OTOMOTIF

Idealnya, Berapa Bulan Sekali Servis Motor?

158
×

Idealnya, Berapa Bulan Sekali Servis Motor?

Sebarkan artikel ini
Servis Motor Berapa Bulan Sekali Ini Idealnya
Servis Motor Berapa Bulan Sekali Ini Idealnya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebagai seorang pengguna motor, mungkin Anda belum mengetahui secara pasti seberapa sering sebaiknya Anda melakukan servis pada motor Anda.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan servis secara rutin sangatlah penting untuk menjaga kinerja motor Anda agar tetap optimal dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Tidak peduli apakah motor Anda merupakan keluaran baru atau sudah berusia beberapa tahun, servis motor tetaplah penting.

Meskipun servis motor untuk motor baru dan motor tua mungkin sedikit berbeda, namun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menjaga performa dan keandalan motor.

Biasanya, servis motor baru mendapatkan keistimewaan berupa gratis biaya dan jasa, sedangkan untuk motor tua hal tersebut tidak berlaku.

Namun, biaya servis motor saat ini sudah cukup terjangkau, terutama dengan banyaknya bengkel motor resmi yang menawarkan berbagai paket servis dengan harga yang ramah di kantong.

Namun, pertanyaannya adalah, seberapa sering sebenarnya Anda harus melakukan servis motor? Interval servis motor sebenarnya bergantung pada waktu penggunaan atau angka di spidometer.

Menurut situs web Astra Motor, untuk motor yang digunakan sehari-hari, servis motor disarankan dilakukan 2-3 bulan sekali dalam satu tahun.

Namun, jika motor sering digunakan dalam kondisi medan jalan berat atau perjalanan jarak jauh, sebaiknya servis motor dilakukan lebih sering.

Anda juga dapat menentukan interval servis motor berdasarkan angka spidometer di motor Anda. Misalnya, untuk motor keluaran lama, servis motor dapat dilakukan setiap kali jarak tempuh mencapai 2.000 km.

Selain interval servis motor, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam servis motor antara lain adalah:

1. Ganti Oli Mesin: Penggantian oli mesin perlu dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, sekitar 2 bulan sekali atau saat jarak tempuh motor mencapai 2.000 km.

2. Ganti Oli Gardan: Pengguna motor matik perlu rutin mengganti oli gardan sesuai dengan rekomendasi pabrikan, sekitar setiap jarak tempuh 8.000 km.

3. Ganti Busi: Penggantian busi perlu dilakukan setiap kelipatan 6.000 km untuk menjaga kinerja mesin motor tetap optimal.

4. Ganti Kampas Rem: Pastikan kampas rem dalam kondisi yang baik agar selalu siap digunakan. Jangan tunda penggantian jika diperlukan.

5. Periksa Filter Udara: Filter udara perlu dicek dan dibersihkan secara berkala untuk memastikan udara yang masuk ke dalam pembakaran tetap bersih.

Dengan melakukan servis motor secara rutin dan tepat waktu, Anda dapat memastikan motor Anda selalu dalam kondisi prima untuk digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari.

Jangan ragu untuk menggunakan oli berkualitas tinggi dan memperhatikan spesifikasi komponen yang digunakan dalam servis motor Anda untuk hasil yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *