OTOMOTIF

Mitsubishi Outlander 2016: Poin Positif dan Negatif, Apakah Pantas Jadi Pilihan?

83
×

Mitsubishi Outlander 2016: Poin Positif dan Negatif, Apakah Pantas Jadi Pilihan?

Sebarkan artikel ini
Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Outlander 2016, Layak Dimiliki
Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Outlander 2016, Layak Dimiliki

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mitsubishi Outlander 2016 bekas menjadi incaran pecinta mobil di Indonesia dengan keunggulan dan kelemahannya yang patut dicermati.

Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2012 dan langsung mencuri perhatian konsumen.

Meski kini Outlander Sport sudah tak lagi tersedia di pasaran Tanah Air, kehadiran mobil ini di masa lalu meninggalkan jejak yang tak terlupakan.

Outlander Sport vs. Outlander PHEV

Outlander yang masuk ke Indonesia merupakan varian Sport, dikenal juga sebagai ASX atau RVR di luar negeri. Tersedia dalam tiga tipe: GLX, GLS, dan PX.

Namun, seiring berjalannya waktu, Outlander Sport tidak lagi dijual, digantikan oleh Outlander Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pada 2019.

Harga PHEV yang mencapai Rp1,3 miliaran jauh melampaui banderol Outlander Sport konvensional yang dibanderol mulai dari Rp330 jutaan.

Sejarah Outlander di Indonesia

Outlander, hadir sejak 2012, merupakan hasil perakitan oleh PT Kramayudha Tiga Berlian Motors.

Menggabungkan konsep Mitsubishi Lancer dan Pajero, mobil ini ditujukan bagi konsumen urban yang menginginkan SUV tangguh dan nyaman untuk kegunaan sehari-hari.

Setelah dua tahun, Outlander Sport facelift diluncurkan dengan perubahan minor pada lip spoiler dan lampu kabut.

Namun, dengan kemunculan pesaing baru, eksistensi Outlander Sport perlahan tergerus. Pada 2021, mobil ini secara resmi tidak lagi dijual di Indonesia, digantikan oleh varian PHEV yang menawarkan teknologi hibrida.

Kelebihan Mitsubishi Outlander 2016 Bekas

  1. Kapasitas Mesin Lebih Besar: Mesin 2.000 cc memberikan keunggulan tenaga hingga 224 hp, melampaui kompetitor sekelasnya seperti Nissan Juke 2016 yang hanya memiliki mesin 1.500 cc.
  2. Desain Timeless: Terinspirasi dari Mitsubishi Lancer Evolution, desainnya terlihat keren dan dianggap tak lekang oleh waktu.
  3. Panoramic Moonroof Besar: Varian tertinggi, PX, dilengkapi dengan panoramic moonroof yang besar, memberikan pengalaman berkendara lebih terbuka dan eksklusif.
  4. Fitur Canggih: Dilengkapi dengan fitur Keyless Operating System (KOS) dan One-touch Start System (OSS) untuk kemudahan pengguna.

Kekurangan Mitsubishi Outlander 2016 Bekas

  1. Relay ECU: Mengalami masalah pada relay Electronic Control Unit (ECU), yang dapat menyebabkan matinya mesin mobil. Diperlukan pembaruan pada Auto Stop & Go (AS&G) agar mesin tidak mati secara tidak terduga.
  2. Potensi Karat pada Caliper: Outlander bekas keluaran 2014-2017 memiliki risiko karat pada caliper belakang, mengurangi performa pengereman.

Tips Membeli Mitsubishi Outlander Bekas

  1. Mengecek Kondisi Mobil: Periksa secara menyeluruh, mulai dari eksterior, interior, hingga fitur-fitur yang disematkan. Pastikan spesifikasi mobil sesuai dengan kebutuhan.
  2. Membandingkan Harga: Ketahui harga pasaran sebelum membeli dan bandingkan antarpenawaran untuk mendapatkan harga yang sesuai.

Kesimpulan

Mitsubishi Outlander 2016 bekas menawarkan kelebihan dalam kapasitas mesin, desain timeless, dan fitur canggih.

Namun, perlu berhati-hati terhadap potensi masalah pada relay ECU dan karat pada caliper.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan serta mengikuti tips membeli, calon pembeli dapat membuat keputusan yang lebih bijak.

FAQ

Apa kelebihan Mitsubishi Outlander 2016 bekas?
Salah satu kelebihannya adalah memiliki panoramic moonroof besar untuk varian PX, memberikan pengalaman berkendara yang eksklusif.

Apakah Mitsubishi Outlander 2016 bekas sudah dilengkapi KOS dan OSS?
Iya, mobil ini sudah dilengkapi dengan Keyless Operating System (KOS) dan One-touch Start System (OSS).

Apakah ada kekurangan Mitsubishi Outlander 2016 bekas?
Salah satunya adalah masalah pada relay Electronic Control Unit (ECU), yang memerlukan pembaruan pada Auto Stop & Go (AS&G) agar mesin tidak mati secara tidak terduga.

Berapa kapasitas mesin Mitsubishi Outlander 2016 bekas?
Mitsubishi Outlander 2016 bekas memiliki kapasitas mesin sebesar 2.000 cc.

Apa tips membeli Mitsubishi Outlander 2016 bekas?
Tips pertama adalah mengecek kondisi mobil secara menyeluruh, sementara tips kedua adalah membandingkan harga pasaran sebelum membeli.