OTOMOTIF

VinFast Antusias Sambut IIMS 2024, Lihat Indonesia sebagai Pasar Utama

37
×

VinFast Antusias Sambut IIMS 2024, Lihat Indonesia sebagai Pasar Utama

Sebarkan artikel ini
Bakal Ikut IIMS 2024, VinFast Anggap Indonesia Pasar Yang Signifikan
Bakal Ikut IIMS 2024, VinFast Anggap Indonesia Pasar Yang Signifikan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pabrikan mobil listrik asal Vietnam, VinFast, dipastikan bakal meramaikan pameran otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yang akan berlangsung minggu depan.

Perusahaan tersebut menganggap Indonesia sebagai pasar yang signifikan, bahkan sebagai batu loncatan untuk memperluas ekspansinya ke negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Tran Quoc Huy, CEO VinFast Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima Media90 pada Jumat (9/2/2024) petang.

“Langkah inovatif ini tidak hanya menempatkan VinFast untuk merebut pangsa pasar Indonesia yang signifikan, tetapi juga berfungsi sebagai batu loncatan untuk ekspansi lebih lanjut ke negara-negara Asia Tenggara,” katanya.

Sebelumnya, Tran Quoc Huy menyebutkan bahwa VinFast telah menyampaikan rencana investasi di Indonesia pada bulan Januari dengan nilai mencapai 200 juta dolar AS.

Investasi tersebut termasuk pembangunan pabrik yang direncanakan memiliki kapasitas produksi hingga 50.000 unit kendaraan listrik per tahun.

Tidak hanya itu, VinFast juga berencana untuk melakukan ekspansi ke 50 pasar internasional pada tahun ini.

Dalam rencana tersebut, Asia Tenggara menjadi prioritas, terutama Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk terpadat di kawasan tersebut.

VinFast juga melihat Indonesia sebagai penghubung strategis dalam rantai pasokan kendaraan listrik globalnya.

Meskipun demikian, langkah VinFast untuk melakukan ekspansi mancanegara tergolong agresif untuk pabrikan yang baru berdiri pada tahun 2017.

Sebelumnya, VinFast sudah masuk ke Eropa dan Amerika Serikat dalam dua tahun terakhir.

“Melalui kampanye ‘Going Global’ dengan aspek keberlanjutan sebagai semangat utama, kini VinFast telah hadir di Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa sejak peluncuran internasional pertamanya dalam dua tahun terakhir. Ini merupakan bukti bahwa VinFast mampu melakukan ekspansi secara global dengan cepat,” kata Tran Quoc Huy.

VinFast juga memastikan kehadirannya dalam IIMS 2024 dan berencana untuk melakukan peluncuran produk di sana.

Meskipun belum ada informasi resmi mengenai model mobil yang akan dibawa untuk pasar Indonesia, salah satu materi promosi yang disebar ke media menampilkan mobil listrik VF 5, VF 7, VF 6, dan VF e34.

IIMS 2024 sendiri akan berlangsung selama 15—25 Februari mendatang di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Kehadiran VinFast di acara ini diharapkan dapat semakin memperkuat eksistensinya di pasar otomotif Indonesia dan meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik.