TEKNOTIPS

5 Trik Ampuh Mengosongkan Penyimpanan Ponsel Android Agar Kembali Super Cepat!

73
×

5 Trik Ampuh Mengosongkan Penyimpanan Ponsel Android Agar Kembali Super Cepat!

Sebarkan artikel ini
5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut
5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut

Media90 – Jika ruang penyimpanan ponsel cerdas kamu hampir habis, mengosongkan sampah di perangkat Android mungkin terlihat seperti langkah paling mudah.

Namun, perangkat Android, dari yang murah hingga kelas atas, tidak memiliki folder sampah atau recycle bin. Tetapi kamu dapat menghapus file dan aplikasi yang tidak diinginkan. Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan:

1. Menghapus Aplikasi

Baik kamu ingin mengosongkan ruang penyimpanan atau merapikan laci aplikasi, menghapus aplikasi yang tidak digunakan dapat membantu.

Meskipun caranya mungkin berbeda untuk setiap merek Android, umumnya kamu dapat menghapus aplikasi dengan menahan ikon aplikasi dan memindahkannya ke tombol Copot Pemasangan di bagian atas layar.

Baca Juga:  iQOO 11s: Mengungkap Rahasia Chip Layar Khusus yang Membuatnya Lebih Unggul!

2. Menghapus Cache

Menghapus cache secara berkala akan membersihkan ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja serta kecepatan perangkat.

Kamu dapat menghapus cache untuk setiap aplikasi di perangkat dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi. Lalu, pilih aplikasi dan pilih Penyimpanan.

Setiap aplikasi akan memiliki opsi untuk menghapus cache dan data terkait. Meskipun menghapus data bisa menjadi langkah ekstrem, membersihkan cache akan meningkatkan kinerja ponsel. Pastikan untuk memeriksa langkah-langkah yang relevan untuk perangkat kamu.

3. Menghapus Unduhan dari Ponsel

Mengelola unduhan memerlukan sedikit lebih banyak perhatian. Jika sudah beberapa saat sejak kamu menelusuri file yang diunduh, navigasikan ke folder Unduhan di aplikasi File.

Baca Juga:  Tantangan Warna: 8 Alat Keren AI untuk Menghidupkan Foto Hitam Putih

Telusuri file yang tidak diperlukan dan hapus yang tidak dibutuhkan.

4. Menghapus File Lama

Cara lain untuk mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel adalah dengan menghapus file dan dokumen lama.

Mayoritas file ini dapat ditemukan di aplikasi File ponsel. Navigasikan ke aplikasi File, pilih folder Dokumen, dan hapus file yang sudah tidak diperlukan.

5. Menghapus Gambar Duplikat

Foto duplikat bisa menghabiskan banyak ruang. Untuk menghapusnya, navigasikan ke folder Gambar di aplikasi File. Kamu dapat menelusuri semua foto dan menghapus yang duplikat atau tidak diperlukan.

Setelah menghapus file dan aplikasi yang memakan banyak ruang, pastikan juga untuk menghapus pesan teks yang tidak perlu.

Baca Juga:  Apple Siap Merilis iPhone 15 Series dan Apple Watch Series 9 pada Tanggal 12 September

Jika kamu secara tidak sengaja menghapus file yang penting, ingat bahwa kamu bisa mengembalikannya dengan mudah dan tidak akan kehilangan pesan penting.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara teratur, kamu dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan ponsel Android kamu dan menjaga performanya tetap ngebut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *