TEKNOTIPS

Menjelajahi 5 Cara Cerdas Membaca Pesan WhatsApp secara Rahasia

196
×

Menjelajahi 5 Cara Cerdas Membaca Pesan WhatsApp secara Rahasia

Sebarkan artikel ini
Trik membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim
Trik membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Saat membaca pesan di WhatsApp, seringkali kita ingin tahu isinya tanpa pengirim pesan mengetahui bahwa pesan tersebut telah dibaca, yang biasanya ditandai dengan dua centang biru.

Namun, ada beberapa trik yang dapat kamu manfaatkan untuk membaca pesan di WhatsApp secara diam-diam. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Aktifkan Mode Pesawat

Salah satu trik yang sederhana adalah dengan mengaktifkan mode pesawat sebelum membuka pesan WhatsApp yang baru diterima.

Cara ini membuat WhatsApp tetap offline, memungkinkan kamu membaca pesan dari cache aplikasi.

Namun, perlu diingat bahwa begitu WhatsApp terhubung kembali ke internet, status pesan akan diperbarui dan pengirim akan tahu bahwa pesan tersebut telah dibaca.

Untuk mengaktifkan mode pesawat di iPhone, geser ke bawah di bagian kanan atas layar untuk membuka Control Center, lalu ketuk ikon pesawat.

Pada ponsel Android, cukup usap ke bawah pada panel notifikasi, lalu ketuk ikon pesawat untuk mengaktifkan mode pesawat.

2. Gunakan Widget WhatsApp di Layar Beranda

Widget WhatsApp adalah jendela kecil yang bisa kamu tambahkan ke layar beranda ponselmu.

Ini memungkinkan kamu untuk melihat pratinjau pesan tanpa harus membuka aplikasi secara penuh.

Meskipun widget ini tersedia di perangkat Android dan iOS, pada iOS, hanya empat ikon obrolan dan status yang ditampilkan dalam widget WhatsApp.

Untuk menambahkan widget WhatsApp ke layar beranda Android, tekan dan tahan halaman beranda, lalu pilih “Widget” di bagian bawah layar.

Cari opsi WhatsApp, lalu pilih ukuran 4×2 dan tekan “Tambah”. Widget WhatsApp akan muncul di layar beranda ponselmu.

3. Nonaktifkan Tanda Terima Baca

WhatsApp juga memiliki opsi untuk menonaktifkan tanda terima baca.

Fitur ini mengubah tanda centang biru menjadi abu-abu, sehingga pengirim pesan tidak akan tahu bahwa kamu telah membaca pesannya.

Untuk menonaktifkan tanda terima baca, buka WhatsApp di ponselmu, ketuk ikon “Pengaturan”, pilih “Privasi”, dan matikan opsi “Baca Tanda Terima”.

Namun, perlu diingat bahwa setelah kamu menggunakan opsi ini, kamu juga tidak akan bisa melihat tanda terima baca dari pesan yang kamu kirim.

4. Baca Pesan dari Notifikasi

Trik sederhana lainnya adalah membaca pesan langsung dari pratinjau notifikasi. Jika kamu mengaktifkan pratinjau notifikasi di ponselmu, kamu bisa melihat isi pesan tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

Untuk mengaktifkan pratinjau notifikasi, buka aplikasi “Pengaturan”, pilih “Notifikasi”, lalu pilih opsi “Tampilkan Pratinjau”.

Kamu bisa memilih antara “Selalu” atau “Saat Tidak Terkunci”. Perlu diingat bahwa jika kamu memilih “Selalu”, pesan akan terbaca oleh siapa pun yang melihat ponselmu, bahkan jika ponsel terkunci.

5. Gunakan 3D atau Haptic Touch untuk Pengguna iOS

Trik ini khusus untuk pengguna perangkat iOS. Kamu bisa memanfaatkan fitur 3D Touch atau Haptic Touch untuk melihat pratinjau pesan dengan menekan layar dengan keras.

Fitur 3D Touch tersedia untuk iPhone 6s hingga iPhone X dan XS, sementara Haptic Touch tersedia pada model iPhone XR dan yang lebih baru.

Dengan 3D atau Haptic Touch, meskipun pratinjau notifikasi dimatikan, kamu tetap bisa melihat isi pesan dengan menekan lama notifikasi pesan.

Lebih lagi, dengan Haptic Touch, kamu juga bisa langsung membalas pesan tanpa perlu keluar dari aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Dengan menguasai beberapa trik di atas, kamu bisa membaca pesan di WhatsApp tanpa harus membuat si pengirim pesan mengetahui bahwa pesan tersebut telah dibaca.

Ingatlah untuk selalu menggunakan fitur-fitur ini dengan etika dan tanggung jawab, serta menghormati privasi pengirim pesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *