OTOMOTIF

Menelusuri Keunggulan dan Kelemahan Aki Kering: Simak Informasinya Sebelum Memutuskan!

32
×

Menelusuri Keunggulan dan Kelemahan Aki Kering: Simak Informasinya Sebelum Memutuskan!

Sebarkan artikel ini
Kelebihan Dan Kekurangan Aki Kering, Cek Dulu Nih!
Kelebihan Dan Kekurangan Aki Kering, Cek Dulu Nih!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada dunia otomotif, aki merupakan salah satu komponen vital yang memastikan kendaraan Anda dapat beroperasi dengan baik.

Dalam hal ini, ada dua jenis aki yang umumnya digunakan, yaitu aki basah dan aki kering. Keduanya memiliki karakteristik dan kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Perbedaan Antara Aki Basah dan Aki Kering:

Meskipun keduanya menggunakan cairan elektroda yang dikenal sebagai air aki, terdapat perbedaan signifikan antara aki basah dan aki kering.

Aki kering cenderung memiliki cairan yang lebih padat, berbentuk gel, sedangkan aki basah memiliki cairan dengan tekstur lebih encer, mirip dengan air.

Selain itu, harga aki kering biasanya lebih tinggi, dapat mencapai dua kali lipat dari harga aki basah.

Mengenal Lebih Dalam Aki Kering:

Aki kering merupakan perkembangan dari aki basah dengan beberapa perbedaan yang mencolok.

Wadahnya memiliki warna gelap atau solid seperti hitam, kuning, biru, atau putih, berbeda dengan aki basah yang transparan.

Aki kering juga tidak memiliki lubang pengisian di atasnya dan menggunakan gel sebagai media elektroda.

Keunggulan aki kering termasuk bebas perawatan, karena tidak memerlukan pengisian air aki secara berkala.

Kelebihan Aki Kering:

  1. Pemasangan Lebih Cepat dan Fleksibel: Aki kering dapat dipasang lebih cepat karena tidak memerlukan pengisian air aki sebelum digunakan. Kelebihan ini juga didukung oleh bobot yang lebih ringan, memungkinkan pemasangan yang lebih fleksibel.
  2. Perawatan Lebih Mudah: Aki kering tidak memerlukan perawatan rutin seperti aki basah. Dikenal sebagai “maintenance-free,” aki ini tidak memerlukan pemeriksaan level elektrolit atau pembersihan terminal secara berkala.
  3. Penggunaan Lebih Aman: Tanpa perlu diisi air pada awal penggunaan, aki kering menjadi anti-bocor, meningkatkan keamanan penggunaan kendaraan. Konstruksinya yang tahan getaran membuatnya cocok untuk medan jalan yang berguncang.
  4. Daya Tahan Lama: Aki kering memiliki kapasitas energi lebih tinggi, memberikan daya tahan yang lebih lama dibandingkan aki basah.

Kekurangan Aki Kering:

  1. Mudah Rusak jika Overcharging: Proses pengisian yang berlebihan dapat merusak aki kering. Pengguna perlu memastikan pengisian dilakukan dengan cermat dan tidak terpapar suhu tinggi dalam waktu lama.
  2. Harus Diganti Baru: Aki kering tidak dapat diisi ulang dan harus diganti dengan yang baru. Meskipun memiliki daya tahan yang baik, tetapi pengguna perlu mempertimbangkan penggantian ketika aki mengalami kerusakan.

Tips Menjaga Aki Kering Tetap Awet:

Beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjaga kinerja aki kering:

  • Rutin Lakukan Pemeriksaan Aki: Periksa fisik aki secara berkala untuk mendeteksi tanda-tanda kerusakan seperti korosi, kebocoran, atau pembengkakan.
  • Rutin Panaskan Mesin Kendaraan: Panaskan mesin secara berkala untuk menjaga kinerja aki dan kondisi kelistrikan kendaraan.
  • Hindari Penggunaan Aki dalam Kondisi Ekstrem: Jauhi penggunaan aki dalam kondisi suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Teratur Membersihkan Koneksi dan Terminal Aki: Bersihkan terminal aki secara teratur untuk menghindari korosi atau kotoran yang dapat mengganggu kinerja.

Dengan memahami kelebihan, kekurangan, dan cara menjaga aki kering, Anda dapat memaksimalkan performa dan umur pakai aki pada kendaraan Anda.