OTOMOTIF

MMKSI Mengungkapkan Strategi Kedatangan Xpander Hybrid ke Pasar Indonesia

27
×

MMKSI Mengungkapkan Strategi Kedatangan Xpander Hybrid ke Pasar Indonesia

Sebarkan artikel ini
MMKSI Beberkan Rencana Hadirkan Xpander Hybrid Ke Indonesia
MMKSI Beberkan Rencana Hadirkan Xpander Hybrid Ke Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hybrid, atau yang dikenal sebagai Hybrid Electric Vehicle (HEV), akan segera menyapa pasar otomotif Indonesia.

Mobil keluarga ramah lingkungan ini membuat debutnya di Thailand pada awal Februari 2024 dengan teknologi terbaru yang diberi nama e:Motion oleh Mitsubishi.

Setelah sukses di Thailand, kehadiran Xpander dan Xpander Cross hybrid di Indonesia sudah menjadi kenyataan.

Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), telah mengkonfirmasi rencana tersebut. Namun, detail jadwal peluncuran masih dirahasiakan.

“Di Thailand sudah diperkenalkan, tapi untuk Indonesia masih belum bisa kami informasikan,” ujar Kurita dalam acara Mitsubishi Motors Annual Media Gathering 2024 & Ramadan Iftar 1445H di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Meskipun begitu, MMKSI sudah siap secara teknis untuk menghadirkan mobil hybrid ini. Namun, mereka memilih untuk menunggu waktu yang tepat sesuai dengan arahan dari prinsipal dan permintaan dari masyarakat Indonesia.

“Ikhtisar Mitsubishi siap dengan teknologi hybrid. Kami hanya menunggu waktu yang tepat,” tegas Kurita.

Kurita menjelaskan alasan pemilihan Thailand sebagai negara pertama yang meluncurkan Xpander dan Xpander Cross Hybrid.

Menurutnya, Thailand memiliki skema kebijakan yang lebih mendukung kendaraan hybrid dibandingkan dengan kendaraan konvensional.

“Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memprioritaskan hybrid lebih dulu di Thailand karena adanya skema subsidi yang sangat kompetitif,” terang Kurita.

Xpander Hybrid dengan Mesin Baru

Xpander dan Xpander Cross hybrid membawa mesin baru dengan kode 4A92. Mesin ini memiliki kapasitas 1.590 cc, 4 silinder, DOHC, 16 katup, MIVEC dengan siklus Atkinson Cycle, yang berbeda dengan mesin pada umumnya yang menggunakan siklus Otto Cycle.

Mesin berteknologi Atkinson cycle ini dirancang untuk mencapai efisiensi pembakaran yang lebih baik.

Dilengkapi dengan pompa air listrik pertama yang digunakan oleh Mitsubishi untuk mengurangi gesekan, mesin ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 93,7 hp dengan torsi maksimum 134 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

Dengan kompresi 14:1, Xpander dan Xpander Cross hybrid ini memerlukan bahan bakar dengan oktan minimum 91 atau Gasohol 95 e10 dan e20.

Selain itu, mesin ini dipadukan dengan generator dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 85 kW atau setara dengan 113 hp dengan torsi maksimum 255 Nm.

Sistem hybrid yang digunakan oleh Xpander dan Xpander Cross hybrid ini diduga menggunakan teknologi milik Nissan e-Power.

Harga Xpander Hybrid

Di Thailand, Mitsubishi menjual Xpander hybrid seharga 912.000 Baht atau setara dengan Rp405 juta, sedangkan Xpander Cross hybrid dijual 946.000 Baht atau setara dengan Rp420 juta.

Harga untuk pasar Indonesia masih menunggu pengumuman resmi.

Dengan kehadiran Xpander dan Xpander Cross hybrid di Indonesia, diharapkan dapat memberikan alternatif ramah lingkungan bagi konsumen tanah air yang semakin peduli akan keberlanjutan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *