OTOMOTIF

Transformasi Prius Menjadi Raja Mobil Balap Le Mans dengan Toyota Gazoo Racing

80
×

Transformasi Prius Menjadi Raja Mobil Balap Le Mans dengan Toyota Gazoo Racing

Sebarkan artikel ini
Transformasi Prius Menjadi Raja Mobil Balap Le Mans dengan Toyota Gazoo Racing
Transformasi Prius Menjadi Raja Mobil Balap Le Mans dengan Toyota Gazoo Racing

Media90 – Toyota Gazoo Racing, divisi balap Toyota, telah mengungkapkan sisi lain dari Toyota Prius yang dikenal sebagai mobil ramah lingkungan.

Dalam ajang balap Le Mans 24 Hour yang diadakan di Prancis, mereka memperkenalkan mobil konsep yang mengusung nama Toyota Prius 24h Le Mans Centennial GR Edition.

Berdasarkan laporan dari Carscoops pada Rabu (7/6/2023), mobil konsep ini telah mengalami beberapa modifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan performa.

Salah satu perubahan terlihat pada bagian depan mobil, dimana bumper telah dirancang ulang untuk meningkatkan aerodinamika.

Selain itu, bagian intake udara juga diperbesar dengan desain honeycomb yang khas. Untuk mengurangi bobot kendaraan, kap mesin mobil ini menggunakan serat karbon sebagai bahan utama.

Tidak hanya itu, terdapat juga modifikasi lainnya yang dilakukan pada mobil ini. Fender flare yang lebih lebar, body kit yang mencolok, dan spoiler belakang yang mengesankan semuanya turut dipasang.

Sementara itu, kaki-kaki mobil ini dilengkapi dengan pelek baru berdiameter 18 inci yang terbuat dari aluminium, serta ban Michelin Pilot Sport 4S.

Jarak antara roda kanan dan kiri juga lebih lebar daripada Prius standar guna meningkatkan pengendalian mobil di lintasan.

Sayangnya, tidak ada informasi yang tersedia mengenai modifikasi pada sistem hybrid mobil ini yang mungkin dapat mempengaruhi peningkatan performanya.

Meskipun begitu, kehadiran Toyota Prius 24h Le Mans Centennial GR Edition ini tetap menjadi bukti bahwa Toyota Gazoo Racing berusaha untuk mengeksplorasi potensi mobil yang biasanya dikenal sebagai mobil ramah lingkungan menjadi kendaraan balap yang tangguh di ajang Le Mans.

Kehebatan Toyota Gazoo Racing Menguasai Arena Balap

Kehebatan Toyota Gazoo Racing Menguasai Arena Balap
Kehebatan Toyota Gazoo Racing Menguasai Arena Balap

Toyota Gazoo Racing telah mengungkapkan Prius “Le Mans” yang merupakan varian berdasarkan generasi kelima Prius yang pertama kali diperkenalkan pada November 2022.

Prius “Le Mans” menampilkan perubahan signifikan dalam desain bodi yang lebih sporty dan aerodinamis dibandingkan dengan pendahulunya.

Toyota Gazoo Racing telah mendominasi dunia balap Le Mans dalam beberapa tahun terakhir. Tim ini berhasil meraih gelar juara selama 5 tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2018 hingga 2022.

Keberadaan Prius “Le Mans” ini juga dirayakan seiring dengan perayaan 100 tahun balapan Le Mans.

Dengan basis Prius yang sudah terkenal sebagai mobil ramah lingkungan dan efisien, Toyota Gazoo Racing berhasil menghadirkan versi yang menggabungkan performa balap yang tangguh dengan teknologi hybrid.

Prius “Le Mans” menjadi perwujudan dari komitmen Toyota Gazoo Racing untuk menghadirkan mobil yang tidak hanya unggul dalam hal efisiensi, tetapi juga mampu bersaing di ajang balap paling bergengsi seperti Le Mans.

Toyota Gazoo Racing telah membuktikan keunggulan mereka dalam dunia balap, dan dengan kemunculan Prius “Le Mans” yang menandai perayaan 100 tahun balapan Le Mans, mereka semakin mengukuhkan dominasinya sebagai tim terdepan dalam dunia balap internasional.