TEKNO

Kenaikan Tertinggi Penggunaan Mobile Gaming Telkomsel Selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H: Data Terbaru

69
×

Kenaikan Tertinggi Penggunaan Mobile Gaming Telkomsel Selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H: Data Terbaru

Sebarkan artikel ini
Data Telkomsel, penggunaan mobile gaming catat kenaikan tertinggi selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H
Data Telkomsel, penggunaan mobile gaming catat kenaikan tertinggi selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Selama momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H, Telkomsel mencatat peningkatan signifikan dalam aktivitas digital masyarakat.

Trafik internet meningkat hingga mencapai 12.87 persen dibanding hari-hari biasa tahun 2024, atau bahkan 15.08 persen lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital dipicu oleh peningkatan aktivitas pelanggan dalam memanfaatkan layanan digital.

Di antara lonjakan tersebut, penggunaan mobile gaming mencatat kenaikan mencolok sebesar 78,51 persen.

Selain itu, layanan komunikasi seperti pesan instan dan konferensi video meningkat sebesar 28,52 persen, sedangkan video streaming tumbuh sebesar 15,94 persen.

Tak ketinggalan, akses e-commerce, media sosial, dan browsing juga mengalami peningkatan yang signifikan masing-masing sebesar 15,77 persen, 14,07 persen, dan 9,74 persen.

Telkomsel juga mencatat peningkatan aktivitas akses pada beberapa aplikasi atau platform digital populer seperti WhatsApp, Instagram, TikTok, YouTube, dan Facebook. WhatsApp mencatat lonjakan sebesar 40,09 persen, Instagram sebesar 24,51 persen, TikTok sebesar 17,82 persen, YouTube sebesar 15,28 persen, dan Facebook sebesar 11,17 persen.

Namun, trafik layanan SMS dan layanan suara justru menurun masing-masing sebesar 10,40 persen dan 18,52 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Peningkatan signifikan dalam trafik internet ini juga merupakan bukti kepercayaan pelanggan terhadap layanan Telkomsel.

Hal ini sekaligus menunjukkan keberhasilan strategi optimalisasi kualitas, kapasitas, dan pemutakhiran teknologi jaringan yang telah dilakukan Telkomsel, terutama yang difokuskan pada 444 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Data Telkomsel juga menunjukkan bahwa 5 wilayah kota/kabupaten di Indonesia mengalami pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi selama momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H.

Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat) menjadi yang tertinggi dengan pertumbuhan mencapai 57,42 persen, diikuti oleh Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) dengan peningkatan sekitar 55,25 persen.

Selain itu, Kabupaten Ciamis (Jawa Barat) mencatat pertumbuhan sebesar 54,48 persen, Kabupaten Garut (Jawa Barat) sebesar 47,11 persen, dan Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) sebesar 34,49 persen.

Dengan demikian, peningkatan aktivitas digital ini menandai komitmen Telkomsel dalam menyediakan layanan yang andal dan responsif, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan konektivitas yang semakin meningkat selama momen-momen penting seperti Ramadan dan Idulfitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *