OTOMOTIFTIPS

Siap Tempur Tiap Hari: 5 Tips Ampuh Merawat Motor Saat Musim Hujan

125
×

Siap Tempur Tiap Hari: 5 Tips Ampuh Merawat Motor Saat Musim Hujan

Sebarkan artikel ini
5 Tips Merawat Motor Di Musim Hujan, Siap Tempur Tiap Hari
5 Tips Merawat Motor Di Musim Hujan, Siap Tempur Tiap Hari

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Tips merawat sepeda motor di musim hujan akan sangat berguna untuk menjaga kondisi tunggangan tetap prima untuk menunjang mobilitas kita.

Perlu diketahui, air hujan mengandung asam yang dapat merusak cat motor. Selain itu, juga bisa menyebabkan karat di bagian logam pada motor jika dibiarkan.

Belum lagi, genangan banjir yang masuk ke kolong motor di mana membawa material tanah ataupun pasir.

Bila dihiraukan, dapat membuat motor Kamu jadi kurang nyaman dikendarai.

Selain itu, jalan yang sering terkena air hujan bisa mengalami lubang di mana dapat mengganggu kenyamanan berkendara pengguna motor yang melalui jalan tersebut.

Lubang ini berpotensi membuat kaki-kaki motor bermasalah.

Tips Merawat Motor di Musim Hujan

Untuk mencegah masalah yang bisa saja terjadi pada motor akibat musim hujan, Kamu bisa melakukan tips-tips merawat motor berikut:

  1. Rutin Mencuci Motor

Masih banyak pengguna motor yang malas mencuci motor secara rutin. Padahal, tips ini penting dilakukan agar kondisi motor tetap prima di tengah musim hujan.

Rutin mencuci motor dapat membantu menghilangkan sisa air hujan dan kotoran yang menempel pada motornya.

Perlu diketahui, air hujan memiliki pH yang cukup asam sehingga bisa menyebabkan karat pada komponen motor.

Selain itu, air hujan juga dapat membuat cat bodi motor rusak seperti yang sudah diketahui di atas.

Untuk mencegah hal-hal tersebut, Kamu disarankan langsung mencuci motornya setelah menempuh perjalanan dalam kondisi cuaca hujan. Sebagai catatan, ini bisa dilakukan setelah mesin motor sudah tidak panas.

Jika Kamu sibuk dalam kesehariannya, tetap perlu membersihkan motornya. Kamu cukup membilas motornya secara menyeluruh dengan air bersih, lalu jangan lupa dikeringkan.

Pastinya ini tidak sulit dilakukan dan tidak menghabiskan banyak waktu. Meski berkendara jarang dilakukan dalam kondisi cuaca hujan pun, Kamu tetap perlu rutin membersihkan motornya.

Kamu bisa cuci motor setiap akhir pekan sehingga motornya terjamin selalu dalam kondisi prima saat dikendarai.

  1. Lakukan Pengecekan Ban

Seperti diketahui juga sebelumnya, jalan yang sering terkena hujan rentan berlubang. Jika Kamu melalui jalan berlubang, ban motor akan mengalami benturan keras yang dapat membuatnya bermasalah.

Berkendara dengan motor ini bisa jadi terasa kurang nyaman. Apalagi jika kondisi ban tersebut sudah tipis, dapat menyebabkan selip yang tentu membahayakan Kamu.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan tips kedua ini bagi Kamu yang sering berkendara di tengah cuaca hujan.

Kamu bisa memeriksa ban motor dengan menekannya menggunakan jempol tangan. Jika tekanan ban dinilai kurang, bisa isi angin sesuai dengan tekanan yang semestinya.

Namun, jika ternyata bannya sudah aus, maka disarankan Kamu segera menggantinya dengan ban baru.

  1. Periksa Rantai Motor

Tips yang tidak kalah penting yaitu memeriksa kondisi rantai motor. Sebagai informasi, pada motor jenis bebek dan sport, distribusi tenaga ke roda belakang masih menggunakan rantai.

Posisinya yang terbuka tentu membuat rantainya mudah terkena cipratan air hujan di mana dapat menimbulkan karat pada material besi rantai tersebut.

Untuk mencegah masalah tersebut terjadi, tips ketiga ini sebaiknya dilakukan setiap selesai berkendara di kondisi cuaca hujan.

Kamu dapat menutup rantai motor dengan aksesoris yang bisa dibeli di bengkel terdekat untuk mencegah rantai terkena hujan.

Disarankan juga Kamu rajin melumasi rantai motor dengan cairan khusus pelumas yang bisa didapatkan di toko sparepart motor. Pelumas ini dapat melindungi rantai motor dari karat, termasuk di celah sempit.

  1. Perhatikan Busi

Bagi yang belum tahu, busi merupakan komponen vital pada motor. Tanpa busi, motor tidak akan bisa dikendarai. Kamu perlu berhati-hati saat berkendara di tengah hujan.

Busi termasuk komponen motor yang mudah kemasukan air hujan. Busi yang kemasukan air bisa membuat motor tidak dapat dijalankan.

Kamu bisa rutin memeriksa kondisi busi motor setelah berkendara untuk memastikan motor dalam kondisi baik, termasuk saat cuaca hujan.

Selain itu, Kamu juga perlu membersihkan busi motor jika kotor yang dapat menyebabkan performa mesin bisa menurun.

  1. Bersihkan Bagian Rem

Tak jarang kampas rem motor terkena air dari genangan di jalan saat berkendara dalam cuaca hujan. Air hujan yang mengandung asam dan serpihan tanah yang menempel di jalan karena hujan dapat mengganggu sistem pengereman pada motor Kamu.

Pengguna motor dengan rem cakram tidak perlu khawatir. Untuk menjaga sistem pengereman motor tetap dalam kondisi baik, pengguna ini cukup membersihkan komponen pada bagian rem cakram.

Kesimpulan

Seluruh tips merawat motor di musim hujan di atas tidaklah sulit dilakukan. Kamu disarankan melakukan tips-tips ini agar kenyamanan berkendara dengan motor dalam kondisi cuaca apapun tetap terjaga.

FAQ

  1. Apa saja tips merawat motor di musim hujan?
    Salah satu tips merawat motor di musim hujan adalah rutin mencuci motor. Tips ini bisa membantu menghilangkan sisa air hujan dan kotoran yang menempel pada motornya. Perlu diketahui, air hujan memiliki pH yang cukup asam sehingga bisa menyebabkan karat pada komponen motor. Selain itu, air hujan juga dapat membuat cat bodi motor rusak.
  2. Apakah mengecek ban perlu dilakukan dalam merawat motor di musim hujan?
    Iya, mengecek ban perlu dilakukan dalam merawat motor di musim hujan. Kamu dapat cek ban motor dengan menekannya menggunakan jempol tangan. Jika tekanan ban dinilai kurang, bisa isi angin sesuai dengan tekanan yang semestinya.
  3. Apa yang perlu dilakukan jika ban motor aus?
    Jika ban motor sudah aus, maka disarankan Kamu segera menggantinya dengan ban yang baru.
  4. Apakah mengecek rantai perlu dilakukan dalam merawat motor di musim hujan?
    Iya, mengecek rantai perlu dilakukan dalam merawat motor di musim hujan. Sebagai langkah aman, Kamu bisa menutup rantai motornya dengan aksesoris yang bisa dibeli di bengkel terdekat agar tidak terkena hujan.
  5. Apakah merawat motor di musim hujan sulit dilakukan?
    Tidak, Kamu cukup melakukan lima tips yang dibahas di artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *