OTOMOTIF

YLKI Minta Klarifikasi Lengkap Rangka ESAF AHM Terkait Masalah yang Belum Terungkap

149
×

YLKI Minta Klarifikasi Lengkap Rangka ESAF AHM Terkait Masalah yang Belum Terungkap

Sebarkan artikel ini
YLKI Sebut Video Klarifikasi Rangka ESAF AHM Belum Jelaskan Seluruh Masalah
YLKI Sebut Video Klarifikasi Rangka ESAF AHM Belum Jelaskan Seluruh Masalah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Video klarifikasi PT Astra Honda Motor (AHM) terkait rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang diunggah di akun Instagram @welovehonda_id beberapa waktu lalu telah menjadi sorotan tajam di media sosial.

Respons negatif dari warganet pun tak terelakkan, dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga ikut memberikan komentar kritis terhadap video tersebut.

Menurut Rio Priambodo, Kepala Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI, video klarifikasi yang disajikan oleh AHM belum menjelaskan seluruh masalah yang tengah terjadi pada rangka eSAF.

Masalah utama yang belum terangkat adalah soal keropos pada rangka tersebut. “Sebenarnya, ada dua pertanyaan yang ditanyakan masyarakat terkait rangka ini. Pertama, soal keropos, kedua soal karat.

Yang dijelaskan dalam video itu hanya soal berkarat saja, yang keropos belum dijelaskan,” ujar Rio dalam wawancara dengan Media90 beberapa waktu yang lalu.

Kekurangan informasi ini, menurut Rio, dapat menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat yang menggunakan motor Honda dengan rangka eSAF.

Mereka menjadi resah dan merasa bahwa keselamatan mereka saat berkendara dapat terancam.

“Padahal, itu urgent untuk dijelaskan. Ini membuat masyarakat jadi was-was, membuat mereka bertanya-tanya juga sehingga harus dijelaskan kedua masalah tersebut,” tambah Rio.

Rio juga memberikan saran kepada pengguna motor Honda yang menggunakan rangka eSAF.

Dia mengatakan bahwa ketika menghadapi masalah terkait rangka tersebut, konsumen sebaiknya menghubungi pihak AHM langsung dan berdiskusi mengenai solusi yang bisa diterapkan.

“Ketika terjadi suatu permasalahan, konsumen bisa menghubungi langsung pelaku usaha terkait dan bicarakan bagaimana penyelesaiannya. Ini juga yang sebenarnya kita lakukan ke konsumen. Kalau hanya mengadu di media sosial, tidak ada solusi,” jelasnya.

Namun, Rio juga memberikan penjelasan bahwa AHM telah melakukan pertemuan dengan YLKI dan menyatakan kesiapannya untuk bertanggung jawab atas masalah rangka eSAF ini.

Dalam siaran resmi yang dikeluarkan, AHM mengundang konsumen yang menggunakan motor Honda dengan rangka eSAF untuk melakukan pengecekan di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) guna memastikan keamanan dan kualitas kendaraan mereka.

Berikut adalah daftar motor Honda yang menggunakan rangka eSAF:

  1. Honda Genio mulai 2019
  2. Honda BeAT mulai 2020
  3. Honda BeAT Street mulai 2020
  4. Honda Scoopy mulai 2020
  5. Honda Vario 160 mulai 2022

Dalam situasi ini, AHM berkomitmen untuk mengatasi masalah ini secara transparan dan memberikan kepastian kepada konsumennya mengenai keamanan kendaraan yang mereka gunakan.

Masih banyak yang perlu diungkapkan terkait masalah rangka eSAF ini, dan keterbukaan akan menjadi langkah awal yang penting dalam membangun kepercayaan kembali di kalangan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *