OTOMOTIFTIPS

Tips Mudah Menghilangkan Embun di Kaca Mobil dalam Sekejap!

70
×

Tips Mudah Menghilangkan Embun di Kaca Mobil dalam Sekejap!

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun, Begini Gampangnya!
Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun, Begini Gampangnya!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kaca mobil berembun merupakan masalah umum yang sering dialami oleh pengemudi saat berkendara di tengah hujan.

Ketika embun mulai menutupi kaca, pandangan pengemudi menjadi terganggu, potensi kecelakaan pun meningkat.

Sebagian pengemudi mungkin membuka sedikit jendela untuk sirkulasi udara, namun hal ini malah membuat bagian dalam mobil menjadi basah karena air hujan masuk ke dalam.

Menurut Ayo Selamat, penyebab kaca berembun bisa bermacam-macam. Mulai dari kualitas kaca yang sudah menurun, karet wiper yang getas, hingga AC yang tidak berfungsi maksimal.

Kondisi terakhir ini membuat suhu di dalam kabin sedikit lebih hangat daripada suhu luar, sehingga embun mulai menyelimuti kaca bagian dalam.

Namun, ada cara darurat yang dapat dilakukan saat kaca mobil berembun ketika hujan turun. Sebaiknya, siapkan sabun cair atau shampoo rambut di dalam mobil.

Keduanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah embun dengan cepat dan efektif. Caranya, oleskan secara merata sabun cair atau shampoo pada seluruh bagian kaca dalam mobil.

Pastikan pengelapan dilakukan secara searah untuk menghindari kaca menjadi buram. Hindari juga pengelapan bolak-balik, karena bisa menyebabkan kotoran kembali menempel pada kaca.

Namun, penggunaan sabun cair atau shampoo hanya merupakan solusi sementara. Penting untuk melakukan perawatan atau perbaikan mobil secara berkala agar masalah embun ini tidak terus muncul.

Misalnya, mengganti karet wiper yang sudah getas atau memperbaiki AC agar dapat menghembuskan udara secara maksimal.

Selain penanganan darurat, ada juga langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari kaca mobil berembun:

  1. Hindari Parkir di Tempat yang Terlalu Terik: Jika memarkir mobil di tempat yang terik, sebaiknya buka seluruh kaca beberapa menit sebelum digunakan. Hal ini membantu menghilangkan hawa panas di dalam kabin mobil.
  2. Gunakan Lap Kering: Usahakan untuk tidak menggunakan lap yang basah atau dicelup air untuk membersihkan kaca bagian dalam. Setelah mencuci mobil, pastikan untuk membuka seluruh kaca hingga udara di dalam kabin benar-benar kering.
  3. Bersihkan Karpet Dek Mobil secara Teratur: Selain itu, penting juga untuk membersihkan karpet dek mobil secara teratur dan menjemurnya selama beberapa jam. Karpet yang basah dapat menyebabkan udara di dalam kabin menjadi lembab, yang menjadi salah satu penyebab munculnya embun di kaca.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda dapat mengatasi dan mencegah kaca mobil berembun, terutama saat hujan turun.

Selalu perhatikan kondisi mobil Anda dan lakukan perawatan secara teratur untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *