TEKNO

Android 15: Terhubung ke Satelit Tanpa Batas dengan Fitur Baru!

61
×

Android 15: Terhubung ke Satelit Tanpa Batas dengan Fitur Baru!

Sebarkan artikel ini
Android 15 akan memuat fitur yang membantu ponsel pengguna terhubung ke satelit meski tanpa jaringan
Android 15 akan memuat fitur yang membantu ponsel pengguna terhubung ke satelit meski tanpa jaringan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tahun 2022, Apple mengejutkan dunia dengan memperkenalkan konektivitas satelit dalam peluncuran iPhone 14.

Namun, meskipun teknologi ini telah menjadi fitur utama dalam ekosistem Apple, Android belum sepenuhnya memanfaatkannya. Namun, tampaknya pemandangan itu akan segera berubah.

Dilansir dari AndroidPolice, ada indikasi kuat bahwa Google berencana untuk membawa konektivitas satelit ke perangkat Android melalui kolaborasi dengan T-Mobile.

Kabar tersebut muncul seiring dengan bocoran mengenai rencana Google untuk menggunakan modem Exynos baru pada seri Pixel 9, yang akan memungkinkan perangkat tersebut berkomunikasi dengan satelit.

Bocoran terbaru mengungkapkan tampilan antarmuka pengguna (UI) penunjuk satelit yang diduga akan menjadi bagian dari Android 15.

Antarmuka tersebut dirancang untuk memberikan petunjuk yang jelas kepada pengguna tentang cara menggunakan fitur konektivitas satelit ini.

Google bertekad untuk membantu pengguna dalam situasi darurat dengan memberikan instruksi yang terperinci.

Sebuah video yang dibagikan oleh akun @Nail_Sadykov di saluran Telegram Google News memperlihatkan bagaimana antarmuka tersebut akan muncul di perangkat Pixel 9 yang menjalankan Android 15 ketika pengguna memicu layanan darurat di area tanpa jaringan.

Dalam video tersebut, Google memberikan instruksi kepada pengguna untuk memiringkan atau memindahkan ponsel mereka agar dapat terhubung ke satelit.

Jendela pengaturan bahkan dapat beralih menjadi jendela mengambang, memungkinkan pengguna tetap terhubung dengan layanan darurat sambil meningkatkan jangkauan konektivitas satelit ponsel mereka.

Dengan konektivitas satelit di Android, pengguna dapat menghubungi kontak darurat mereka dalam situasi darurat.

Sebelum antarmuka pengguna satelit muncul, pengguna juga akan memiliki opsi untuk memberi tahu kontak darurat bahwa mereka membutuhkan bantuan.

Setelah itu, pengguna akan diminta untuk menjawab pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya, yang informasinya akan diteruskan ke layanan darurat untuk mempercepat proses bantuan.

Perlu dicatat bahwa cara kerja fitur ini berbeda dengan yang ada di iPhone, di mana pengguna hanya dapat menghubungi layanan darurat.

UI penunjuk satelit diperkirakan hanya akan tersedia pada perangkat Pixel generasi berikutnya, seperti Pixel 9 dan Pixel Fold 2, yang dilaporkan akan dilengkapi dengan modem Exynos 5400 baru yang mendukung jaringan 5G non-terestrial.

Konektivitas satelit di Android diperkirakan akan diluncurkan secara resmi pada akhir Oktober, bersamaan dengan peluncuran Android 15 dan seri Pixel 9.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *