TEKNO

15 Fakta Penting Tentang Baterai Laptop yang Harus Kamu Ketahui

192
×

15 Fakta Penting Tentang Baterai Laptop yang Harus Kamu Ketahui

Sebarkan artikel ini
Fakta tentang baterai laptop yang wajib kamu ketahui
Fakta tentang baterai laptop yang wajib kamu ketahui

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mungkin banyak pengguna yang kurang memerhatikan mengenai baterai laptop.

Selama ini kebanyakan pengguna baru akan memerhatikan baterai laptop ketika terjadi masalah.

Misalnya ketika daya baterai cepat habis, sehingga laptop harus selalu dicolok ke sumber listrik.

Padahal baterai sangat berperan penting terhadap kinerja sebuah laptop.

Berikut Media90 telah merangkum deretan fakta mengenai baterai laptop yang wajib kamu ketahui yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Siklus Pengisian Daya Terbatas

Baterai laptop memiliki rata-rata 450-500 siklus pengisian daya. Artinya, setelah itu, kapasitas baterai akan mulai menurun secara signifikan.

2. Hindari Panas yang Berlebihan

Ketika baterai laptop disimpan di bawah panas, baterai akan cepat habis. Sama halnya ketika kamu menggunakan ponsel di bawah sinar matahari yang cerah. Jadi, hindari paparan panas yang berlebihan.

3. Baterai Pihak Ketiga

Baterai laptop pihak ketiga seringkali lebih terjangkau, sekitar 40% hingga 60% lebih murah daripada baterai orisinil. Namun, pastikan untuk memilih produk berkualitas.

4. Daya Tahan Baterai Terpanjang

Laptop seperti Dell dan MacBook memiliki daya tahan baterai terpanjang, hingga 18-19 jam, dengan sekali pengisian daya. Ini bergantung pada model dan penggunaan.

5. Jaga Tingkat Baterai

Jaga tingkat baterai laptop antara 30% hingga 80% untuk performa terbaik dan masa pakai baterai yang lebih lama.

6. Evolusi Baterai Laptop

Sebagian besar baterai laptop lama memiliki 18.650 baterai yang setara baterai AA. Namun sekarang, baterai laptop kebanyakan terbuat dari lembaran tipis ion lithium yang lebih efisien.

7. Pengisian Saat Bermain Game

Saat bermain game, usahakan selalu menghubungkan pengisi daya agar laptop tetap berjalan dengan performa optimal.

8. Upgrade dengan SSD

SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga meng-upgrade laptop lama kamu dengan SSD akan membuatnya bekerja lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit penyimpanan daripada hard drive.

9. Gunakan Buku sebagai Penyangga

Jika tidak memiliki cooling pad, kamu dapat menggunakan buku sebagai penyangga laptop. Hal ini membantu aliran udara ke bawah laptop dan menjaganya tetap dingin.

10. Manfaatkan Peredupan Otomatis

Gunakan opsi peredupan otomatis pada laptop, seperti halnya smartphone. Ini akan menambah atau mengurangi kecerahan layar sesuai dengan cahaya di sekitarnya, menghemat daya baterai.

11. Kelola Aplikasi Latar Belakang

Beberapa aplikasi menghabiskan banyak daya baterai di latar belakang. Jika kamu tidak menggunakannya, hapus instalan atau hentikan aplikasi tersebut dari opsi layanan pada laptop Windows kamu.

12. Gunakan Hibernasi

Gunakan opsi hibernasi alih-alih mematikan laptop. Cara ini menggunakan lebih sedikit daya, lebih cepat, dan tetap menyimpan file kamu.

13. Batasi Jumlah Tab di Browser

Saat menggunakan Google Chrome atau browser lainnya, hindari menggunakan lebih dari 3 tab karena aplikasi ini menggunakan banyak daya baterai.

14. Kualitas Baterai Orisinil

Baterai orisinil mungkin lebih mahal tetapi dapat bertahan hingga 2 kali sampai 3 kali lipat lebih lama daripada baterai non-orisinil.

15. Produsen Baterai

Sebagian besar produsen laptop tidak memproduksi baterai mereka sendiri, jadi baterai asli biasanya diperoleh dari produsen baterai terkemuka.

Dengan memahami fakta-fakta ini tentang baterai laptop, kamu dapat memaksimalkan kinerja laptopmu dan memperpanjang masa pakai baterainya.

Ingatlah bahwa perawatan yang baik akan membantu kamu menghindari masalah baterai yang tidak diinginkan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *