OTOMOTIF

Tampilan CVT yang Tak Tandingi: Keunggulan Transmisi Mitsubishi XForce Dibandingkan Xpander

129
×

Tampilan CVT yang Tak Tandingi: Keunggulan Transmisi Mitsubishi XForce Dibandingkan Xpander

Sebarkan artikel ini
Meski Sama-Sama CVT, Transmisi Mitsubishi XForce Lebih Jitu Daripada Xpander
Meski Sama-Sama CVT, Transmisi Mitsubishi XForce Lebih Jitu Daripada Xpander

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mitsubishi Motors kembali memberikan gebrakan di pasar otomotif Indonesia dengan peluncuran Mitsubishi XForce, sebuah SUV kompak yang menjanjikan performa dan respons yang lebih baik dibandingkan dengan saudaranya, Mitsubishi Xpander.

Salah satu aspek yang membedakan keduanya adalah transmisi CVT yang digunakan, yang diklaim memiliki tuning atau pengaturan yang berbeda.

Masahiro Tamura, Kepala Departemen Evaluasi Produk Mitsubishi Motors, memberikan penjelasan langsung mengenai perbedaan ini pada acara First Drive Mitsubishi XForce yang diadakan di Karawang, Jawa Barat pada tanggal 6 September 2023.

Menurut Tamura, transmisi CVT pada Mitsubishi XForce telah ditingkatkan dengan fitur-fitur yang lebih canggih, yang secara langsung terasa saat Anda mengemudikannya.

Salah satu keunggulan yang paling mencolok adalah kemampuan transmisi untuk mendeteksi kondisi jalan dengan cepat dan meresponsnya secara otomatis.

Misalnya, ketika kendaraan sedang menanjak, tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan meningkat sekitar 25% tanpa perlu menginjak pedal gas secara mendalam.

Tamura menjelaskan, “Ketika menanjak, pengemudi tak perlu dalam-dalam menginjak pedal gas karena mobil mendeteksi tanjakan. Sehingga secara otomatis mobil akan menambah tenaga hingga 25%.”

Dalam situasi berlawanan, ketika kendaraan meluncur menuruni jalan menurun, transmisi akan mengurangi tenaga sekitar 10% untuk memberikan efek engine brake yang meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Rifat Sungkar, seorang pembalap Mitsubishi, menambahkan, “Jadi mobil ini akan secara otomatis membaca kemiringan saat tanjakan maupun turunan. Ketika tanjakan, pedal gas nggak perlu diinjak dalam. Lalu ketika turunan, mobil akan seperti engine brake.”

Perbaikan lainnya terlihat saat pengemudi memutuskan untuk melakukan akselerasi. Ketika berkendara dengan santai, perpindahan gigi akan terasa sangat halus, sesuai dengan karakteristik transmisi CVT.

Namun, saat Anda memutuskan untuk menekan pedal gas lebih dalam, perpindahan gigi akan terasa seperti transmisi otomatis 8-percepatan.

Rifat Sungkar menjelaskan pengalaman mengemudi ini, “Kalau diinjak dalam, pindah giginya itu mirip transmisi 8-percepatan. Tapi kalau jalan santai, perpindahan giginya ini halus sekali.”

Keunggulan transmisi Mitsubishi XForce bukan hanya dalam respons yang lebih baik, tetapi juga dalam penggunaannya.

Xpander, yang lebih cocok sebagai kendaraan keluarga, dan XForce, yang dirancang untuk menghadapi medan yang lebih berat, memiliki perbedaan kebutuhan.

XForce bahkan dilengkapi dengan 4 mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi jalan, yaitu Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

Dengan begitu, Mitsubishi XForce menjadi pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang mencari SUV kompak dengan kemampuan unggul dalam berbagai situasi.

Dengan peningkatan pada transmisi dan fitur-fitur lainnya, Mitsubishi XForce memberikan pengalaman mengemudi yang lebih baik dan responsif, menjadikannya pilihan yang layak bagi pecinta SUV yang mencari kinerja dan keamanan yang unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *