OTOMOTIF

Pana Oil: Performa Pelumas Mesin Tetap Optimal dengan BBM B35 Tanpa Efek Negatif

142
×

Pana Oil: Performa Pelumas Mesin Tetap Optimal dengan BBM B35 Tanpa Efek Negatif

Sebarkan artikel ini
Pana Oil Tegaskan BBM B35 Tak Berefek Negatif Terhadap Performa Pelumas Mesin
Pana Oil Tegaskan BBM B35 Tak Berefek Negatif Terhadap Performa Pelumas Mesin

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Produsen pelumas otomotif terkemuka, PT Pana Oil Indonesia, dengan tegas menyatakan bahwa penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis B35 tidak akan berdampak negatif pada performa pelumas mesin.

Pernyataan ini disampaikan oleh Effendy Liemuel, Direktur B2B PT Pana Oil Indonesia, yang menjelaskan bahwa pandangan tersebut telah ditegaskan oleh para pakar dan praktisi di industri.

“Pandangan para pakar dan praktisi sangat jelas, bahwa penggunaan BBM B35 tidak memiliki kaitan langsung dengan performa pelumas mesin,” ungkap Effendy Liemuel dalam sebuah Forum Group Discussion (FGD) yang diadakan belum lama ini.

Meskipun penggunaan BBM B35 masih tergolong baru dan belum begitu dikenal oleh banyak orang, Pana Oil merasa penting untuk memberikan edukasi kepada para pengguna mengenai penggunaan BBM B35, terutama bagi pengguna alat-alat berat di sektor pertambangan.

Raymond Widjaja, Managing Director PT Pana Oil Indonesia, juga menambahkan, “Penjelasan dari para ahli dan praktisi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang BBM B35, sehingga performa mesin dan alat berat tetap optimal.”

Namun, Pana Oil juga tidak menutup mata terhadap beberapa keluhan yang muncul dari para pengguna terkait penggunaan bahan bakar biodiesel dengan kandungan Fatty Acid Methyl Ester (FAME) sebesar 35%.

Salah satu keluhan yang sering muncul adalah pemilik kendaraan menjadi lebih sering melakukan servis filter BBM.

Deposit yang dihasilkan oleh pelumas dan kandungan air dalam B35 dapat menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Bahan bakar B35 sendiri merupakan campuran 65% solar dan 35% biodiesel yang memiliki kandungan FAME.

Menurut Tri Yuswidjajanto Zaenuri, seorang Pakar Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB), FAME memiliki sifat menyerap air dan mampu melarutkan deposit yang ada di dalam tangki BBM serta saluran bahan bakar, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyumbatan filter.

Sebagai informasi, Pemerintah Indonesia mewajibkan penggunaan BBM B35 mulai dari tanggal 1 Februari 2023 dan implementasi ini dilakukan secara serentak di seluruh negeri mulai dari 1 Agustus 2023.

Dengan adanya dukungan dari produsen pelumas seperti PT Pana Oil Indonesia, diharapkan bahwa edukasi dan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan BBM B35 akan membantu menjaga kinerja mesin dan alat berat tetap optimal dalam menghadapi perubahan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *