TEKNO

8 Platform dan Proyek Google yang Akhirnya Dihentikan, dari Podcast hingga Cardboard: Kisah Pembelajaran dari Perjalanan Mereka

25
×

8 Platform dan Proyek Google yang Akhirnya Dihentikan, dari Podcast hingga Cardboard: Kisah Pembelajaran dari Perjalanan Mereka

Sebarkan artikel ini
8 Platform dan proyek Google yang akhirnya disuntik mati, mulai dari podcast hingga cardboard
8 Platform dan proyek Google yang akhirnya disuntik mati, mulai dari podcast hingga cardboard

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebagai mesin pencari nomor wahid, Google selalu berusaha untuk menciptakan inovasi dan merambah ke berbagai bidang.

Namun, di balik keberhasilan yang gemilang, terdapat kisah-kisah kegagalan yang mengiringi perjalanan besar perusahaan teknologi ini.

Inilah delapan platform Google yang harus menyandang status “Rest In Peace”:

  1. Google Podcasts: Meluncur pada Agustus 2018, Google Podcasts menjadi upaya Google untuk bersaing dengan Spotify dan Apple Music. Namun, meskipun menawarkan berbagai acara menarik, Google mengumumkan penghentian aplikasi ini pada akhir 2023, dengan rencana penutupan pada April 2024.
  2. Stadia: Layanan cloud gaming yang diharapkan banyak orang, Stadia diluncurkan pada November 2019. Meskipun memiliki portofolio game yang mengesankan, termasuk beberapa judul besar, Google mengumumkan penghentian layanan ini pada September 2022 sebelum akhirnya menutupnya pada tahun berikutnya.
  3. Android Auto untuk Ponsel: Sebagai solusi untuk pengemudi mobil, Android Auto untuk ponsel diluncurkan pada 2019. Namun, proyek ini berumur pendek dan dihentikan pada 2022, setelah sebelumnya pengguna tidak bisa lagi menginstalnya sejak Android 12.
  4. Google+: Diluncurkan pada 2011, Google+ pernah menjadi pesaing utama di dunia media sosial. Namun, pada April 2019, Google menutup platform ini dan kini bertransformasi menjadi layanan B2B bernama Google Currents.
  5. iGoogle: Muncul pada tahun 2005, iGoogle adalah platform yang memungkinkan pengguna menyesuaikan beranda mereka dengan berbagai widget. Namun, Google menghentikan iGoogle pada tahun 2013.
  6. Google Reader: Sebagai alat untuk mengikuti perkembangan informasi, Google Reader sangat membantu di era internet modern. Namun, layanan ini ditutup pada Juli 2013 setelah hampir delapan tahun beroperasi.
  7. Picasa: Sebagai platform untuk mengatur dan mengedit foto online, Picasa telah menjadi favorit banyak pengguna sejak diluncurkan pada 2002. Namun, Google memutuskan menutup layanan ini pada 2016 dan mengintegrasikannya ke dalam Google Foto.
  8. Google Cardboard: Proyek VR dari Google, Google Cardboard memungkinkan pengguna untuk merasakan konten VR dengan biaya yang terjangkau. Namun, proyek ini juga harus berakhir pada Maret 2021 setelah hampir tujuh tahun beroperasi.

Meskipun demikian, kegagalan ini tidak menghentikan semangat inovasi Google untuk terus mencoba hal baru dan memperbaiki diri dari kesalahan yang telah dilakukan.

Setiap kegagalan adalah pelajaran berharga untuk perusahaan ini menuju masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *