OTOMOTIF

Hilux Rangga: Pilihan Ekonomis! Toyota Memperkenalkan Pikap Termurah untuk Tahun 2024

55
×

Hilux Rangga: Pilihan Ekonomis! Toyota Memperkenalkan Pikap Termurah untuk Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Pakai Nama Hilux Rangga, Calon Pikap Toyota Termurah 2024
Pakai Nama Hilux Rangga, Calon Pikap Toyota Termurah 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT Toyota Astra Motor (TAM) telah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan pikap terbarunya pada awal tahun 2024, dengan nama resmi “Hilux Rangga.”

Berbeda dengan Thailand yang menggunakan nama “Hilux Champ” untuk model serupa, Toyota memilih Hilux Rangga karena dianggap lebih dikenal oleh konsumen di Indonesia.

Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), keputusan ini diambil agar mobil ini lebih mudah diterima oleh pasar Indonesia.

Saat berbicara dalam acara Toyota Year End Media Gathering pada 12 Desember 2023 di Jakarta, Anton menjelaskan, “Kita menggunakan (nama) Hilux Rangga karena ini kita jual di Indonesia. Saya rasa Hilux Champ mungkin orang Indonesia kurang kenal.”

Nama “Rangga” sendiri bukanlah hal baru bagi Toyota, karena sebelumnya telah digunakan untuk varian konsep mobil mereka.

Rangga Concept telah diperkenalkan di berbagai acara, termasuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada bulan Agustus dan Japan Mobility Show 2023.

Meskipun demikian, ketika mobil tersebut resmi diluncurkan di Thailand pada November lalu, Toyota memilih menggunakan nama “Hilux Champ.”

Asal nama “Rangga” sendiri merujuk pada salah satu varian Kijang dari masa lalu yang populer di Indonesia.

Anton menjelaskan, “Image selama ini Kijang pikap zaman dulu itu kan agak beda dengan pikap pada umumnya. Satu, multi purpose jadi itu kenapa mobilnya ada ‘hidungnya’. Kemudian kalau dilihat mobilnya mudah dimodifikasi.”

Hilux Rangga diprediksi akan mengisi posisi Hilux Single Cabin di pasar Indonesia, terutama pada varian dengan sistem penggerak 4×2.

Harga Hilux Single Cabin saat ini dimulai dari Rp281,9 juta, namun Anton memberi sinyal bahwa Hilux Rangga akan dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

“Sekarang kan sudah ada Hilux Single Cabin yang 4×2 sama 4×4. Yang 4×4 tetap continue, yang 4×2 pastinya dengan sendirinya konsumen akan memilih yang ini karena harganya lebih murah,” ujarnya.

Meskipun Hilux Rangga belum menerima Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), Anton mengungkapkan bahwa mobil ini sudah menarik minat banyak konsumen.

Informasi ini didapat dari komunikasi antara cabang-cabang Toyota di berbagai daerah dengan calon pembeli.

“Saya katakan masih banyak loyal customer Toyota yang menunggu pikap Toyota ini,” tambahnya.

Dengan demikian, Hilux Rangga diharapkan menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen Indonesia yang mencari pikap handal dengan harga yang lebih terjangkau.