OTOMOTIFTIPS

Tips Terhindar dari Kesalahan Saat Menggunakan Dempul untuk Memperbaiki Pintu Mobil

178
×

Tips Terhindar dari Kesalahan Saat Menggunakan Dempul untuk Memperbaiki Pintu Mobil

Sebarkan artikel ini
Hindari Dempul Terlalu Tebal Untuk Memperbaiki Pintu Mobil
Hindari Dempul Terlalu Tebal Untuk Memperbaiki Pintu Mobil

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Penggunaan dempul adalah langkah penting dalam proses perbaikan bodi mobil yang rusak.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaannya yang berlebihan, terutama pada bagian pintu, dapat menimbulkan masalah yang tidak diinginkan, seperti kerusakan engsel pintu.

Hal ini disampaikan oleh Edwin Saputra, Creative Marketing Manager PT Alfatama Inticipta, dalam sebuah wawancara pada tanggal 30 September 2023 di Jakarta.

Menurut Edwin, penggunaan dempul dapat menambah berat dari pintu mobil, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada kinerja dan keawetan mobil Anda.

Idealnya, ketebalan dempul yang digunakan dalam proses perbaikan bodi mobil sebaiknya berkisar antara 3 hingga 5 milimeter. Namun, praktek di berbagai bengkel mungkin berbeda-beda.

Pengaplikasian dempul yang berlebihan seringkali menjadi “jalan pintas” yang diambil untuk memperbaiki bodi mobil yang rusak atau penyok parah.

Edwin menjelaskan bahwa langkah yang sebaiknya diambil adalah mengketok panel bodi yang rusak hingga lurus, lalu menghaluskannya menggunakan dempul. Penggunaan dempul yang berlebihan dapat mengakibatkan masalah lebih besar.

Dalam pengaplikasiannya, dempul sebaiknya diberikan “landasan” berupa cat primer sebelum diaplikasikan pada permukaan metal atau plastik panel bodi mobil.

Cat primer berperan sebagai “jembatan” atau media agar dempul dapat menempel lebih sempurna di bodi mobil, sehingga hasilnya lebih tahan lama.

Untuk menghindari penambahan bobot yang signifikan akibat penggunaan dempul, saat ini sudah tersedia produk dempul tipe “light” atau ringan di pasaran. PT Alfatama Inticipta, melalui merek Alfagloss, juga menyediakan produk semacam ini untuk konsumen di Tanah Air.

Menurut Edwin, produk dempul tipe “light” yang mereka miliki memiliki bobot yang sekitar 50 persen lebih ringan dibandingkan dengan dempul konvensional.

Meskipun harganya lebih tinggi, namun kualitasnya yang lebih baik dan efek penambahan bobot yang minim membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik dalam jangka panjang.

Pentingnya memahami penggunaan dempul yang benar dan menghindari penggunaannya secara berlebihan sangat penting dalam menjaga keawetan dan kinerja pintu mobil.

Dengan langkah-langkah yang benar, Anda dapat memastikan perbaikan bodi mobil yang efektif dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *