OTOMOTIF

Penting! Panduan Lengkap Cara Cek Nomor BPKB di STNK dan Mengecek Keaslian BPKB

45
×

Penting! Panduan Lengkap Cara Cek Nomor BPKB di STNK dan Mengecek Keaslian BPKB

Sebarkan artikel ini
Perlu Tahu, Ini Cara Cek Nomor BPKB Di STNK
Perlu Tahu, Ini Cara Cek Nomor BPKB Di STNK

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebagian dari kita mungkin masih belum mengetahui langkah-langkah untuk memeriksa nomor Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

BPKB adalah dokumen krusial yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor, karena berfungsi sebagai bukti sah kepemilikan di Indonesia.

Tanpa BPKB, pengendara berisiko menghadapi konsekuensi hukum serius dan tidak bisa melakukan pembayaran pajak tahunan serta perpanjangan plat nomor lima tahunan.

Pentingnya Memiliki BPKB

Kepemilikan BPKB sangat penting untuk kenyamanan berkendara.

Namun, bagaimana jika BPKB hilang? Menurut Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) No. 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pemilik dapat mengajukan penggantian BPKB yang rusak atau hilang.

Cara Cek Nomor BPKB di STNK

STNK adalah bukti registrasi kendaraan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), mencakup informasi seperti nomor polisi, nomor registrasi kendaraan, dan masa berlaku pajak.

BPKB, di sisi lain, berisi informasi lebih rinci tentang kendaraan, seperti nomor rangka dan mesin, tahun pembuatan, dan nama pemilik.

Untuk memeriksa nomor BPKB di STNK, perhatikan bahwa posisi nomor BPKB berada di bawah tahun registrasi.

Ada kemungkinan menemukan nomor BPKB yang berbeda atau bahkan tidak ada nomor. Ini bisa disebabkan oleh BPKB palsu, pembelian kendaraan hasil pencurian, atau kesalahan pengetikan nomor BPKB di STNK.

Membedakan BPKB Asli dan Palsu

BPKB asli memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat dibedakan dari yang palsu. Bahan sampul yang digunakan pada BPKB asli biasanya tebal dan mengkilap, dengan hologram khusus yang hanya dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Lambang Korlantas Polri di halaman 14 dapat terlihat dengan sinar ultraviolet, dan nomor seri biasanya terletak dekat dengan hologram.

Cara Cek BPKB Secara Online

Untuk memastikan keaslian BPKB, pengguna dapat menggunakan aplikasi e-Samsat yang tersedia secara nasional.

Langkah-langkahnya termasuk membuka aplikasi, memilih menu cek BPKB, dan mengisi data sesuai yang tertera di BPKB.

Alternatifnya, cek keaslian BPKB dapat dilakukan melalui situs web resmi SAMSAT sesuai dengan domisili pengguna.

Pengecekan Melalui SMS

Beberapa kota, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Yogyakarta, memungkinkan pengecekan melalui SMS. Format SMS yang digunakan bervariasi sesuai dengan provinsi.

Kesimpulan

Penting untuk rutin melakukan pengecekan nomor BPKB di STNK dan memastikan keaslian BPKB.

Langkah-langkah tersebut akan membantu pengendara menghindari masalah hukum dan memastikan kelancaran pembayaran pajak serta perpanjangan plat nomor.

Jangan lupa untuk memeriksa BPKB secara berkala menggunakan metode yang telah disebutkan di atas untuk menghindari risiko pemalsuan atau pembelian kendaraan hasil pencurian.