OTOMOTIF

Peringatan! Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 Terkena Recall di Indonesia

20
×

Peringatan! Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 Terkena Recall di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Toyota Land Cruiser 300 Dan Lexus LX600 Di Indonesia Kena Recall
Toyota Land Cruiser 300 Dan Lexus LX600 Di Indonesia Kena Recall

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT Toyota Astra Motor (TAM) telah mengumumkan recall untuk model Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 yang dijual di Indonesia.

Langkah ini diambil untuk memastikan kendaraan konsumen menjalani pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan transmisi.

Dalam keterangan resmi yang dirilis pada Rabu (20/3/2024), TAM menjelaskan bahwa recall ini berlaku untuk Land Cruiser 300 yang diproduksi dari bulan Juli 2021 hingga Januari 2024, serta LX600 yang diproduksi dari bulan Januari 2022 hingga Januari 2024.

Henry Tanoto, Vice President Director TAM, menyampaikan permohonan maaf kepada konsumen atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh recall ini.

“Dengan semangat continuous improvement, Toyota menemukan adanya potensi masalah di dalam transmisi otomatis 10-speed kedua premium luxury SUV tersebut sehingga wajib dilakukan perbaikan untuk mencegah munculnya kendala safety,” ujarnya.

Masalah yang teridentifikasi adalah terkait dengan cakram kopling di dalam transmisi mobil-mobil yang termasuk dalam recall.

Ketika tuas transmisi berada dalam posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling, cakram kopling tidak segera terlepas dari pelatnya.

Akibatnya, sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda, sehingga mobil bisa merayap dengan sendirinya dalam kecepatan rendah sekitar 6 km/jam.

Potensi ini mungkin terjadi jika kendaraan berada di permukaan jalan datar, terutama tanpa rem parkir.

Henry Tanoto juga mengimbau para pelanggan untuk memeriksa apakah mobil mereka termasuk dalam daftar recall dan segera berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk melakukan reprogramming ECU transmisi tanpa biaya tambahan.

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan reprogramming ECU transmisi adalah sekitar 30 menit tanpa adanya penggantian komponen.

“Kami berusaha menjalankan proses recall mobil Toyota dan Lexus dengan cara yang paling tidak memberatkan pelanggan,” tambah Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *