan menarik bagi mereka penggemar teknologi retro atau mereka yang tumbuh dengan ponsel versi aslinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *