TEKNOTIPS

5 Alat Kreatif AI untuk Membuat Musik Secara Gratis: Panduan Penggunaan yang Mudah

62
×

5 Alat Kreatif AI untuk Membuat Musik Secara Gratis: Panduan Penggunaan yang Mudah

Sebarkan artikel ini
5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya
5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya

Media90 – AI generatif telah menjadi pusat perhatian dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam bidang pembuatan gambar dan penulisan.

Namun, kini teknologi ini mulai menghasilkan gelombang baru dalam industri musik. Alat-alat AI musik menjanjikan pengalaman baru bagi pengguna, mengubah cara tradisional dalam menciptakan lagu.

Berikut adalah lima alat terkemuka yang dapat digunakan untuk menciptakan musik dengan bantuan kecerdasan buatan:

  1. Suno OpenAI: Suno dianggap sebagai salah satu alat musik terbaik dan paling ramah pengguna. Dengan Suno, kamu dapat membuat lagu berdurasi dua menit lengkap dengan lirik dan gaya yang diinginkan, dan yang terbaik, semuanya gratis. Pengguna cukup mengunjungi situs web Suno, membuat akun, dan mulai menciptakan lagu sesuai preferensi mereka.
  2. Aiva: Aiva merupakan asisten generasi musik tingkat lanjut yang memungkinkan pengguna untuk membuat musik sendiri. Berbeda dengan Suno, Aiva melibatkan proses yang lebih interaktif di mana pengguna dapat memilih gaya musik, kunci, dan elemen lainnya untuk menciptakan lagu baru. Alat ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mendalami pembuatan musik dengan bantuan AI.
  3. MusicGen Meta: Bagian dari AudioCraft, MusicGen Meta dirancang untuk membantu pengguna dalam menciptakan musik menggunakan AI. Meskipun terbatas pada 15 detik untuk setiap komposisi, alat ini mudah digunakan dan dapat diakses oleh banyak orang. Namun, mungkin tidak ideal untuk pengguna yang baru memulai atau mencari sesuatu yang lebih sederhana.
  4. Dance Diffusion: Dance Diffusion merupakan alat pembuat musik yang sedikit lebih kompleks, tetapi tetap gratis untuk digunakan. Meskipun membutuhkan daya komputer yang cukup besar, pengguna dapat mencoba dan menggunakan alat ini melalui Google Colab. Meskipun memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi, Dance Diffusion menawarkan kekuatan yang besar dalam menciptakan musik yang unik.
  5. Magenta Google: Magenta Google adalah kumpulan alat yang dirancang untuk membantu musisi dalam menciptakan musik menggunakan teknologi pembelajaran mesin. Dikembangkan menggunakan TensorFlow, Magenta menawarkan berbagai fungsi yang dapat menghasilkan melodi, ritme, dan fitur musik canggih lainnya.

Dalam memilih alat musik AI yang sesuai, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan tingkat keahlian teknis masing-masing pengguna.

Setiap alat menawarkan fitur uniknya sendiri, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi dan menciptakan musik dengan cara yang sesuai dengan preferensi dan kreativitas mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *