OTOMOTIF

Toyota Calya Terbaru: Mobil Keluarga Murah dengan Spesifikasi Terkini!

125
×

Toyota Calya Terbaru: Mobil Keluarga Murah dengan Spesifikasi Terkini!

Sebarkan artikel ini
Toyota Calya Terbaru Mobil Keluarga Murah dengan Spesifikasi Terkini!
Toyota Calya Terbaru Mobil Keluarga Murah dengan Spesifikasi Terkini!

Media90 – Secara umum, Toyota Calya merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang menawarkan harga terjangkau, kemampuan mengangkut banyak penumpang, dan mesin yang tangguh.

Sebagai mobil keluarga entry level, Toyota Calya memiliki sejarah yang menarik di Indonesia.

Toyota Calya pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada bulan Agustus 2016 sebagai bagian dari program Low Cost Green Car (LCGC) yang didukung oleh pemerintah.

Mobil ini merupakan hasil kerja sama antara Toyota dan Daihatsu, dengan Daihatsu Sigra sebagai saudara kembarnya. Sejak itu, Toyota Calya telah mengalami beberapa penyegaran tampilan pada tahun 2019 dan Juli 2022.

Toyota Calya awalnya hanya tersedia dalam dua varian kemewahan (E dan G) dengan pilihan transmisi manual atau otomatis.

Harga Toyota Calya pada saat peluncurannya berkisar antara Rp129,6 juta hingga Rp150 juta, yang cukup terjangkau dibandingkan dengan Toyota Avanza yang memiliki rentang harga lebih tinggi.

Namun, pada tahun 2023, Toyota Calya masih hanya tersedia dalam dua varian kemewahan, yaitu E dan G, dengan harga yang sedikit meningkat.

Spesifikasi Toyota Calya Terbaru, Pilihan Mobil Keluarga Murah
Spesifikasi Toyota Calya Terbaru, Pilihan Mobil Keluarga Murah

Berikut adalah harga terbaru Toyota Calya pada awal Januari 2023:

  • Toyota Calya 1.2 E MT STD 2023: Rp161,7 Juta
  • Toyota Calya 1.2 E MT 2023: Rp164,6 Juta
  • Toyota Calya 1.2 G MT 2023: Rp170,2 Juta
  • Toyota Calya 1.2 G AT 2023: Rp184,4 Juta

Toyota Calya dilengkapi dengan mesin 1.2L dengan konfigurasi 4-silinder.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 86,7 hp @ 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 107,8 Nm @ 4.200 rpm.

Mesin Toyota Calya menggunakan teknologi Double Overhead Camshaft (DOHC) dengan katup variabel Dual VVT-i untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar.

Selain itu, Toyota Calya memiliki dimensi yang kompak dengan panjang 4.110 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, seperti SRS Airbag, ABS, EBD, BA, dan ISOFIX.

Meskipun Toyota Calya menawarkan harga terjangkau, terdapat beberapa keterbatasan dalam fitur dan kenyamanan interior mobil ini.

Namun, Toyota memberikan opsi peningkatan fitur melalui program Toyota Customization Option (TCO) yang memungkinkan pemilik varian E untuk menambahkan beberapa fitur yang awalnya hanya tersedia pada varian G.

Dalam hal konsumsi bahan bakar, Toyota Calya harus mematuhi peraturan LCGC yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagai mobil LCGC, Toyota Calya harus mencapai konsumsi bahan bakar minimal 20 km per liter dengan menggunakan bahan bakar bensin RON 92.

Tentu! Toyota Calya juga tersedia dalam kondisi bekas. Jika Anda mencari mobil bekas Toyota Calya, Anda dapat menjelajahi berbagai platform jual-beli mobil bekas, seperti situs web dan aplikasi di Indonesia.

Ketika mencari mobil bekas, penting untuk memperhatikan beberapa faktor, termasuk tahun produksi, kondisi mobil, jumlah kilometer yang telah ditempuh, dan riwayat pemeliharaan.

Jika memungkinkan, pastikan untuk melakukan tes drive dan pemeriksaan menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Harga mobil bekas Toyota Calya dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tersebut, serta faktor lainnya seperti lokasi, kondisi eksterior dan interior, serta tingkat permintaan di pasar.

Maka dari itu, penting untuk melakukan riset dan membandingkan harga dari beberapa penjual yang berbeda sebelum membuat keputusan pembelian.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa dokumen-dokumen kendaraan, seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK), buku service, dan faktur pembelian asli. Jika memungkinkan, periksa juga riwayat servis dan perawatan kendaraan untuk memastikan bahwa mobil telah dirawat dengan baik.

Terakhir, sebelum melakukan pembelian mobil bekas, disarankan untuk melibatkan mekanik terpercaya atau membawa seseorang yang memiliki pengetahuan tentang mobil untuk membantu dalam pengecekan dan negosiasi harga.

Perlu diingat bahwa informasi mengenai harga dan ketersediaan mobil bekas Toyota Calya dapat berubah dari waktu ke waktu, oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penelitian terkini atau berkonsultasi dengan penjual mobil bekas terpercaya.