TEKNOGADGET

Jelajahi Dunia PlayStation: Panduan Perangkat Remote Terhubung ke PS5

38
×

Jelajahi Dunia PlayStation: Panduan Perangkat Remote Terhubung ke PS5

Sebarkan artikel ini
Mengenal Portal PlayStation Sony, perangkat remote yang terhubung ke PS5
Mengenal Portal PlayStation Sony, perangkat remote yang terhubung ke PS5

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bagi para penggemar game PlayStation, Portal PlayStation tentu bukanlah hal yang asing.

Perangkat ini, yang diperkenalkan pada bulan November 2023, memang memiliki tampilan yang cukup unik: mirip dengan pengontrol DualSense yang dibelah dua, lengkap dengan layar sentuh delapan inci.

Tentu saja, pertanyaan yang muncul di benak banyak orang adalah apakah Portal PlayStation akan menjadi pesaing serius bagi Nintendo Switch atau SteamDeck? Atau, mungkinkah ini merupakan langkah Sony ke arah perangkat cloud gaming seperti Logitech G Cloud?

Portal PlayStation memang menampilkan layar sentuh delapan inci dengan resolusi 1080p dan kecepatan refresh 60Hz.

Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan kontrol seperti DualSense di kedua sisinya, sehingga akan terasa sangat familiar bagi para pengguna PS5.

Fitur lainnya termasuk jack headphone 3,5 mm, dukungan Wi-Fi 5, dan kompatibilitas PS Link.

Baterai berkapasitas 4.370 mAh dapat diisi ulang melalui port USB-C, yang seharusnya cukup untuk bermain game selama tujuh hingga sembilan jam.

Namun, perlu diingat bahwa Portal PlayStation bukanlah pesaing langsung dari Steam Deck atau Logitech G Cloud.

Ini adalah perangkat remote yang terhubung ke PlayStation 5 melalui Wi-Fi dan hanya akan mengalirkan game yang diinstal secara lokal di konsol.

Dengan demikian, mirip dengan Steam Link, Portal PlayStation memungkinkan pengguna memainkan game PS5 di perangkat genggam mereka melalui streaming.

Berbeda dengan layanan cloud gaming lainnya yang mengandalkan server farm untuk mengalirkan game dari awan, Portal PlayStation mengandalkan jaringan rumah dan PlayStation 5.

Koneksi internet minimal yang direkomendasikan adalah 5Mbps untuk keandalan, meskipun Sony merekomendasikan 15Mbps. Selain itu, pengguna perlu memiliki akun PlayStation Network untuk menggunakan perangkat ini.

Jadi, apa yang sebenarnya bisa dilakukan dengan Portal PlayStation? Secara dasar, ini adalah pengontrol DualSense dengan layar yang mengalirkan game dari PlayStation 5.

Fitur-fitur seperti umpan balik haptic dan pemicu adaptif akan berfungsi asalkan game yang di-streaming kompatibel dengan fitur-fitur tersebut.

Portal PlayStation akan memberikan hasil terbaik jika digunakan di jaringan yang sama dengan konsol PS5.

Namun, asalkan kedua perangkat memiliki koneksi internet yang layak, kamu dapat memainkan judul PlayStation 5 dari jarak jauh.

Namun, game yang memerlukan aksesori tambahan seperti PlayStation VR2 tidak akan dapat dimainkan dengan perangkat ini.

Kelemahan Portal PlayStation termasuk absennya konektivitas Bluetooth, yang berarti AirPods atau aksesori Bluetooth lainnya tidak dapat digunakan dengan perangkat ini.

Jika kamu membutuhkan audio pribadi, kamu harus menggunakan headset gaming berkabel atau perangkat audio yang kompatibel dengan PlayStation Link.

Perangkat ini juga tidak mendukung streaming dari server luar, jadi meskipun kamu memiliki langganan PlayStation Plus Premium, kamu tidak dapat melakukan streaming langsung ke Portal PlayStation.

Sebagai gantinya, kamu harus menginstal game yang diinginkan di PlayStation 5 dan mengalirkannya ke perangkat genggam ini.

Jadi, apakah kamu harus membeli Portal PlayStation? Jika kamu adalah penggemar berat PlayStation dan ingin tetap terhubung dengan game favoritmu di mana pun kamu berada, maka Portal PlayStation mungkin cocok untukmu.

Namun, perlu diingat bahwa perangkat ini hanya akan berfungsi pada koneksi data 5G yang kuat dan tidak memiliki browser, sehingga tidak akan cocok untuk digunakan di beberapa lingkungan Wi-Fi publik.

Jika kamu tidak terlalu tertarik pada streaming game PS5, ada opsi lain seperti pengontrol game smartphone seperti Pengontrol GameSir X2s Type-C yang dapat digunakan untuk layanan non-PlayStation seperti Steam dan Xbox Game Pass Ultimate, atau bahkan untuk memainkan game AAA langsung dari ponsel.

Dengan demikian, Portal PlayStation menawarkan solusi yang menarik bagi para penggemar PlayStation yang ingin tetap terhubung dengan game favorit mereka di mana pun mereka berada.

Namun, seperti halnya dengan semua perangkat, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi sebelum membuat keputusan pembelian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *