OTOMOTIFTIPS

Rahasia 6 Keunggulan Sistem Rem Hidrolik di Mobil yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

45
×

Rahasia 6 Keunggulan Sistem Rem Hidrolik di Mobil yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Sebarkan artikel ini
6 Kelebihan Rem Hidrolik Pada Mobil, Sudah Tahu
6 Kelebihan Rem Hidrolik Pada Mobil, Sudah Tahu

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kelebihan sistem rem hidrolik pada mobil memiliki daya tarik tersendiri, terutama jika kita memahami cara merawatnya agar tetap optimal.

Pada dasarnya, ada tiga jenis rem kendaraan, yaitu rem mekanik, rem angin, dan rem hidrolik.

Rem hidrolik, yang menjadi fokus pembahasan kali ini, merupakan jenis sistem pengereman yang mengandalkan tekanan minyak untuk mendorong piston.

Prinsip kerjanya mengacu pada hukum Pascal yang menyatakan tekanan dari cairan di ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan kekuatan yang sama.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang kelebihan rem hidrolik, penting untuk mengetahui komponen-komponen utama dalam sistem pengereman ini.

Komponen-komponen tersebut termasuk pedal rem/tuas rem, master silinder, reservoir tank, pipa hidrolik, dan kaliper/aktuator.

Setiap bagian memiliki peran penting dalam menjaga kinerja sistem pengereman.

Komponen Rem Hidrolik:

  1. Pedal Rem/Tuas Rem: Berfungsi sebagai perangkat input untuk memberikan perintah pada sistem pengereman.
  2. Master Silinder: Mengubah gerakan mekanis menjadi hidrolik dengan menggunakan tabung dan piston.
  3. Reservoir Tank: Tempat penampungan minyak rem untuk memastikan pasokan yang cukup.
  4. Pipa Hidrolik: Tempat aliran minyak rem bertekanan, terdiri dari pipa logam dan pipa elastis.
  5. Kaliper/Aktuator: Mengubah energi bertekanan fluida menjadi gerakan mekanis untuk menekan kampas rem.

Kelebihan Rem Hidrolik:

  1. Beban Pengereman Dapat Dikontrol: Rem hidrolik memungkinkan pengaturan tekanan sehingga beban pengereman dapat disesuaikan dengan kondisi jalan dan kecepatan mobil.
  2. Efektif Dalam Pengereman: Meskipun memberikan gaya yang sedikit, sistem pengereman hidrolik mampu menghasilkan energi pengereman yang efektif.
  3. Menggunakan Fluida: Rem hidrolik menggunakan fluida untuk mengubah gaya menjadi energi rem, berbeda dengan sistem pengereman mekanik yang menggunakan kawat kabel.
  4. Distribusi Tenaga Lebih Merata: Rem hidrolik dapat membagi tenaga pengereman secara lebih merata, meningkatkan stabilitas mobil saat mengerem.
  5. Tidak Menimbulkan Bunyi Mengganggu: Penggunaan cairan pelumas seperti oli membuat rem hidrolik tidak menghasilkan suara berdecit yang mengganggu.
  6. Tidak Memuai: Rem hidrolik, berbeda dengan kawat rem pada mobil keluaran lama, tidak mengalami pemuaian sehingga menjaga kinerja optimal.

Meskipun rem hidrolik memiliki kelebihan yang signifikan, tidak dapat diabaikan bahwa sistem ini juga memiliki kekurangan, seperti kompleksitas komponen dan risiko kerusakan akibat kebocoran fluida yang bersifat asam.

Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang cara kerja dan perawatan rem hidrolik menjadi kunci untuk menjaga performa mobil dalam kondisi prima.

Dengan memilih mobil yang dilengkapi rem hidrolik, kamu dapat menikmati kenyamanan dan keamanan berkendara yang optimal.