TEKNOTIPS

Cara Mengatasi Suara Mendem pada Headphone: Penyebab dan Solusinya

463
×

Cara Mengatasi Suara Mendem pada Headphone: Penyebab dan Solusinya

Sebarkan artikel ini
Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem
Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Saat ingin menikmati musik, video, atau bermain game dengan nyaman tanpa mengganggu orang di sekitar, biasanya orang akan memilih menggunakan headphone.

Perangkat yang mumpuni, biasanya memiliki kualitas suara yang nyaman di kuping. Nggak bikin sakit.

Tapi seiring lamanya penggunaan, headphone akan mengalami penurunan performa.

Biasanya suara speaker headphone mulai mengecil baik pada kedua speaker maupun salah satunya.

Antara suara speaker kiri dan kanan terkadang berbeda.

Selain itu, meski speaker kiri dan kanan berimbang, namun suara yang dihasilkan justru mendem. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan.

Meskipun kamu sudah berusaha meningkatkan volume ke level yang lebih tinggi bahkan maksimal, tetapi suaranya tetap saja kecil.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan headphone kamu suaranya mendem.

Tetapi, tidak semua disebabkan perangkat keras atau kerusakan langsung pada perangkat.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersempit kemungkinannya, kemudian mulai mencari penyebab dan cara memperbaiknya.

Berikut Media90 sajikan penyebab suara headphone mendem dan cara mengatasinya.

Tumpang tindih dengan panggilan telepon

Masalah audio headphone dapat muncul ketika kamu menggunakan headphone tersebut untuk mendengarkan media (musik, video, game) dan melakukan panggilan telepon.

Terkadang headphone akan keliru, pengaturan panggilan telepon digunakan untuk mendengarkan secara reguler. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas dan kemungkinan distorsi.

Setiap perangkat akan memiliki proses yang berbeda baik di iOS maupun Android.

Pengaturan di iOS:

  1. Buka Pengaturan dan pilih Bluetooth, lalu ketuk ikon Info (i) di sebelah headphone kamu yang tercantum di bawah Perangkat Saya.
  2. Pilih Jenis Perangkat, lalu coba pilih jenis perangkat yang berbeda dari daftar (misalnya Speaker, Lainnya,) dan lihat apakah itu membantu.

Pengaturan di Android:

  1. Buka pengaturan Bluetooth lalu ketuk ikon roda gigi di sebelah headphone kamu.
  2. Matikan sakelar untuk menonaktifkan panggilan telepon dengan headphone (tergantung versi Android kamu, bisa disebut Audio Telepon atau yang lainnya), lalu coba dengarkan audionya lagi.

Jika kamu menggunakan komputer Windows, coba cara berikut ini.

  1. Untuk Windows 10, buka Pengaturan dan pilih Suara, lalu klik panel kontrol Suara untuk melihat daftar semua perangkat audio yang dipasangkan dan terhubung.
  2. Jika kamu menggunakan Windows 11, buka Pengaturan dan pilih Sistem, lalu pilih Suara dan klik Pengaturan suara lainnya.
  3. Dari tab Playback, pastikan headphone (yang seharusnya terhubung dan sedang digunakan) memiliki tanda centang hijau di sebelahnya, dan jika tidak, pilih dan hubungkan.
  4. Klik tab Komunikasi dan periksa apakah headset kamu sudah diatur untuk panggilan. Matikan opsi tersebut jika iya.

Tetapi pengaturan panggilan telepon bukan satu-satunya penyebab potensial untuk masalah audio.

Kerusakan bukan pada headphone

Masalah audio headphone tidak selalu disebabkan headphone itu sendiri.

Jadi cobalah perbaikan ini sebelum kamu mempertimbangkan untuk mengganti headset.

  1. Periksa perangkat dan headphone kamu untuk mengetahui apakah ada pembaruan versi baru atau codec dan instal jika perlu, lalu coba putar audio lagi.
  2. Coba dengarkan audio yang berbeda dari sumber yang sama sekali berbeda. Ada kemungkinan file yang kamu dengarkan terdistorsi. Bisa juga program yang kamu gunakan untuk mendengarkannya mengalami masalah, termasuk layanan streaming bermasalah. Jadi ganti saja dan lihat apakah masalahnya hilang.
  3. Koneksi antara headphone dan komputer atau perangkat lain juga bisa menjadi masalah. Jika kamu menggunakan perangkat nirkabel, lepaskan perangkat dari headphone lalu pasangkan lagi. Jika kamu menggunakan perangkat berkabel, coba colokkan kabel headphone ke port lain di perangkat lain (jika tersedia).
  4. Koneksi dengan beberapa perangkat nirkabel terkadang juga dapat menimbulkan masalah audio, terutama jika ada lebih dari satu perangkat yang aktif pada waktu yang sama. Masuk ke pengaturan perangkat Anda dan putuskan sambungan semua perangkat nirkabel lain yang dipasangkan, lalu coba gunakan headphone Anda lagi.
  5. Periksa pengaturan audio untuk aplikasi yang kamu gunakan atau untuk perangkat. Pastikan bahwa output telah diatur untuk headphone kamu, dan matikan opsi enhancement atau fitur equalizer.

Jika tidak ada yang menjadi penyebab masalah audio, saatnya untuk melihat lebih dekat pada headphone kamu.

Periksa headphone

Periksa headphone untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan fisik atau keausan.

  1. Periksa bagian telinga dan port koneksi dari kotoran dan serpihan, yang dapat menumpuk seiring waktu dan menyebabkan distorsi atau masalah koneksi fisik.
  2. Jika kamu mencurigai adanya kotoran, bersihkan headphone dengan hati-hati menggunakan semprotan udara bertekanan yang lembut atau dengan mengangkat kotoran penyumbat secara perlahan menggunakan kapas kering atau tusuk gigi dengan hati-hati agar tidak merusak speaker.
  3. Kerusakan akibat air baik karena penumpukan kelembapan dari waktu ke waktu atau kontak langsung dengan air, juga dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada beberapa headphone. Jika kamu cukup yakin bahwa kerusakan akibat air adalah masalahnya dan headphone kamu tidak memiliki peringkat tahan terhadap kelembapan, kemungkinan besar kamu tidak dapat memperbaiki kerusakan tersebut.
  4. Jika headphone kamu menggunakan koneksi kabel, periksa kabelnya apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti sobek. Jika ada kerusakan, kamu dapat mencoba memperbaikinya dengan terlebih dahulu membersihkan area yang terbuka dengan sedikit isopropil alkohol untuk menghilangkan kotoran, kemudian setelah kering, bungkus bagian yang rusak dengan selotip listrik.

Meskipun penyumbatan dan kerusakan fisik terkadang dapat diperbaiki, tetapi masalah headphone yang rusak tergantung pada tingkat keparahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *