TEKNOTIPS

6 Trik Menjadikan Ponsel Android Lama Serasa Baru Lagi

91
×

6 Trik Menjadikan Ponsel Android Lama Serasa Baru Lagi

Sebarkan artikel ini
6 Cara membuat ponsel Android lama terasa seperti baru kembali
6 Cara membuat ponsel Android lama terasa seperti baru kembali

Media90 – Ponsel cerdas adalah salah satu perangkat yang relatif mahal. Oleh karena itu, menjaga ponsel cerdas kamu dalam kondisi baik sangat penting untuk memperpanjang masa pakainya dan menghemat uang.

Beberapa langkah sederhana dapat memperpanjang umur ponsel kamu sambil memastikan performanya tetap optimal.

Untuk ponsel cerdas Android yang lama, ada beberapa cara untuk meremajakannya dan membuatnya terasa seperti baru. Berikut cara melakukannya:

1. Ganti Casing dan Pelindung Layar

Jika casing ponsel kotor dan pelindung layar tergores, segera gantilah. Berikan kesan baru pada ponsel dengan casing berwarna cerah, transparan, atau sesuatu yang unik.

Ada banyak pilihan gaya yang tersedia di pasaran, dari plastik keras hingga silikon lembut dengan tonjolan dan lekukan ergonomis untuk pegangan yang lebih baik.

Selain itu, ganti pelindung layarnya juga. Setelah bertahun-tahun digunakan, pelindung layar mungkin tidak lagi memberikan kinerja visual atau sentuhan terbaik.

Pelindung layar kaca temper bisa retak seiring waktu, sementara pelindung layar berbahan plastik lunak mudah tergores dan membentuk gelembung.

Untungnya, pelindung layar relatif murah dan bisa meningkatkan tampilan layar ponsel serta melindunginya dari jatuh dan kerusakan lainnya.

2. Bersihkan Ponsel, Port Charger, dan Lensa

Kotoran dan debu dapat menumpuk di sekitar port pengisian daya, lensa, dan bingkai jika ponsel lama tersimpan dalam casing selama bertahun-tahun.

Mengganti casing adalah waktu yang tepat untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di bawahnya dan membuat ponsel terlihat bersih dan berkilau.

Gunakan kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam disinfektan berbahan dasar alkohol untuk membersihkan bodi ponsel dan tusuk gigi kayu untuk membersihkan area yang sulit dijangkau seperti port pengisi daya dan jaring speaker.

Ponsel biasanya menyerap minyak, kotoran, dan bakteri dari jari setiap hari, sehingga pembersihan rutin sangat penting. Disarankan untuk membersihkan ponsel seminggu sekali dan mendisinfeksi layar setidaknya sekali sehari.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kita semua memiliki aplikasi yang diunduh untuk dicoba tetapi tidak digunakan. Hapus aplikasi yang jarang digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan memori ponsel.

Aplikasi yang tidak digunakan ini menghabiskan sumber daya dan seringkali invasif, mengacaukan layar, menyimpan data, dan mengirim pemberitahuan yang tidak diinginkan.

Android menyederhanakan proses ini dengan filter untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan nama, ukuran, dan tanggal terakhir digunakan.

Kamu juga dapat menggunakan filter “Diinstal oleh Kamu” untuk menghindari menghapus aplikasi sistem yang penting.

4. Nada Dering dan Notifikasi Baru

Kebanyakan orang tetap menggunakan nada dering dan peringatan Android default yang hampir tidak pernah diubah setelah disetel.

Meskipun tidak ada yang salah dengan melodi bawaan, nada ini tidak inspiratif karena semua orang memilikinya.

Mengatur nada dering khusus dari musik yang disimpan di ponsel Android bisa memberikan sentuhan personal dan unik saat ada panggilan masuk.

Jika kamu tidak menyimpan musik di ponsel, kamu bisa mengunduh aplikasi seperti Zedge yang menawarkan nada dering dan notifikasi tak terhitung jumlahnya. Pasti ada satu yang kamu sukai.

5. Tema dan Wallpaper Khusus

Ponsel Android dikenal dengan opsi penyesuaian visualnya yang mengesankan. Mengganti wallpaper atau menambahkan tema baru bisa memberikan pengalaman pengguna yang segar dan membuat Android lama kamu terasa baru lagi.

Mengubah wallpaper dan tema sangat mudah karena banyaknya pilihan bawaan dan kemampuan untuk mencari berdasarkan palet warna atau kategori seperti lucu atau penuh warna.

Kamu juga bisa mengunduh opsi gratis dan berbayar jika menginginkan sesuatu yang lebih spesifik.

6. Pengaturan Ulang ke Setelan Pabrik

Pengaturan ulang ke setelan pabrik benar-benar akan membuat ponsel Android lama kamu terasa seperti baru lagi.

Namun, pastikan untuk menyimpan data penting sebelum melakukannya. Proses ini tidak dapat diubah, dan kamu akan kehilangan data selamanya jika tidak mencadangkannya.

Selalu buat cadangan gambar berharga dan data penting lainnya sebelum mencoba pengaturan ulang pabrik.

Dengan langkah ini, ponsel akan kembali ke kondisi seperti saat pertama kali dibeli, baik dari segi performa maupun tampilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *