OTOMOTIFTIPS

Tips Hemat Bahan Bakar Saat Mudik: Ikuti Panduannya!

17
×

Tips Hemat Bahan Bakar Saat Mudik: Ikuti Panduannya!

Sebarkan artikel ini
Cara Berkendara Irit Saat Mudik, Perhatikan Langkahnya
Cara Berkendara Irit Saat Mudik, Perhatikan Langkahnya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Belakangan ini, semakin banyak orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik.

Jumlah pemudik dengan kendaraan pribadi ini terus bertambah setiap tahunnya. Namun, perlu diingat bahwa berkendara saat mudik juga bisa dilakukan secara hemat.

Inilah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar dapat berkendara dengan irit saat mudik:

  1. Servis Mobil Sebelum Mudik

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan untuk melakukan servis rutin atau servis besar kepada mobil yang akan digunakan.

Dengan melakukan servis ini, Anda dapat menjaga performa mobil dalam kondisi optimal.

Ganti filter oli, filter bahan bakar, filter udara, serta oli mesin sebelum memulai perjalanan. Jangan lupa untuk mengganti busi agar pengapian mobil semakin sempurna.

Dengan kondisi pembakaran yang bersih, efisiensi bahan bakar mobil akan meningkat.

  1. Perhatikan Tekanan Ban

Pastikan tekanan angin pada ban kendaraan Anda tepat. Tekanan angin yang tidak sesuai dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Selalu pastikan bahwa seluruh ban memiliki tekanan angin yang optimal. Jika menggunakan angin nitrogen, pastikan untuk menguras angin nitrogen di seluruh ban sebelum memulai perjalanan.

  1. Perhatikan RPM Saat Mengganti Gigi

Saat mengganti gigi transmisi, perhatikan putaran RPM dengan teliti. Hindari mengganti gigi dengan putaran RPM yang terlalu tinggi.

Usahakan untuk tidak melebihi 2 ribu RPM saat mengganti gigi. Menggunakan kecepatan konstan antara 80-90 km/jam juga dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

  1. Kurangi Beban Berat

Hindari membawa barang bawaan yang berlebihan dan berat. Barang bawaan yang berlebihan dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan Anda.

Pilih barang yang benar-benar penting dan sesuai kebutuhan. Jika memungkinkan, gunakan rak di bagian atas kendaraan untuk membawa barang bawaan yang lebih banyak.

  1. Pilih Waktu dan Jalur Tepat

Pilih waktu dan jalur yang tepat untuk melakukan perjalanan. Hindari waktu-waktu padat saat banyak orang melakukan perjalanan mudik.

Melakukan perjalanan pada malam hari dapat menghindari kemacetan dan mengurangi panas pada mobil. Selalu perhatikan juga kondisi jalur yang akan dilalui agar dapat memilih jalur alternatif jika diperlukan.

  1. Selalu Jaga Kondisi dan Kesehatan

Selain menjaga kondisi mobil, jaga juga kondisi dan kesehatan Anda sendiri. Istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan sangat penting.

Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup saat perjalanan. Jangan memaksakan diri jika sudah merasa lelah atau mengantuk. Gunakan tempat istirahat yang telah disediakan di jalur mudik untuk beristirahat sejenak.

Dengan menerapkan keenam tips di atas, Anda dapat melakukan perjalanan mudik dengan lebih hemat bahan bakar dan lebih aman. Selamat berkendara dan selamat sampai tujuan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *