TEKNO

5 Pekerjaan Manusia yang Berpotensi Digantikan oleh Teknologi AI: Apakah Profesimu Terancam?

54
×

5 Pekerjaan Manusia yang Berpotensi Digantikan oleh Teknologi AI: Apakah Profesimu Terancam?

Sebarkan artikel ini
Pekerjaan manusia yang terancam digantikan teknologi AI, profesi kamu termasuk
Pekerjaan manusia yang terancam digantikan teknologi AI, profesi kamu termasuk

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Namun, seiring dengan manfaatnya, perkembangan teknologi ini juga menimbulkan tantangan baru, terutama dalam hal ketenagakerjaan.

Media90 merangkum 5 pekerjaan manusia yang terancam oleh kemajuan teknologi AI pada Senin, 16 Oktober. Berikut ulasannya:

  1. Bidang Manufaktur: Industri manufaktur telah mengadopsi robot dan sistem otomatisasi berbasis AI secara luas. Mereka mampu melaksanakan tugas-tugas yang sebelumnya menjadi pekerjaan manusia, seperti perakitan produk, pemantauan kualitas, dan pengangkutan barang. Hal ini berpotensi mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manusia di sektor manufaktur.
  2. Bidang Pelayanan Pelanggan: Chatbot dan asisten virtual semakin canggih dalam menangani pertanyaan dan masalah pelanggan. Mereka memberikan respons cepat dan efisien, menggantikan peran agen layanan pelanggan manusia dalam skala besar. Meskipun pekerja manusia masih diperlukan untuk situasi yang kompleks, pekerjaan rutin dalam layanan pelanggan dapat tergantikan.
  3. Bidang Perbankan dan Keuangan: Dalam industri keuangan, AI digunakan untuk analisis data, penilaian risiko, dan bahkan pengelolaan investasi. Sistem otomatisasi berbasis AI dapat menggantikan tugas yang memerlukan perhitungan matematis yang kompleks, mengurangi kebutuhan akan analis keuangan manusia.
  4. Bidang Pertanian: Sektor pertanian telah melihat pengenalan traktor otonom, drone, dan peralatan AI lainnya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mereka mampu melaksanakan tugas seperti penyemprotan pestisida, pemantauan tanaman, dan bahkan panen dengan sedikit intervensi manusia. Hal ini berpotensi menyebabkan penurunan pekerjaan manual di bidang pertanian.
  5. Bidang Transportasi: Kendaraan otonom yang menggunakan teknologi AI semakin umum digunakan dalam industri transportasi. Dalam beberapa tahun mendatang, sopir truk, supir taksi, dan pekerja transportasi lainnya mungkin menghadapi risiko digantikan oleh kendaraan otonom yang dapat beroperasi tanpa pengemudi manusia.

Meskipun kemajuan AI dapat mengancam beberapa pekerjaan manusia, teknologi ini juga membuka peluang baru dalam pengembangan, pemeliharaan, dan pengawasan teknologi AI.

Selain itu, kehadiran teknologi ini dapat merubah lanskap pekerjaan dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor.

Oleh karena itu, penting bagi individu untuk terus memperbarui keterampilan dan pengetahuan mereka agar tetap relevan dalam dunia kerja yang terus berubah.

Sambil menghadapi tantangan, manusia juga memiliki kesempatan untuk memanfaatkan potensi teknologi AI untuk menciptakan pekerjaan baru dan meningkatkan efisiensi di berbagai sektor.