OTOMOTIF

Keunggulan Transmisi ‘B’ pada All New Honda CR-V Hybrid

72
×

Keunggulan Transmisi ‘B’ pada All New Honda CR-V Hybrid

Sebarkan artikel ini
Berbeda Dengan “D”, Ini Fungsi Transmisi “B” Pada All New Honda CR-V Hybrid
Berbeda Dengan “D”, Ini Fungsi Transmisi “B” Pada All New Honda CR-V Hybrid

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Ketika Anda memilih untuk mengendarai All New Honda CR-V hybrid, Anda akan diberikan pilihan transmisi antara ‘D’ dan ‘B’. Kedua opsi ini memiliki perbedaan penting yang perlu Anda ketahui.

Transmisi ‘B’ memiliki efek engine brake atau deselerasi yang lebih kuat saat Anda melepaskan pedal gas. Ini terkait erat dengan sistem regenerative braking pada All New CR-V hybrid, yang memungkinkan baterai lithiumnya terisi listrik selama deselerasi.

Pada kesempatan test drive All New CR-V di Bali pada tanggal 16-18 Oktober 2023, Media90 menemukan bahwa pilihan transmisi ‘B’ ini memiliki 4 level kekuatan yang dapat Anda atur melalui paddle shift di belakang lingkar kemudi.

Pada All New CR-V hybrid, paddle shift ini dikenal sebagai Deceleration Paddle Selector. Paddle sebelah kiri digunakan untuk meningkatkan deselerasi, sementara yang sebelah kanan digunakan untuk sebaliknya.

Semakin tinggi level deselerasi yang Anda pilih, semakin besar listrik yang akan disalurkan ke baterai saat Anda melepaskan pedal gas.

Penggunaan transmisi ‘B’ pada All New CR-V hybrid akan maksimal saat Anda melewati rute dengan banyak jalan turunan atau saat mengemudi di jalan datar dan ingin menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda.

Meskipun cara kerja transmisi ‘B’ mirip dengan konsep one pedal driving pada mobil listrik, Anda masih perlu menggunakan rem untuk menghentikan mobil dengan sempurna.

Penting untuk diingat bahwa pilihan transmisi semacam ini tidak hanya tersedia pada All New CR-V hybrid. Mobil-mobil hybrid dari merek lain, seperti Toyota Camry Hybrid, C-HR Hybrid, atau Corolla Altis Hybrid, juga memiliki opsi transmisi serupa.

All New CR-V sendiri adalah flagship Honda dalam kategori Sport Utility Vehicle (SUV) yang generasi keenamnya diluncurkan resmi di Indonesia pada bulan Agustus 2023.

Varian hybridnya, yang disebut All New CR-V 2.0L RS e:HEV, dijual dengan harga sekitar Rp804,9 juta, sedangkan varian di bawahnya, CR-V 1.5L Turbo, ditawarkan kepada konsumen Indonesia dengan harga sekitar Rp739 juta.