OTOMOTIF

Memahami Sejarah dan Spesifikasi Toyota MR2: Mobil Sport Klasik yang Jadi Koleksi Langka!

31
×

Memahami Sejarah dan Spesifikasi Toyota MR2: Mobil Sport Klasik yang Jadi Koleksi Langka!

Sebarkan artikel ini
Spesifikasi Dan Sejarah Toyota MR2, Mobil Sport Mungil Collector Item!
Spesifikasi Dan Sejarah Toyota MR2, Mobil Sport Mungil Collector Item!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Nama Toyota MR2 bagi kalangan penggemar mobil memang punya tempat tersendiri, terutama karena reputasinya yang memiliki spesifikasi yang sangat menggoda meski dengan dimensi yang mungil.

Mari kita kupas lebih dalam mengenai mobil yang sering dianggap sebagai barang koleksi langka ini.

Serba-serbi Toyota MR2

Toyota MR2 merupakan mobil sport dua tempat duduk atau coupe berpenggerak roda belakang yang diproduksi di Jepang untuk pasar global.

Sejarahnya mencatat 3 generasi yang ada di dunia: W10, W20, dan W30. Generasi terakhir ini bahkan diubah namanya menjadi MR2 Spyder atau MR2 Roadster untuk kawasan di luar Jepang.

Asal-usul Nama MR2

Nama MR2 sendiri memiliki beberapa makna, salah satunya adalah “Midship Runabout 2-seater”.

Ini mencerminkan posisi mesin tengah yang menjadi ciri khas mobil ini. Sejak proyeknya dimulai pada tahun 1976, MR2 telah menjadi proyek ambisius Toyota untuk mengeksplorasi pasar mobil sport yang digemari, terutama di Amerika Serikat.

Sejarah Toyota MR2

Riset pasar yang dilakukan Toyota pada tahun 1973 menunjukkan minat besar terhadap mobil-mobil ringan dengan gaya sports car.

Hal ini menginspirasi lahirnya MR2 dengan desain sederhana dan posisi mesin tengah yang unik. Toyota resmi meluncurkan MR2 pada 1984, menjadikannya salah satu mobil Jepang pertama dengan konfigurasi mesin tengah.

Spesifikasi Toyota MR2

Spesifikasi mesin Toyota MR2 bervariasi antar generasi. Generasi pertama, dilengkapi dengan mesin 4A-GE berkapasitas 1.587 cc, menghasilkan tenaga 122 hp.

Generasi kedua, mesinnya ditingkatkan menjadi 1.998 cc dengan tenaga 154 hp. Sedangkan generasi ketiga, mesinnya berkapasitas 1.794 cc dengan tenaga 138 hp.

Spesifikasi Kaki-kaki Toyota MR2

Toyota bekerja sama dengan Lotus dalam mengembangkan kaki-kaki MR2, menciptakan sistem yang luar biasa dalam menangani perjalanan mobil.

Generasi terakhir MR2 memiliki suspensi depan independen Macpherson strut dan coil spring, sedangkan suspensi belakangnya menggunakan tipe independen double wishbone.

Kesimpulan

Toyota MR2 adalah mobil yang jarang ditemui di Indonesia, namun memiliki daya tarik tersendiri bagi para kolektor dan penggemar mobil sport.

Dengan sejarahnya yang menarik dan spesifikasi yang menggoda, MR2 tetap menjadi salah satu mobil klasik yang patut diapresiasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *