TEKNO

Inovasi Terbaru Qualcomm: Snapdragon 4 Gen 2 Membuat Smartphone 5G Lebih Terjangkau!

54
×

Inovasi Terbaru Qualcomm: Snapdragon 4 Gen 2 Membuat Smartphone 5G Lebih Terjangkau!

Sebarkan artikel ini
Inovasi Terbaru Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 Membuat Smartphone 5G Lebih Terjangkau!
Inovasi Terbaru Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 Membuat Smartphone 5G Lebih Terjangkau!

Media90 – Saat ini, dominasi Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 sebagai chip seluler paling kuat di hampir semua ponsel Android tidak dapat disangkal.

Namun, Qualcomm tidak berhenti di situ. Mereka baru saja meluncurkan chipset terbaru mereka untuk kelas entri level, yaitu Snapdragon 4 Gen 2.

Chipset ini menjanjikan harga smartphone yang menawarkan jaringan 5G yang lebih terjangkau bagi konsumen.

Snapdragon 4 Gen 2 dibangun dengan proses 4nm, yang lebih kecil dari pendahulunya, 6nm (mirip dengan flagship 8 Gen 2).

Tujuan dari penggunaan proses yang lebih kecil ini adalah memberikan efisiensi daya yang lebih besar sambil meningkatkan kinerja.

Dua inti kinerja pada Snapdragon 4 Gen 2 memiliki clock 2.2GHz, yang merupakan peningkatan sebesar 10% dari Snapdragon 4 Gen 1.

Selain itu, chipset ini juga mendukung jaringan 5G yang lebih luas dengan keandalan yang lebih baik berkat kehadiran modem 5G Snapdragon X61 yang baru.

Chipset ini memiliki beberapa fitur unik, seperti dukungan Bluetooth 5.1 yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya yang menggunakan Bluetooth 5.2.

Selain itu, Snapdragon 4 Gen 2 juga menghadirkan ISP 12-bit ganda (prosesor sinyal gambar) sebagai pengganti tiga ISP pada Snapdragon 4 Gen 1.

Namun, secara keseluruhan, fungsionalitasnya hampir serupa dengan Snapdragon 4 Gen 1 yang diluncurkan pada September tahun sebelumnya.

Selain itu, Snapdragon 4 Gen 2 juga menjadi chip pertama dalam seri ini yang menyertakan teknologi Multi Camera Temporal Filtering (MCTF) berbasis perangkat keras.

Baca Juga:  Strategi Efektif Melacak Ponsel Android yang Hilang dalam Mode Senyap

Qualcomm memperkenalkan teknologi ini pertama kali pada tahun 2017.

Teknologi MCTF dirancang untuk meningkatkan ketajaman subjek yang bergerak dalam foto diam dan mengurangi kebisingan saat merekam video.

Qualcomm luncurkan Snapdragon 4 Gen 2
Qualcomm luncurkan Snapdragon 4 Gen 2

Artinya, penggunaan Snapdragon 4 Gen 2 akan menghasilkan kualitas kamera yang lebih baik pada ponsel dengan harga yang lebih terjangkau.

Xiaomi dikabarkan menjadi salah satu produsen pertama yang akan menggunakan chipset Snapdragon 4 Gen 2 ini.

Qualcomm menyatakan bahwa perangkat yang menggunakan Snapdragon 4 Gen 2 akan memasuki pasar pada paruh kedua tahun ini, dengan sub-merek Redmi Xiaomi dan Vivo disebutkan sebagai produsen ponsel yang berniat untuk segera menggunakan chipset terbarunya ini.

Menurut kabar yang beredar, Xiaomi berencana meluncurkan ponsel bertenaga Snapdragon 4 Gen 2 pertama sebelum paruh pertama tahun 2023 berakhir.

Beberapa bocoran yang ditemukan oleh MySmartPrice mengindikasikan bahwa Redmi Note 12R, yang merupakan saudara kandung Redmi Note 12R Pro yang menggunakan Snapdragon 4 Gen 1 dan diluncurkan di China pada bulan April lalu, akan hadir pada tanggal 30 Juni 2023.

Selain chipset yang baru, Redmi Note 12R kabarnya akan dilengkapi dengan layar Full HD+ berukuran 6,79 inci, RAM hingga 8GB, dan penyimpanan hingga 256GB.

Dengan meluncurkannya Snapdragon 4 Gen 2, Qualcomm berkomitmen untuk membawa teknologi 5G lebih dekat ke tangan konsumen dengan harga yang lebih terjangkau.

Inovasi ini akan memberikan pengalaman yang lebih canggih dan meningkatkan daya saing ponsel pintar di pasar global.