OTOMOTIF

Menperin Agus: Isuzu Pindahkan Pabriknya ke Indonesia, Ini Klarifikasinya

148
×

Menperin Agus: Isuzu Pindahkan Pabriknya ke Indonesia, Ini Klarifikasinya

Sebarkan artikel ini
Menperin Agus Isuzu Pindahkan Pabriknya ke Indonesia, Ini Klarifikasinya
Menperin Agus Isuzu Pindahkan Pabriknya ke Indonesia, Ini Klarifikasinya

Media90 – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita telah memberikan klarifikasi terkait relokasi pabrik truk Isuzu dari Thailand ke Indonesia.

Sebelumnya, terdapat pernyataan Menperin Agus yang menimbulkan kebingungan setelah pihak Isuzu membantah pernyataannya tersebut.

Namun, fakta sebenarnya adalah bahwa pabrik yang akan dipindahkan bukanlah pabrik truk Isuzu, melainkan pabrik truk dari merek UD Trucks.

Menperin Agus menjelaskan hal ini dalam sebuah jumpa pers pada Jumat (9/6/2023), “Hanya UD Trucks yang dipindahkan dari Thailand ke Karawang (Indonesia), bukan fasilitas Isuzu semua yang ada di Thailand.

Di rilis (siaran pers) juga jelas.” Menurutnya, UD Trucks merupakan bagian dari Isuzu Group dan telah mulai bergabung sejak April 2021.

Lebih lanjut, Menperin Agus memberikan tanggapan positif terhadap keputusan Isuzu untuk merelokasi pabrik UD Trucks dari Thailand ke Indonesia.

“Menurut saya ini luar biasa di mana mereka (Isuzu) berniat memindahkan UD Trucks ke Indonesia, langkah yang baik,” ujarnya.

Agus juga menyebut bahwa melalui PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Isuzu akan melakukan perakitan UD Trucks di Isuzu Karawang Plant mulai tahun 2024.

“Dalam proyek ini, nilai investasinya mencapai 2 juta dolar AS (sekitar Rp29 miliar). Mereka tidak perlu membuka lahan baru, tetapi hanya menambahkan jalur produksi.

Ini sudah cukup,” jelas Agus. Menurutnya, relokasi ini juga akan menciptakan lapangan kerja lokal dengan penambahan sekitar 100-150 orang untuk jalur produksi ini.

Relokasi Pabrik Isuzu Ke Indonesia
Relokasi Pabrik Isuzu Ke Indonesia

Pada tahap awal, UD Trucks di Indonesia akan memproduksi sekitar 1.600 unit truk pada tahun 2024.

“Jumlah produksinya akan terus bertambah setiap tahun. Jadi sudah jelas bahwa UD Trucks akan dipindahkan dari Thailand ke Indonesia,” tegasnya.

Menperin Agus juga menyampaikan bahwa pabrik Isuzu di Indonesia memiliki tingkat utilisasi yang sangat tinggi, mencapai sekitar 80 persen.

Salah satu produk Isuzu yang diminati secara global adalah Traga, yang dirancang dan diproduksi khusus di Indonesia.

Banyak produk Traga yang telah diekspor ke pasar luar, terutama di Asia dan Amerika Selatan.

Menperin juga berharap agar Isuzu segera memasuki pasar Afrika.

Dengan relokasi pabrik UD Trucks ke Indonesia, diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap industri manufaktur dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Selain itu, hal ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia semakin menjadi tujuan investasi yang menarik bagi perusahaan otomotif global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *