TEKNO

Indosat Menghadapi Lonjakan Trafik Data Menuju Akhir Tahun dengan Kesiapan Konektivitas Internet Cepat

45
×

Indosat Menghadapi Lonjakan Trafik Data Menuju Akhir Tahun dengan Kesiapan Konektivitas Internet Cepat

Sebarkan artikel ini
Antisipasi lonjakan trafik data jelang akhir tahun, Indosat siapkan konektivitas internet cepat
Antisipasi lonjakan trafik data jelang akhir tahun, Indosat siapkan konektivitas internet cepat

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Seiring mendekati akhir tahun, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui layanan IM3 mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan permintaan data yang signifikan.

Langkah strategis ini bertujuan untuk memastikan konektivitas internet yang cepat, luas, dan stabil bagi seluruh pelanggan, menjelang lonjakan trafik data yang diproyeksikan mencapai sekitar 11,5% selama liburan tahun baru.

Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menjelaskan bahwa permintaan akan konektivitas internet semakin meningkat menjelang akhir tahun.

Dalam respons terhadap kebutuhan pelanggan, Indosat terus mengoptimalkan infrastruktur jaringan dan kapasitasnya, dengan fokus pada layanan IM3, guna memberikan pengalaman internet yang optimal.

Diprediksi bahwa lonjakan trafik data akan dipicu oleh peningkatan penggunaan aplikasi berjejaring sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Youtube, serta popularitas aplikasi gaming seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

Indosat mengambil langkah-langkah proaktif untuk menghadapi tantangan ini dengan meningkatkan konektivitas jaringan secara keseluruhan.

Untuk mengatasi potensi lonjakan lalu lintas data saat liburan Tahun Baru 2024, Indosat telah melakukan optimisasi pada 434 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 527 titik.

Uji coba jaringan juga telah dilaksanakan di wilayah-wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Sebagai bagian dari strategi ini, Indosat telah mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).

Command Center ini didukung oleh kecerdasan buatan (AI/ML) dan otomatisasi di Network Operation Center, memungkinkan pemantauan real-time terhadap ketersediaan dan kualitas jaringan.

Dengan langkah-langkah proaktif ini, Indosat berkomitmen untuk memberikan pengalaman internet yang lebih baik dan lebih handal kepada pelanggan di seluruh Indonesia, menjadikan IM3 sebagai pilihan utama untuk konektivitas internet cepat dan stabil.