TEKNO

Ketika ChatGPT ‘Offline’: Spekulasi Terkait Downtime Beberapa Jam

70
×

Ketika ChatGPT ‘Offline’: Spekulasi Terkait Downtime Beberapa Jam

Sebarkan artikel ini
ChatGPT sempat down beberapa jam, ini spekulasi yang muncul
ChatGPT sempat down beberapa jam, ini spekulasi yang muncul

Media90 – Pada dini hari 4 Juni 2024, pengguna ChatGPT di seluruh dunia mendapati layanan tersebut mengalami gangguan.

Halaman status OpenAI melaporkan bahwa mereka sedang menyelidiki masalah tersebut. Pembaruan status pertama di situs web OpenAI diposting pada pukul 00:21 PDT atau pukul 14:21 WIB.

Pembaruan terbaru, yang terjadi pada pukul 02:00 PDT atau pukul 16:00 WIB, menunjukkan bahwa OpenAI terus berupaya memperbaiki masalah ini.

Meskipun demikian, layanan ChatGPT tetap tidak dapat diakses untuk beberapa waktu. Layanan sempat pulih selama sekitar sepuluh menit sekitar pukul 03.30 PDT atau pukul 17:30 WIB namun kemudian mengalami gangguan kembali.

Setiap percobaan akses melalui aplikasi atau browser hanya menghasilkan pesan “Kesalahan Server Internal”.

Baca Juga:  Memperkaya Percakapan: Menyederhanakan Komunikasi dengan Sound of Text dan WhatsApp

OpenAI menyatakan bahwa perbaikan telah diterapkan dan terus memantau hasilnya pada pukul 04:19 PDT atau pukul 18:19 WIB.

Namun, status perbaikan masih belum tersedia untuk beberapa pengguna di situs OpenAI. Baru pada pukul 04:45 PDT atau pukul 18:45 WIB, semua sistem ChatGPT sudah beroperasi kembali. Saat artikel ini ditulis, ChatGPT sudah dapat digunakan dengan lancar.

Spekulasi Bermunculan

Kejadian ini memunculkan berbagai spekulasi mengapa ChatGPT mengalami gangguan. Salah satu spekulasi utama adalah karena OpenAI sedang mengimplementasikan pembaruan besar untuk ChatGPT yang sangat dinantikan, yang sebelumnya diumumkan akan diluncurkan pada musim semi.

Pembaruan tersebut mencakup fitur-fitur seperti obrolan suara yang ditingkatkan yang memungkinkan pengguna mendapatkan tanggapan instan serta menyela ChatGPT di tengah kalimat.

Selain itu, kemampuan untuk menampilkan umpan langsung ChatGPT dari ponsel pengguna dan menanyakan aplikasi tentang hal apa pun juga menjadi bagian dari pembaruan tersebut.

Baca Juga:  Mengingatkan! Akun Google yang Tidak Aktif Selama 2 Tahun Akan Dihapus

Meskipun demikian, pesan yang disampaikan melalui halaman status OpenAI membuat masalah ini terlihat lebih seperti gangguan tidak terencana daripada pembaruan yang telah direncanakan.

Namun yang pasti, ChatGPT mengalami gangguan, entah itu karena masalah desain, kesalahan teknis, atau pengimplementasian fitur baru yang sedang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *