OTOMOTIF

Jelajahi Keindahan Jalur Road Trip Jakarta – Semarang dengan 3 Pilihan Terbaik

107
×

Jelajahi Keindahan Jalur Road Trip Jakarta – Semarang dengan 3 Pilihan Terbaik

Sebarkan artikel ini
Jelajahi Keindahan Jalur Road Trip Jakarta – Semarang dengan 3 Pilihan Terbaik
Jelajahi Keindahan Jalur Road Trip Jakarta – Semarang dengan 3 Pilihan Terbaik

Media90 – Sebagian masyarakat di Jakarta memilih road trip ke Semarang saat musim liburan dengan menggunakan mobil.

Adapun rute road trip dari Jakarta menuju Semarang yang bisa dipilih mereka.

Semarang, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi menarik bagi banyak masyarakat di Tanah Air, termasuk yang suka berpergian.

Kota tersebut memiliki berbagai tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi, seperti Saloka Theme Park, Brown Canyon, Dusun Semilir Semarang, dan lain-lain.

Semua tempat wisata ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia, sehingga banyak juga yang pergi ke Semarang bersama keluarga maupun teman-teman.

Letak Semarang sendiri terbilang cukup strategis dari barat maupun timur Pulau Jawa.

Rekomendasi Rute Road Trip Jakarta – Semarang

Perjalanan dari Jakarta ke Semarang menempuh jarak yang jauh. Sebagai informasi, jarak antar kedua kota tersebut sekitar 440 km.

Dengan menggunakan mobil, waktu yang diperlukan untuk pergi dari Jakarta ke Semarang bisa 6 jam lebih.

Ini tergantung dari kecepatan berkendara serta kondisi jalan yang dilalui. Jika macet, bisa jadi seharian waktu yang harus dilalui dari Jakarta ke Semarang.

Bagi yang ingin road trip dari Jakarta ke Semarang dengan mobil pribadi, berikut ini beberapa rute yang bisa dipilih.

Rute Lewat Jalur Pantura

Rute ini bisa jadi pilihan kamu yang ingin road trip dari Jakarta ke Semarang dan menikmati pemandangan pantai.

Jalur Pantai Utara (Pantura) termasuk jalur yang sering dipadati kendaraan.

Banyak masyarakat Jakarta yang ingin berpergian ke provinsi lain di Pulau Jawa melewati jalur tersebut, khususnya saat mudik lebaran.

Sebagai informasi, jalur Pantura merupakan jalan utama di Pulau Jawa sepanjang 1.316 km yang melewati lima provinsi, antara lain Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Jalur ini disebut Jalur Pantura karena terbentang di sepanjang pesisir Pantai Utara Jawa, melewati Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

Disarankan, kamu melewati jalur Pantura di luar musim liburan untuk menghindari kemacetan parah. Jika harus berpergian saat musim tersebut, sebaiknya pergi lebih pagi.

Rute Lewat Tol Cipali

Rute selanjutnya adalah melewati Tol Cikopo – Palimanan (Cipali). Rute satu ini bisa dibilang populer alias banyak dilewati pengguna kendaraan yang ingin pergi dari Jakarta menuju Semarang.

Di awal perjalanan, kamu melewati jalan Tol Jakarta – Cikampek. Kemudian, kamu melalui jalan Tol Purbaleunyi dan Cipali.

Rute ini disarankan untuk kamu yang ingin pergi ke Semarang dari Jakarta. Terdapat rest area yang cukup banyak saat melewati Tol Cipali.

Di rest area ini, kamu bisa membeli makanan, shalat, mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) ataupun sekedar beristirahat sejenak.

Dengan demikian, tidak heran Tol Cipali banyak dilewati untuk pergi ke Semarang.

Rute Lewat Tol Trans Jawa

Selain Tol Cipali, tol lain yang juga banyak dilewati pengguna kendaraan yang ingin pergi menuju Semarang dari Jakarta adalah Tol Trans Jawa.

Dilansir dari akun Instagram resmi Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Trans Jawa mempunyai panjang hingga mencapai 1.056,38 km.

Saat ini, jalan tol tersebut memiliki 20 ruas tol yang terbentang dari Merak hingga Probolinggo.

Perjalanan dari Jakarta ke Semarang melewati Tol Trans Jawa pastinya memakan waktu yang lama.

Meski demikian, tol tersebut memudahkan kamu yang ingin pergi ke Semarang dari Jakarta dengan mobil pribadi.

Hanya melalui Tol Trans Jawa, kamu bisa langsung sampai di kota tujuan setelah keluar tolnya.

Pertama, kamu harus ke Tol Cikampek terlebih dahulu. Setelah itu, kamu ke arah Tol Cikopo – Palimanan, kemudian ke Tol Palimanan – Kanci.

Setelah melalui tol tersebut, kamu bisa pergi menuju Pejagan yang panjang tolnya sendiri mencapai 35 km.

Setelah itu, lanjut ke Tol Pejagan – Pemalang yang jaraknya sekitar 57 meter. Kemudian, menuju Tol Pemalang – Batang dengan jarak hingga 39 km.

kamu pun sudah masuk Semarang setelah melalui tol ini. kamu ambil tol dalam Kota Batang – Semarang.

Terakhir, kamu pergi ke tol dalam kota Semarang yang jaraknya 24 km.

Tempat Wisata Menarik di Semarang

Selain yang sudah disebut di atas, ada beberapa tempat wisata lain di Semarang yang juga bisa dikunjungi kamu bersama keluarga ataupun teman-teman.

  1. Goa Kreo Goa Kreo merupakan tempat wisata di Semarang yang lokasinya berada di perbukitan Gunung Krincing, Kecamatan Mijen. Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, tidak perlu khawatir jaraknya jauh. Jaraknya sekitar 13 km ke arah Selatan dari Bundaran Tugu Muda.

Perlu diketahui, Goa Kreo berada di dalam hutan sekitar lima hektar sehingga kamu akan merasa cukup sejuk saat berada di sana. Berdasarkan penelusuran Media90, Goa Kreo konon katanya berawal dari sebutan Mangreho atau Ngreho yang diucapkan Sunan Kalijaga pada empat kera.

Saat itu, Sunan Kalijaga ingin mengambil kayu jati untuk pembuatan masjid di Demak. Namun, sempat terkendala karena kayu tersebut tersangkut di tebing. Setelah mengambil kayu ini, keempat kera mau ikut namun Sunan Kalijaga melarang dan memerintahkan mereka untuk menjaga goa sambil mengucapkan kata “Mangreho”.

Mangreho sendiri berarti menjaga atau memelihara. Sampai sekarang, daerah itu dikenal sebagai Goa Kreo yang menjadi petilasan Sunan Kalijaga.

  1. Watu Gunung Tempat wisata selanjutnya adalah Watu Gunung yang berada di Lerep Satu, Ungaran Barat. Tempat tersebut menawarkan kolam pemandian air panas dengan panorama Pegunungan Ungaran untuk para pengunjung.

Bagi kamu yang menyukai ketenangan, pasti menyukai Watu Gunung. Saat hari kerja atau hari biasa, tempat wisata ini cenderung sepi. Lokasi Watu Gunung berada di tengah perkampungan yang sepi. Lokasinya mungkin terbilang cukup jauh, namun tempat wisata ini bisa kamu kunjungi saat berada di Semarang dan ingin pergi ke suatu tempat yang tenang serta jauh dari hingar bingar perkotaan.

  1. Ayanaz Gedongsongo Bagi yang menyukai tempat instagramable untuk foto-foto, bisa mengunjungi Ayanaz Gedongsongo. Lokasinya berada di kaki Gunung Ungaran. Lokasinya berdekatan dengan Candi Gedongsongo, sehingga kamu bisa sekalian mampir ke candi tersebut untuk wisata sejarah.

Dari sana, kamu juga dapat mengunjungi Museum Kereta Api di Ambarawa. Anak-anak pasti akan menyukai Ayanaz Gedongsongo. Di sana, terdapat tenda bubble, balon udara, hammock, kursi ayunan, serta kolam kecil.

  1. Umbul Sidomukti Ini termasuk salah satu tempat wisata yang populer di Semarang. Umbul Sidomukti terletak di Bandungan, Semarang dan bisa jadi salah satu tujuan tempat wisata menyenangkan bagi kamu yang sudah berkeluarga.

Di tempat wisata ini, kamu dapat menikmati udara yang sejuk dan panorama alam. Ada juga outbound yang bisa dinikmati kamu dan keluarga. kamu pun dapat menginap di sana, serta mencoba makanan dan ngopi cantik.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan road trip dari Jakarta ke Semarang dan mencari rute serta tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi selama perjalanan. Selamat berlibur!